Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

08kita2Avatar border
TS
08kita2
Varian Delta Lebih Mematikan & Menular, Bikin Cemas Dunia

Foto: infografis detikHealth

Jakarta, CNBC Indonesia - Perang melawan virus Covid-19 berubah setelah varian Delta jadi ancaman serius karena sangat menular. Pusat Pengendalian Penyakit AS (Centers for Disease Control/CDC), menekankan untuk vaksin wajib untuk petugas kesehatan dan kembali menggunakan masker.

Seperti dikutip dari Reuters, sebuah dokumen internal CDC mengatakan varian Delta, yang pertama kali terdeteksi di India dan menyerang seluruh dunia, sama menularnya dengan cacar air dan jauh lebih menular daripada flu biasa atau flu.

Ini dapat ditularkan bahkan oleh orang yang divaksinasi, dan dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius daripada jenis virus corona sebelumnya.

Dokumen berjudul "Improving communications around vaccine breakthrough and vaccine effectiveness", mengatakan varian tersebut memerlukan pendekatan baru untuk membantu masyarakat memahami bahayanya. Dimana dijelaskan dalam dokumen tersebut orang tidak divaksin punya peluang terinfeksi lebih besar 10 kali dibanding mereka yang sudah divaksin, dan mengalami sakit yang lebih parah, bahkan meninggal dunia.

"Pernyataan perang telah berubah," tulis dokumen tersebut. "Tingkatkan komunikasi seputar risiko individu di antara yang divaksinasi."

Langkah-langkah pencegahan yang direkomendasikan termasuk membuat vaksin wajib bagi para profesional perawatan kesehatan untuk melindungi yang rentan dan kembali ke pemakaian masker wajah secara universal.

CDC mengkonfirmasi keaslian dokumen tersebut, yang pertama kali dilaporkan oleh Washington Post.

Sementara orang yang divaksinasi lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi, begitu mereka tertular "infeksi terobosan" dari Delta - tidak seperti kasus dengan varian sebelumnya - mereka sekarang mungkin sama mungkinnya dengan yang tidak divaksinasi untuk menularkan penyakit kepada orang lain.

"Viral load yang tinggi menunjukkan peningkatan risiko penularan dan menimbulkan kekhawatiran bahwa, tidak seperti varian lain, orang yang divaksinasi yang terinfeksi Delta dapat menularkan virus," kata kepala CDC Rochelle Walensky dalam sebuah pernyataan.

Pada hari Jumat CDC merilis data dari sebuah studi tentang wabah di Massachusetts di mana dikatakan tiga perempat dari mereka yang terinfeksi telah divaksinasi sepenuhnya.

Studi itu memainkan peran penting dalam keputusan CDC minggu ini untuk kembali merekomendasikan agar orang yang divaksinasi memakai masker dalam beberapa situasi, kata Walensky.

CDC mengatakan bahwa pada 26 Juli, 6.587 orang telah mengalami terobosan infeksi COVID-19 setelah divaksinasi penuh dan dirawat di rumah sakit atau telah meninggal. Data itu berhenti melaporkan infeksi ringan musim semi ini tetapi dalam laporan itu, diperkirakan ada sekitar 35.000 infeksi bergejala setiap minggu di Amerika Serikat.

Di bagian dunia di mana sejumlah besar orang belum divaksinasi, varian Delta sekali lagi menyebabkan lonjakan angka kematian dan rawat inap.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan sistem kesehatan di banyak negara sekarang kewalahan: "Keuntungan yang diperoleh dengan susah payah dalam bahaya atau hilang," katanya dalam konferensi pers.

Pakar darurat utama badan kesehatan global Mike Ryan mengatakan kepada wartawan bahwa vaksin tetap efektif untuk mencegah penyakit serius dan kematian, "Kami memerangi virus yang sama tetapi virus yang telah menjadi lebih bugar."


sumber
makgendhis
pilotugal2an541
volcom77
volcom77 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
719
19
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan