valkyr1Avatar border
TS
valkyr1
Para Road Biker Keluhkan Kebijakan JLNT Kp Melayu-Tanah Abang



Jakarta - Pemprov DKI Jakarta telah sepakat menjadikan jalan layang nontol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang sebagai lintasan road bike setiap akhir pekan. Para road biker mengaku masih bingung dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah.

Salah satu keluhan itu disampaikan oleh road biker bernama Baskoro, yang masih bingung mengapa mobil masih bisa masuk ke JLNT pada pukul 05.00 WIB hingga 08.00 WIB. Namun dirinya paham karena kebijakan ini masih belum sepenuhnya matang.

"Hanya ada kesimpangsiuran sih kemarin kita bahwa jam 8 tuh ditutup total hanya untuk sepeda, ternyata berbagi dengan mobil lain. Tapi kita mengertilah, mungkin masih awal-awal, kami mengapresiasilah, diberi kesempatan untuk itu," ujar Baskoro saat ditemui di lokasi, Sabtu (5/6/2021).


Baskoro mengatakan pemerintah seharusnya lebih jelas dalam memberi informasi terkait peraturan pada penerapan JLNT bagi sepeda road bike ini. Menurutnya, jika peraturan itu jelas, semua kendaraan pun akan tertib.

"Hanya kemudian harus lebih jelas waktunya, kemudian jalur mana yang boleh dipakai. Kalau semua mengikuti aturan itu, saya kira semuanya akan nggak ada masalah dan semuanya terfasilitasi," ujarnya

Road biker lain, Setyo (54), mengaku setuju dengan penerapan ini. Dia menyayangkan karena masih banyak mobil yang masuk JLNT karena dapat membahayakan road biker juga terkait kualitas udara saat berolahraga.



JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang untuk road bike. Sabtu, 5 Juni 2021, pagi. (Azhar BR/detikcom)

"Sangat setuju (dengan penerapan ini), cuma tadi masih terlalu banyak kendaraan-kendaraan, mobil. Harusnya steril ya, sehingga udaranya bersih, kemudian juga nggak membahayakan," kata Setyo.

"Bahaya kalau menurut saya (jika mobil masih bisa masuk JLNT). Tadi kita sudah nggak menggunakan jalur Sudirman, jalur besar, tidak. Kita sudah menggunakan jalur, sudah tertib, tapi kendaraan nggak tertib nih kalau kondisinya kayak gini," sambungnya.


Kemudian, keluhan itu juga disampaikan oleh Jito (54), yang menyarankan JLNT ini bebas dari kendaraan mobil. Hal itu, menurutnya, akan membahayakan road biker juga soal polusi udara.

"Saya sih setuju saja, mungkin jalurnya harus steril ya, steril dari kendaraan bermotor. Karena kalau tadi kita lihat ya dari Tanah Abang arah Kampung Melayu masih banyak kendaraan motor atau mobil. Artinya, cukup membahayakan untuk para road biker ya," kata Jito.

"Ya pasti, ya itu satu, polusi, yang kedua membahayakan. Kalau di tanjakan kan kecepatan masing-masing ada yang pelan, ada yang kencang ya. Pada saat kecepatan kencang, kita kan nyalip road bikers lain ya, nah itu ternyata di belakang ada mobil yang kecepatannya kencang juga," tambahnya.


Jito mengatakan mobil bisa membahayakan karena memiliki kecepatan yang berbeda dengan road biker, walaupun road biker merupakan sepeda dengan kecepatan tinggi.

"Kalau mobil kecepatan 40 km per jam mungkin mereka kerasanya pelan, ya. Nah, itu mungkin yang bisa membahayakan road biker," ujarnya.


Jito dan Setyo (Azhar BR/detikcom)

Sebelumnya diberitakan, JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang resmi menjadi jalur khusus pesepeda road bike saat weekend. Hal ini berdasarkan hasil rapat Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

"Hasil rapat sementara lintasan jalan nontol Kokas yang Karet itu menjadi lintasan permanen road bike setiap Sabtu-Minggu saja," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di kantor Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (31/5/2021).

Riza mengatakan ada jam operasional JLNT tersebut yang dikhususkan untuk pesepeda road bike. Jam operasional tersebut mulai pukul 05.00 hingga 08.00 WIB.

https://news.detik.com/berita/d-5594...004.1609585657

Padahal rambunya jelas.. emoticon-Malu (S)



Aturan dari pak anies pun jelas.. emoticon-Malu (S)



Kok para road bikernya malah ngeluh??.. Tapi kemarin saat pada keluar jalur d sudirman.. Kok mereka ga ngeluh bahaya dan polusi ya??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
mrschandlerbing
kaiharis
buatbarulagi
buatbarulagi dan 26 lainnya memberi reputasi
27
3.8K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan