primechiefAvatar border
TS
primechief
5 Proyek Rahasia Aneh Nan Unik Dari Uni Soviet, No. 4 Bikin Geleng Geleng Kepala
Quote:


Semasa hidupnya Uni Soviet dikenal sebagai negara yang cukup tertutup, dibelakang layar banyak proyek rahasia yang mereka jalankan. Kecenderungan untuk menjaga kerahasiaan menyebabkan beberapa kegagalan proyek mereka sering tidak diketahui. 

Namun setelah runtuhnya pemerintah Soviet banyak dokumen rahasia tersebut dapat diakses. Berikut 5 Proyek Rahasia Uni Soviet yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Pistol Laser Untuk Kosmonaut



Ketika perang dingin berlangsung, pihak Soviet khawatir akan kemungkian pihak USA untuk mencuri satelit mereka dan membawanya ke bumi dengan menggunakan lengan robotik luar angkasa.

Hal tersebut akhirnya mendorong Uni Soviet mengembangkan proyek rahasia ini. Pistol untuk para  Kosmonaut melindungi satelit dan diri mereka sendiri dari kemungkinan tersebut.

Saat ditembakkan oleh kosmonot, bola lampu pada pistol akan menyala dan memancarkan semburan cahaya yang intens melalui garnet yang bila diarahkan ke mata akan menyebabkan kebutaan sementara.



Meskipun berbentu pistol tapi sebenarnya senjata ini tidak akan meninggalkan "lubang" pada targetnya. Pistol ini sebenarnya lebih ke arah senjata anti-satelit,  dirancang untuk membutakan optik sensitif  target dan lainnya.

Berdasarkan dokumen yang diklasifikasikan, pengembang laser pistol mengklaim kalau jarak efektif dari senjata ini sekitar 20 puluh meter. Pistol ini sendiri masih dalam tahap prototype sampai saat Glasnot terjadi dan pistol ini tidak jadi diproduksi.

emoticon-Bingung




2. Anjing Sebagai Anti Tank


sumber: historyofyesterday.com


Selain pistol, rencana aneh soviet juga mengikutkan binatang yang disebut sebagai sahabat manusia ini. Sekedar informasi, saat perang dunia ke-2 ribuan anjing dilatih oleh tentara merah untuk kebutuhan militer. Salah satunya adalah untuk menjadi pembawa bom ke tank musuh.

Awalnya anjing dilatih untuk membawa bahan peledak ke bagian bawah tank dan dilepaskan dengan menarik sabuk, kemudian kembali ke pawangnya. Namun setelah beberapa kali latihan, tidak ada yang bisa melakukannya dengan baik.

Kegagalan tersebut membuat Uni Soviet memilih jalan yang lebih ekstrim, dimana bom yang diikatkan pada anjing diledakkan saat bersentuhan dengan target, praktis hal ini secara otomatis akan membunuh hewan tersebut.


sumber: https://yuripasholok.livejournal.com/


Namun lagi-lagi cara ini berbuntut kegagalan, karena dari beberapa kali perang, banyak dari anjing anti-tank ini yang malah kembali ke pawangnya dan meledak bersama pawangnya.

Selain itu saat latihan guna menghemat biaya anjing berlatih dengan menggunakan tank Soviet. Karena terbiasa dilatih dengan tampilan tank Soviet anjing-anjing tersebut lebih memilih untuk menyelundup kebawah tank sendiri daripada kebawah tank musuh.

Meskipun penggunaan anjing sebagai anti-tank terbukti tidak efektif, tapi pihak Uni Soviet masih tetap melatih anjing sebagai anti-tank meskipun perang dunia kedua sudah selesai sampai bulan Juni tahun 1996.

emoticon-Blue Guy Bata (L)



3. Monster Laut Kaspia


sumber: wikipedia.com

KM, yang dikenal sebagai Monster Laut Kaspia, adalah prototipe ekranoplan eksperimental yang dikembangkan oleh Uni Soviet pada 1960-an oleh Biro Desain Hidrofoil Pusat.  Beroperasi pada tahun 1966, dan terus diuji oleh Angkatan Laut Soviet hingga tahun 1980 ketika KM jatuh ke Laut Kaspia.

Sebagai hibrida pesawat-kapal yang paling berat dan besar pada saat itu ukuran KM sangat besar, dengan panjang lebih dari 100m dan berat 540 ton ketika muatan penuh, dan dapat bergerak dengan kecepatan lebih dari 400 km/jam.




sumber: wikipedia.com


Sempat terdeteksi dan kebingungan karena tampilan KM, CIA melalui jaringan mata mata ekstensifnya berusaha mengetahui alasan dibuatnya ekronoplan dengan dimensi besar tersebut. Berdasarkan informasi yang didapat, KM dimaksudkan untuk membawa pasukan, peralatan armor, dan dukungan logistik untuk invasi laut.

Setelah beberapa kali testing di Laut Kapsia, Uni Soviet melihat KM sebagai sebuah prototipe yang gagal, dan setelah kejatuhannya ditinggalkan oleh Uni Soviet  di dasar laut Kaspia, jauh sebelum satelit US mampu mendeteksi benda besar tersebut. 

Pada tahun 2020, pemerintah Rusia memindahkan bangkai KM ke Derbent untuk dimasukkan ke Musium.

emoticon-Matabelo



4. Istana Soviet



sumber: wikipedia.com



Istana Soviet adalah sebuah rencana yang tak kunjung diwujudkan oleh Uni Soviet untuk membangun sebuah pusat pemerintahan dan balai kongres di Moskwa Russia, tepat diatas reruntuhan Gereja Katedral Kristus sang Juruselamat yang dihancurkan sebelumnya.

Sama seperti rencana pembangunan Istana Negara Indonesia yang baru, Uni Soviet juga menyelenggarakan sayembara. Kontes di tahun 1931-1933 tersebut dimenangkan oleh Boris Iofan dengan konsep neoklasik, namun diperbaharui beberapa tahun kemudian oleh Boris beserta dua koleganya yaitu Vladimir Shchuko dan Vladimir Gelfreikh menjadi gedung pencakar langit.



gambar kolam moskwa via wikpedia.com


Pembangunan dimulai pada tahun 1937, tapi tertunda karena invasi Nazi Jerman ke Uni Soviet. Baja bangunan yang sudah disiapkan dialihkan untuk membuat jembatan dan benteng pertahanan selam PD 2.

Ironisnya, setelah perang dunia berakhir pondasi Istana malah dijadikan kolam renang terbesar dunia saat itu, Kolam Moskwa. 

 


Gereja Katedral Kristus via wikipedia.com


Sampai pada tahun 1995, atas izin dari pemerintahan Soviet saat itu dan dukungan serta donasi dari sekitar 1 juta waga Moskow, Gereja yang dulu dihancurkan untuk pembangunan Istana Soviet dibangun kembali dan berdiri megah hingga saat ini.

emoticon-Cape d...




5.  Proyek Telepati Uni Soviet



sumbe: steem.it



Tahun 1920, para ilmuwan Soviet melakukan banyak penelitian tentang telepati dan penggunaaanya serta pengaplikasiannya di berbagai bidang termasuk dalam komunikasi jarak jauh anti sadap dan telekinesis untuk mengganggu sistem panduan rudal dan pesawat musuh.

Perencanaan Soviet berpusat pada studi tentang "bioplasma", yang diyakini oleh beberapa orang sebagai medan energi yang dipancarkan oleh semua makhluk hidup. 



sumber: pixabay.com/illustrations/face-silhouette-brain-exchange-535774/



Melalui penggunaannya, individu yang terlatih dapat berkomunikasi satu sama lain tanpa sentuhan, atau memanipulasi objek, atau bahkan mampu melihat ke masa depan.

Mengetahui akan proyek rahasia Soviet ini, CIA  akhirnya menjalankan program mereka sendiri untuk meneliti tentang kekuatan psikis  manusia, salah satunya adalah MK-Ultra yang sebelumnya di anggap sebagai teori konspirasi.

emoticon-Matabelo


Sekian Dulu Thread Ane, jangan lupa komen

 emoticon-Leh Uga

See You In The Next Thread

emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai

Spoiler for Sumur Referensi:


Diubah oleh primechief 31-05-2021 09:12
ulermaboq
FalianAridua
hoorray
hoorray dan 25 lainnya memberi reputasi
26
16K
153
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan