999999999Avatar border
TS
999999999 
My User Experience with o|x Autos Website

(Source: inilahkoran.com)


Portal berita online iNews.id(27/3/21) menyebutkan bahwa penjualan mobil bekas anjlok. Hal ini salah satu dampak dari insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPn BM) 100% yang diberikan pemerintah sejak Maret 2021. Akibatnya, minat masyarakat pada mobil bekas menurun. Dan beralih ke mobil baru yang makin terjangkau. Para pedagang mobil bekas pun terpaksa menurunkan harga penawaran untuk dapat bersaing dengan pasar mobil baru.

Pasar mobil bekas kembali bergairah pada Juni 2021, seperti yang diwartakan portal berita online Bisnis.com (7/6/21). Dan menurut CEO OLX Group Indonesia, Johny Widodo, mobil LMPV (Low Multiporpose Vehicle)) dengan kisaran harga Rp 100 juta menjadi kendaraan yang paling diminati oleh pelanggan.

Senada dengan Bisnis.com, portal berita Tempo.co pada kanal Otomotif mewartakan bahwa Pasar mobil bekas di Indonesia meningkat pada Semester I 2021 (9/7/2021). Tentu, 2 berita online tersebut merupakan kabar bagus bagi kita yang ingin menjual mobil bekas di situasi sulit karena pandemic Covid-19 yang berlarut-larut ini. Apalagi, saat ini sudah hadir di tengah kita o|x Autos.

Sama-sama kita tahu, o|x Autos adalah sebuah layanan baru dari OLX yang menawarkan cara menjual mobil dengan instan. Tak seperti biasanya yang menjual mobil bekas begitu sulit, dengan layanan dari o|x Autos ini tentu sangat membantu masyarakat yang ingin menjual mobil tanpa susah payah. Cukup akses website o|x Autos di "olx.co.id/olxautos" atau "olxautos.co.id". Prosesnya juga sangat mudah. Hanya 3 tahap. Silakan simak di video berikut ini:


(Source: Youtube/OLX Indonesia)


Berikut adalah penilaian saya terhadap website o|x Autos. Saya menggunakan score terendah di angka 1, dan score tertinggi di angka 7.

Quote:


Menurut saya, website o|x Autos sangat menarik. Kecepatan loading dan kesederhanaan tampilan, adalah daya tarik menurut saya. Tak perlu tampilan yang rumit untuk layanan jual mobil instan. Seperti layanan mesin pencari paling terkenal Google, kesederhanaan tampilan adalah salah satu nilai penting layanan Google.

Kita kembali ke o|x Autos.

Hal menarik lainnya dari website ini menurut saya adalah logo o|x Autos itu sendiri. Di mana kata OLX "dirubah" menjadi o|x yang menurut saya ini genius. Menyerupai tombol On/Off. Juga mengingatkan saya akan tombol joystick game. Kreatif!

Spoiler for Homepage o|x Autos:


Quote:


Score 7 masih saya berikan untuk point ini. Tanpa melihat video di atas pun, saya rasa kita bisa menggunakan layanan o|x Autos. Karena menunya jelas. Dan data isiannya pun tinggal diisi apa adanya sesuai data-data yang kita miliki.

Saya contohkan, saat saya mengisi data mobil yang "akan" saya jual. Yakni merk VW (yang initialnya mengingatkan saya pada salah satu moderator famous di Forum Sista Kaskus) Golf tahun 1999, berbahan bakar bensin dengan transmisi manual.


(Source: Screenshot olxautos.co.id)


Quote:


Ketidakharusan registrasi adalah point efisiensi menurut saya. Meski kita bukan pengguna OLX sekalipun, kita dapat menggunakan layanan o|x Autos. Karena jika kita harus login terlebih di awal, ini cukup membuang waktu. Sedangkan jika harus login setelah kita menekan tombol proses, dimana proses hanya akan dilakukan setelah kita login, ini semacam jebakan betmen tersendiri. Bersyukurlah, o|x Autos tidak keduanya.

Satu kekurangan kecil hanya kewajiban memasukan nomor handphone. Yang tidak bisa kita biarkan kosong. Jadi kalau kita ingin sekedar test ombak, agak sulit. Mau tidak mau kita harus menginputnya. Meski bisa diakali dengan menginput nomor handphone asal, alam bawah sadar sudah terbiasa menulis nomor handphone kita apa adanya.

Baik o|x Autos tentu ini memang sesuai tujuan, untuk apa menyediakan layanan yang mereka tidak mendapatkan benefitnya berupa calon konsumen? Sedangkan bagi user, secara subyektif tentu ini kendala bagi mereka yang sekedar test ombak alias coba-coba saja.

Seperti kondisi saya saat ini...

Quote:


User pengguna Bahasa Indonesia maupun English, dapat menggunakan layanan o|x Autos sama baiknya. Point pertanyaanyapun tidak bertele-tele. Score sempurna 7 dari saya untuk point Ketepatan website o|x Autos.

Quote:


Stimulasi atau rangsangan saya untuk menggunakan o|x Autos hanya berada di angka 5. Header gambar pria yang sedang mengendarai mobil dengan model tidak terkenal (setidaknya saya tidak mengenal dia ini siapa) kurang menarik untuk saya. Coba yang mengendari mobil Selena Gomez? Tentu secara tidak sadar ada rangsangan tersendiri buat saya untuk menggunakan layanan o|x Autos. Atau kaliber nasional artis sinetron yang sedang naik daun Amanda Manopo. Kalau memaksa model pria, bisa yang lebih terkenal Arya Saloka mungkin, Atta Halilintar, atau pejabat Eric Thohir barangkali.


(Source: wallpaperflare.com)


Quote:


Menurut saya layanan o|x Autos ini kreatif dan inovatif. Serta dapat menangkap minat masyarakat luas. Siapa sih yang tak mau menjual mobilnya dengan instan seperti membuat mie instan? Saya pribadi mendambakan produk yang memenuhi 2 kriteria: mudah dan murah. Dan o|x Autos memenuhi 2 kriteria ini. Sangat mudah dan murah bahkan gratis. Layanannya gratis, inspeksinya juga gratis.

Mengakhiri tulisan ini, berikut adalah harga yang ditawarkan o|x Autos untuk mobil VW Golf tua "saya". Mobil yang sudah 22 tahun ini masih dihargai Rp 27 juta - Rp 34 juta! Cukup tinggi bukan? Dan saya tinggal mengisikan jadwal inspeksi. Baik datang ke lokasi inspeksi terdekat, ataupun team inspeksi o|x Autos yang datang ke rumah saya. Jika ada kendala, kita bisa chat ke Online Support dengan menekan icon pesan di pojok kanan bawah website.


(Source: Screenshot olxautos.co.id)


Simple sekali!



Spoiler for Referensi:
Diubah oleh 999999999 11-07-2021 06:09
aaawancuzcuz780
zeuskraetos
kbh.official
kbh.official dan 4 lainnya memberi reputasi
5
3.8K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan