iskrimAvatar border
TS
iskrim
Old But Gold, Wajah Baru TMII Dari Ide Saya (Mau Menambahkan?)


[ HT# 751 ]

TMII bagaimanapun juga masih menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Dari sini kita dengan mudah belajar mengenal karakter dan budaya tiap daerah secara lebih ringkas dan tegas dalam satu kawasan.

Rencana pemerintah akan menyerahkan pengelolaan TMII ke pihak swasta tentu bisa menjadi angin segar karena saat ini TMII seperti 'mati suri' gaungnya di masyarakat terlebih dunia.

Setelah belum lama ini tersiar kabar bahwa  PT Taman Wisata Candi (PT TWC) menjadi pemenang dalam pengelolaan TMII dan telah menandatangani kontrak alih kepemilikan dalam pengelolaan TMII pada Kamis 1 Juli 2021 lalu yang disaksikan oleh Mensesneg Pratikno.

Tentu saja tanggung jawab TWC tidak mudah dan berat karena mengelola TMII yang luas dan begitu komplek tidak mudah ibarat membalikkan telapak tangan.

Tanggung jawab penuh yang harus dilakukan TWC adalah; mengembalikan keindahan kebhinnekaan Indonesia, menunjukkan kekayaan kebudayaan Indonesia, dan keindahan alamnya Indonesia agar bemanfaatkan positif sebesar-besarnya bagi rakyat Indonesia terutama para generasi muda.

Saya sebagai warganegara yang merasa ikut bertanggung jawab jadi terketuk hati untuk sedikit memberi sumbangsih sebuah ide yang barangkali bisa menjadi masukan 'peremajaan' TMII di masa sekarang ini. Adalah sebagai berikut.


SATU
Mulai di depan pintu gerbang sebaiknya di berikan simbol atau ornamen persatuan Bhinneka Tunggal Ika. Dibuat semenarik mungkin, bergerak, bercahaya. Tapi tetap kental unsur budaya Indonesianya

KEDUA
Di tempat antrian gerbang tiket sebaiknya diputarkan lagu-lagu kebangsaan dan beberapa pesan yang menimbulkan kecintaan akan budaya sendiri melalui pesan audio atau papan-papan besar.

KETIGA



Setiap pagar anjungan mungkin bisa dibuat seragam bentuknya dengan ornamen ukiran seperti pada dinding candi borobudur yang menggambarkan aktifitas sosial, budaya masyarakat dan ketatanegaraan daerahnya masing-masing

KEEMPAT
Simbol-simbol yang mencirikan khas daerah harus lebih di perkuat guna mengingatkan dan menanamkan percaya diri kepada generasi baru yang kurang mengenal daerah leluhurnya dan mengingatkan mereka yang mungkin telah lupa.

KELIMA
Letakkan patung Garuda sangat besar yang berada di tengah-tengah TMII dimana dibawahnya terdapat pelataran untuk foto bersama keluarga. Lokasi harus terbuka dan sejuk.

KEENAM
Pada papan informasi anjungan sertakan juga petunjuk atau pesan moral berbahasa daerah guna mengingatkan dan mengenalkan ke generasi muda akan bahasa ibunya

KETUJUH
Regenerasi bentuk wahana dan desain kereta api, kereta gantung agar terlihat lebih simple tapi berteknologi modern

KEDELAPAN
Merenovasi lokasi wisata air kepulauan agar pulau dibuat lebih tinggi 2 meter dari permukaan air dan lebih hijau.

KESEMBILAN
Wisata kuliner disetiap anjungan wajib tersedia, tentu saja rasa makanan khas daerah akan menimbulkan kecintaan terhadap masakan daerahnya dan mungkin kembali ke TMII lagi untuk menikmatinya karena mungkin belum bisa 'pulkam' ke daerah asalnya.

KESEPULUH
Menjelang gerbang keluar berikan informasi seputar kecintaan dan budaya Indonesia dengan segala kelebihannya melalui simbol-simbol ataupun hal menarik yang mudah diingat agar pengunjung mau datang kembali lagi.






Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 



Diubah oleh iskrim 05-07-2021 11:37
asamboigan
MasterSims
anton2019827
anton2019827 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
4.8K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan