Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mbiaAvatar border
TS
mbia
Daftar Pejabat Minta Sumbangan untuk Tangani Covid-19


Sejumlah kepala daerah hingga menteri belakangan ini kompak meminta bantuan kepada warga untuk menangani persoalan covid-19.
Permintaan bantuan ini berupa pembiayaan hingga sumbangan vitamin dan kebutuhan kesehatan lainnya.

Sontak sikap para pejabat mulai dari Sri Sultan HB X hingga Menteri BUMN Erick Thohir ini menuai kritik dari banyak pihak. Alih-alih memberi bantuan, mereka justru meminta bantuan pada warga di tengah lonjakan covid-19.

Berikut daftar kepala daerah dan menteri yang meminta sumbangan warga di tengah wabah yang tak hanya menguras kesehatan fisik dan mental tapi juga menguras kocek warga.

Baca juga:Sultan Dikritik Usai Imbau Warga Kampung Urunan Urus Covid
Sri Sultan Hamengkubuwono X

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X mengeluarkan Surat Edaran (SE) Gubernur DIY Nomor 443/13429. SE itu memuat tentang optimalisasi PPKM berbasis mikro di tingkat pedukuhan, kampung, RW, dan RT.

Secara garis besar, SE ini berisi agar seluruh Dukuh, Ketua Kampung, RW, dan RT membentuk Satgas Covid-19 di tingkat masing-masing. Termasuk menjalankan perannya dalam pencegahan dan penanganan kasus, serta edukasi juga pendukungan pengumpulan data menggunakan biaya sendiri.

"Pembiayaan terhadap kebutuhan operasional Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Padukuhan, Rukun Kampung, RW, RT agar mempergunakan swadaya masyarakat dengan semangat gotong royong dan jaga warga (dana jimpitan atau sumber dana lain yang sah)," bunyi paragraf yang disorot pada SE itu.

SE ini menuai pro dan kontra, sebab Pemprov DIY seolah lepas tangan terkait perbantuan materi di tengah warga yang juga terhimpit secara ekonomi akibat pandemi ini.

Anies Baswedan

Surat permintaan bantuan dana untuk penanganan Covid-19 dilayangkan Pemprov DKI Jakarta kepada kantor-kantor kedutaan besar negara lain yang berada di Jakarta.

Anies disebut 'malak' para dubes lantaran kekurangan dana untuk mengurusi pandemi. Namun tak berapa lama surat itu dicabut setelah Kementerian Luar Negeri meminta penjelasan Pemprov DKI.

Sementara Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut permintaan tak hanya dilayangkan ke Kedutaan Besar tetapi ke berbagai sektor perusahaan. Lagi pula, kata dia, wajar jika pihaknya meminta bantuan karena Jakarta dia sebut dibangun dengan kolaborasi.

Bima Arya
Wali Kota Bogor Bima Arya secara terang-terangan meminta seluruh lurah untuk memberi makan pada pedagang kaki lima (PKL) yang tidak bisa berjualan selama PPKM Darurat berlaku.

Dia mengamini PPKM Darurat memengaruhi omzet para pedagang. Oleh karena itu, mereka yang kesulitan mendapat pendapatan agar diberi makanan pokok sehari-hari.


"Lurah saya perintahkan untuk mendata PKL warga yang kalau enggak kerja atau enggak, usaha sehari enggak bisa makan. Itu kami prioritaskan untuk dibantu bahan makanan pokok sampai PPKM berakhir," katanya.

Gus Ipul

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf secara terang-terangan mengaku anggaran penanganan Covid-19 di wilayahnya sudah kehabisan dana. Dia menyebut akan menggalang donasi demi menangani Covid-19.

"Anggaran Pemkot [Pasuruan] untuk penanganan Covid-19 terus berkurang dan posisinya hari ini sangat tipis sekali. Makanya, kami perlu cari cara lagi," Kata Gus Ipul melalui keterangan tertulisnya, Rabu (30/6).

Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur itu mengatakan, pihaknya juga akan mencoba menggeser anggaran yang tersisa, meminta bantuan provinsi jika memang masih bisa, atau membuka posko penggalangan dana.

"Atau kalau tidak kami pemkot membuka posko donasi. Silahkan masyarakat yang ingin terlibat menangani Covid-19, mari donasi. Bisa berupa uang atau barang," ujar dia.


Erick Thohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta masyarakat bersedia menyumbang vitamin dan suplemen kepada para tenaga kesehatan (nakes) di masa pandemi covid-19. Terlebih, gotong royong merupakan ciri khas bangsa Indonesia.

"Ayo kita menyumbang vitamin dan suplemen sebagai bukti cinta atas dedikasi dengan taruhan nyawa yang telah diberikan para nakes dalam berjuang menyelamatkan para pasien covid-19," ujar Erick dalam keterangan tertulis yang dikutip dari Antara, Selasa (6/7).

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...ani-covid-19/2

Diubah oleh kaskus.infoforum 19-07-2021 11:17
1stroland
skiesman
nomorelies
nomorelies dan 5 lainnya memberi reputasi
4
4K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan