Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

spenasAvatar border
TS
spenas
5 kata yang sering kita ucapkan itu salah, seperti panu atau panau? Yuk liat gan...
   emoticon-Salam KenalAssalamualaikum warrahamatullahi wabarakatuhemoticon-Salam Kenal

    Berjumpa lagi dengan saya. Dalam thread kekinian dan hits. Pada kesempatan kali saya akan memberitahukan kepada agan dan sista tentang 5 kata yang sering kita ucapkan itu salah dalam pengucapannnya atau disebut juga kata yang tidak baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)dan dalam pencarian di internet pun agan dan sista dipastikan tidak akan menemukan kata tersebut contohnya automatis. Kata automatis yaitu kata yang tidak baku loh gan dan kata yang bakunya itu otomatis yang arti berjalan dengan sendirinya. Oleh karena itu, kali ini saya akan membenarkan pengucapan agan dan sista dengan kata yang baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Sebelum saya ke option-option 5 kata yang salah tersebut, mari agan dan sista simak dahulu yang belum mengetahui maupun sudah mengetahui tentang:

emoticon-MotretApa itu emoticon-Motret

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kata Baku, dan Kata Tidak Baku?

KBBI

   Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kamus ekabahasa resmi bahasa indonesia yang disusun oleh badan pengembangan dan pembinaan bahasa dan diterbitkan oleh balai pustaka.(sumber)

Kata Baku

        Kata baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.([url=https://S E N S O R@jatiedukasi/kata-baku-dan-kata-tidak-baku-terlengkap-12fb031ee716]sumber[/url])

Kata Tidak Baku

        Kata tidak baku adalah kata yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.([url=https://S E N S O R@jatiedukasi/kata-baku-dan-kata-tidak-baku-terlengkap-12fb031ee716]sumber[/url])

Selanjutnya emoticon-Traveller, yuk baca thread ini sampai habis. Ok gan.emoticon-Recommended Seller

emoticon-Ngacir2Cekidot….emoticon-Ngacir

1.     Panu atau Panau


sumber gambar : artikel.co

      Kata yang baku atau benar dari nomor 1 ini yaitu Panauyang artinya adanya bercak putih di bagian aggota tubuh yang dikarenakan adanya kotoran atau sejenisnya. Seperti gambar diatas. Tetapi banyak orang pedesaan maupun perkotaan mengucapkan kata panu ini sering sekali diucapkan dengan melalui ucapan sendiri, ucapan ke media social, dan iklan-iklan di televise pun turut mengikutinya. jadi, agan dan sista sudah tahukan sekarang jadinya kata baku dari panu. Dan jangan ucapkan panu lagi ya bila ketemu bercak putih di anggota badan teman agan dan sista. Untuk mengatasi panau di anggota badan itu dengan rajin mencuci bagian bercak putih dengan bersih dan air mengalir.

 

2.     Stop atau Setop


sumber gambar : rsa.or.id

       Kata yang baku atau benar dari nomor 2 ini yaitu Setopyang artinya berhenti. Yang dimana sering sekali kita melihatnya di jalan, di iklan tv, dan yang lainnya. Ingat ya ada “e” nya gan. Bukan yang tidak ada “e” nya karena bukan termasuk Kamus Besar Bahasa Indonesia dan kata stop tersebut merupakan ucapan kata bahasa inggris loh, gan. Dan jangan ucapkan kembali kata stop tanpa “e” ketika sedang berbicara dengan teman agan dan sista.

 

3.     Ijasah atau Ijazah


sumber gambar : indonesia.go.id

       Kata yang baku atau benar dari nomor 3 ini yaitu Ijazahyang artinya surat tamat belajar dengan mencantum nilai akhir sebenernya ketika menghadapi Ujian Nasional. Jadi untuk para agan dan sista yang masih menginjak persekolahan maupun ingin melamar pekerjaan dimanapun berada jangan lupa jika menyebut ijazah itu harus pake “z” bukan s agar tidak dinasehati oleh guru maupun kepala perusahaan.

 

4.     Resiko atau Risiko


sumber gambar : dictio.id

Kata yang baku atau benar dari nomor 4 ini yaitu Risikoyang artinya akan adanya sesuatu yang menimpa semua orang. Contohnya: “jangan keluar rumah karena risikonya banyak seperti terkena virus COVID-19 yang sampai saat ini sudah menyebarluas di Indonesia”. Oleh karena itu, agan dan sista jangan mengucapkan kata resiko lagi ya ketika berbicara dengan orang lain, membuat iklan dan spanduk yang berada di jalan.

 

5.     Apotik atau Apotek


sumber gambar : bandungkita.id

      Kata yang baku atau benar dari nomor 5 ini yaitu Apotekyang artinya suatu perusahaan yang menyediakan obat-obatan, alat kesehatan, periksa kesehatan dan lain-lain. Oleh karena itu, agan dan sista jangan mengucapkan kata apotik lagi ya ketika berbicara dengan orang lain, membuat iklan dan spanduk yang berada di jalan. karena bahasa Indonesia itu harus diluruskan atau dilestarikan dengan bahasa yang benar.

        5 kata yang saya jabarkan di atas itu sepele kan gan tetapi banyak orang maupun iklan-iklan tv mengucapkannya salah. Oleh karena itu, saya membenarkan hal tersebut dengan membuat thread ini agar agan dan sista mengetahuinya apa yang sering kita ucapkan itu salah.

emoticon-MenangSekian dulu ya, gan. emoticon-Menang

Jika ada kata-kata yang kurang paham silakan balas thread atau ke PM.

Dan jangan lupa beri cendolemoticon-Cendol Gan, ratenyaemoticon-Rate 5 Star, serta bagikan ke temanmu agar apa yang kita ketahui bisa tersalurkan ke teman agan dan sista supaya mengetahuinya.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, gan.

emoticon-MenangWassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuhemoticon-Menang






Diubah oleh spenas 17-05-2020 13:46
ceuhetty
4iinch
putramelankolis
putramelankolis dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.2K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan