serbaserbi.comAvatar border
TS
serbaserbi.com
Perkumpulan Makhluk Mitologi Pencabut Nyawa Internasional. Mana Yang Paling Serem?
HAI GUYS!

emoticon-Hai


Malam ini gua mau ngajak kalian semua buat ngebahas seputar dunia ghaib. Lebih tepatnya tentang makhluk mitologi pencabut nyawa dari berbagai negara. Ya, malam ini kita mau bahas tentang Perkumpulan Makhluk Mitologi Pencabut Nyawa Internasional (PM2PNI). Keren gak tuh? Hahaha.

Betewe, gua gak ada niat buat memusyrikkan kalian semua ya. Kalian gak harus percaya sama makhluk-makhluk yang akan kita bahas. Threadini tujuannya murni untuk seru-seruan belaka dan menambah pengetahuan seputar dunia ghaib---itu pun kalau kalian menganggap ini sebagai sebuah pengetahuan. Hahah.


So, gak perlu banyak bacod, let's move to the list!

emoticon-Ngacir

PICACU



Ilustrasi || Foto: di sini

Jangan salah baca ya kalian. Ini beneran Picacu kok, bukan Pikachu-nya Pokemon. Hehehe. Makhluk mitologi yang satu ini berasal dari Negeri Jalebi, India. Katanya, Picacu adalah kaki tangan Dewa Yama, sang Dewa Kematian. Makhluk ini digambarkan dengan wujud manusia berambut acak-acakan--kayak rambut kalian. Picacu selalu turun ke arena perang dan 'memakan' orang-orang yang terluka dengan cara menghisap darah mereka hingga mati. Duh, namanya doang yang ucul ya, tapi kelakuannya kek setan.

***


GRIM REAPER



Foto: di sini

Makhluk yang satu ini udah go internasional banget, Gansis! Gua yakin udah banyak di antara kalian yang kenal sama ni makhluk. Grim Reaper merupakan Malaikat Pencabut Nyawa yang terkenal dalam mitologi Barat, khususnya Inggris. Ia digambarkan sebagai sosok tengkorak berjubah hitam yang selalu membawa sabit panjang ke mana-mana. Definisi senggol bacok yang sesungguhnya. Btw, banyak yang salah kaprah dengan mahluk yang satu ini. Ia kerap digambar sebagai makhluk jahat yang suka membunuh. Padahal aslinya, Grim Reaper tidak jahat dan tidak baik. Ia hanya melakukan tugasnya untuk menjaga keseimbangan alam semesta, yaitu dengan menggiring jiwa-jiwa orang mati menuju alam baka. Hmm, ada yang minat buat digiring oleh Grim Reaper juga?

***

ERLIK



Makhluk selanjutnya berasal dari wilayah pimpinan Pak Erdogan, Turki. Namanya Erlik. Kadang dikenal sebagai Erleg atau Yerleg. Katanya, Erlik adalah Dewa Kematian dalam mitologi Turki. Digambarkan sebagai iblis jahat yang suka menebar kemalangan dan menimbulkan kematian. Dia ngebunuh manusia dan roh-rohnya dijadikan budak buat menebar kemalangan lain. Masyarakat Turki sering menggambarkan wujudnya berupa manusia dengan wajah babi dan taring yang besar. Hmm, cocok sih. Kelakuannya aja kayak pigglet. Hehehe. Tapi kadang dia juga digambarin dengan wujud laki-laki tua bertubuh tegap, beralis dan kumis tebal dengan mata hitam legam. Ya, mau gimana pun bentuknya, kalo beneran ketemu tetap aja serem sih. Ya nggak?

***

TODORATS




Disebutin dalam legenda rakyat Balkan, kalau Todorats wujudnya berupa penunggang kuda yang memakai jubah (penutup) di wajahnya. Konon katanya, belom ada yang pernah melihat wajah Todorat seperti apa. Walau begitu, teror Todorat tetap membuat orang-orang takut. Todorat biasanya berkeliling desa dengan kudanya, lalu membunuh orang-orang yang ia temui di jalan dengan cara menginjaknya sampai mati. Duh, jahat banget! Itulah kenapa desa selalu sepi bila malam tiba, dan masyarakat harus melakukan upacara tertentu untuk menolak kehadiran Todorats.


***

VODYANOY



Foto: di sini

Yang satu ini adalah iblis air, Gansis. Merupakan makhluk mitologi asal Slavia. Sering digambarkan berupa laki-laki tua berjanggut putih, biru, atau hijau. Kadang pula digambarkan memiliki sisik dan ekor seperti ikan. Katanya Vodyanoy adalah perwujudan dari jiwa orang yang mati tenggelam, lalu ia pun melakukan pembalasan dengan menenggelamkan orang-orang. Ia juga mampu memikat manusia dengan suaranya atau merubah wujud menjadi bentuk tertentu lalu kemudian menenggelamkan manusia yang masuk dalam perangkapnya. Namun, bagi beberapa penduduk perairan, mereka malah memberikan persembahan tertentu untuk Vodyanoy agar wilayah mereka aman dan makmur. Hmm, bisa disuap juga si Vodyanoy ternyata.


***

BEAN-NIGHE



Foto: DevianArt

Selanjutnya ada makhluk mitologi dari Irlandia dan Skotlandia. Bean-Nighe atau dikenal juga dengan Banshee. Makhluk ini adalah peramal kematian. Kalau terdengar tangisan Bean-Nighe di malam hari, pertanda kalau salah satu warga akan meninggal dunia dalam waktu dekat. Ada pula sumber yang menuliskan kalau Bean-Nighe biasa ditemui di sekitar sungai atau danau. Wujudnya berupa wanita tua yang lusuh atau wanita muda yang tengah mencuci di sungai atau danau. Dipercaya, siapa saja yang melihat Banshee sedang mencucinya, ia akan mati dalam waktu dekat. Ya ampun ngeri amat! Liat orang nyuci aja bisa mati. Apalagi kalo ngintip orang mandi ya.


***

ANUBIS



Foto: di sini

Sama kayak Grim Reaper, makhluk yang satu ini juga udah go internasional. Boleh dibilang, mereka adalah bintangnya dalam dunia percabutan nyawa. Anubis adalah makhluk mitologi Mesir dan dipercaya sebagai dewa kematian. Wujud Anubis digambarkan sebagai manusia berkepala jackal atau anjing. Gak cuma mencabut nyawa, Anubis juga memutuskan apakah roh orang mati bisa masuk ke alam bawah atau alam baka dan beristirahat di sana, atau ditolak dan dibiarkan terus berkeliaran di bumi, menjadi arwah tanpa tuan yang penasaran. Kira-kira, syarat untuk masuk ke alam baka versi Anubis apa, ya?


***

JOESEUNG SAJA



Foto: di sini

Dari Mesir kita terbang ke Korea. Di sana ada malaikat kematian yang disebut sebagai Joeseung Saja. Sama seperti Anubis, Joeseung juga bertugas sebagai pengantar roh orang mati dari bumi ke dimensi ghaib. Hmm, gua curiga nih, kalo dua malaikat maut ini adalah kurir roh. Joseung digambarkan sebagai sosok tinggi besar, memakai jubah hitam, dan selalu membawa trisula. Joseung bisa mengeluarkan kabut pekat, di mana ia memerangkap manusia yang ajalnya sudah tiba dalam kabut tersebut, kemudian ruhnya dibawa ke alam baka. Ia juga bisa berubah wujud jadi buruk atau elok rupa, tergantung dengan sifat manusia semasa mereka hidup. Noh makanya, Gan, kita kudu jadi orang baik biar pas mati dihadapkan dengan kenyataan yang baik pula.


***

SHINIGAMI



Foto: di sini

Dari namanya aja kita udah bisa nebak makhluk ini berasal dari mana, ya. Yup, Shinigami satu kewarganegaraan dengan Kakek Sugiono dan Miyabi Tercinta. Shinigami ini makhluk jahat, Gansis. Ia suka menghasut manusia buat bunuh diri. Terutama pada manusia yang putus asa, lelah, dan gundah-gelana gegara dighosting pasangan online. Sedih banget sih. Udah online dighosting pula. Oke, skip. Walau pun jahat, Shinigami rupanya lumayan eksis dalam media, seperti dalam anime Death Note, Black Butler, Soul Eater, Yu Yu Hakusho, dan anime atau film lain. Gua mau nanya, kalian kalo ke Jepang mau ketemu Shinigami atau Maria Ozawa. Keduanya sama-sama mematikan betewe. Hahah.

***

LAMPOR BUKAN LEMPER




Foto: di sini

Karena gua orangnya sangat nasionalis sekali, jadi gua gak lupa buat nambahin hantu nasional dalam list ini. Ya, apalagi kalau bukan si makhluk viral Lampor. Makluk ini lebih terkenal di Tanah Jawa, dianggap sebagai biang kerok dari teror ketuk pintu yang sempat meresahkan warga. Lampor digambarkan sebagai keranda terbang yang suka berkeliling desa di malam hari. Di depannya ada bayangan hitam yang dipercaya sebagai makhluk pencabut nyawa. Siapa saja yang bertemu dengan Lampor, ia akan hilang atau tiba-tiba meninggal dunia. Sering pula makhluk ini mengetuk pintu rumah warga di malam hari, di mana kalau pintu itu dibuka, maka ia akan bertemu Lampor kemudian mati secara misterius. Ketukan Lampor sama ngerinya sama ketukan orang dealer yang nagih tagihan jatuh tempo. Ya nggak? Heheh.

***

Itulah Gansis makhluk mitologi pencabut nyawa dari berbagai negara di dunia. Ya, kayak yang gua sampein di kalimat opening, kalau gua gak maksa kalian buat percaya dengan makhluk-makhluk tersebut. Yang namanya kematian adalah rahasia Tuhan, dan siapa yang mencabut nyawa adalah sosok-sosok yang sudah dijelaskan dalam agama masing-masing. Intinya, siapa pun yang mencabut nyawa, semoga kita bisa meninggal dengan tenang dan dalam keadaan baik. Aamiin.


emoticon-Ngacir


S E K I A N

Thread by: serbaserbi.com
Sumber: 1, 2, 3, 4, 5

T H A N K Y O U
Diubah oleh serbaserbi.com 14-08-2021 11:36
makabhapeter
varokahh
padasw
padasw dan 4 lainnya memberi reputasi
5
7.3K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan