irfannnimanAvatar border
TS
irfannniman
LAWU via JOGOROGO- CEMORO SEWU(NGAWI)

Spoiler for Rumah PAk Sidi:

[TERANGKA] Ane, Ardan, Bu Sidi, Pak Sidi, Akerat, Abiy
SABTU, 18 Juli 2020 ane mulai berangkat dari madiun gan jam 03.00.
emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir
. Langsung gas ke Jogorogo desa Girimulyo nyari rumah Pak Sidi gan, buat kalean yg pengen lewat jogorogo ini gampang gan, nyari aja di google maps ketik Pondok Pesanten COndromowo ato ketik SD girimulyo nanti perempatan tugu belok ke kanan, nah kalo udah ente tinggal tanya2 aja warga daerah pondok rumahnya Pak Sidi. Ane sampai rumah pak Sidi sekitar jam 05.30 pagi, ngobrol ngobrol bentar sambil ngopi kopi asli girimulyo gan. jadi di desa tsb perkebunannya kebun kopi sama tembakau gan, cocok banget buat kalean yang ahli hisapemoticon-Leh Uga Kata Paksidi lawu ini pintu utama nya lewat jogorogo ini, secara sejarah dulu pintu gerbang masuk lawu ini di dpasar dieng gan, cuma orang orang khusus aja yang bisa ngelihat itu pintu gerbang, orang awam kyk ane gabisa ngeliat.
Spoiler for kopi girimulyo:


GIRIMULYO(RUMAH PAK SIDI)810mdpl - UKIR BAYI(POS 1) 1250mdpl
Ane berangkat dari Pak Sidi pukul 07.00 mulai jalan biasa ttracck pertama lewati kebun kebun warga. jyang didominasi kopi, pinus, ama tembakau gan. buat ke ukir bayi ambil aja jalur yang jalan motor gan jangan ngikutin jalan kecil kecil. soalnya jalan kecil kecil itu jalan masuk ke kebun warga gan. ngikutin aja jalan makadam, utk sampe ke ukir bayi ane butuh waktu satu jam setengah. sampe di ukir bayi istirahat sambil nyebatemoticon-Ngakak (S).
Spoiler for start jalur pendakian:


UKIR BAYI(POS1)1250mdpl - NGUDAL(UDAL UDAL)(POS 2)1640mdpl

LAnjut jalan ke ngudal jalur ke ngudal melewati belakang pos ukir bayi, jangan sampai salah ambil lurus soalnya kalo lurus itu jalan kembali lagi ke girimulyo gan. tapi tenang aja gan udah ada petunjuknya di pos. Jarak dari ukir bayi ke ngudal waktu sekitar 1,5 jam jalur lumayan nanjak dengan vegetasi rumput ilalang.  Ke ngudal melewati Punggungan Dorowati dan disitu ada sumber air gan berupa kali, tapi pas ane kesana kali nya gak ada airnya karena musim kemarau, jalan ke kali juga udah ketutup gan jadi ane nyari jalan sendiri buat ke kali.
Spoiler for ngudal:

Spoiler for jalur ke kali:


NGUDAL(POS2) 1640mdpl - BULAK AKASIA(POS 3)2030 mdpl
Karena sebelumnya ane gakngerti nama tiap tiap posnya apa, sama di tracklog gak ada waypoint akasia, ane ngira kalo pos 3 itu pos pendem gan. jadi akasia ini saya kira bukan pos gan. tapi dijalur ada plangnya tapi ane gak ngefoto.  dari Ngudal ke Akasia jalan mulai nanjak kemiringan sekitar 45-60 derajat dengan vegetasi rumput ilalang. jalan udah mulai hilang soalnya kata pak sidi perbaikan baru sampai pos 2(ngudal) aja gan.
Spoiler for jalur setelah ngudal:



AKASIA(POS3)2030mdpl - TEMPAT CAMP 2152mdpl
Target ane ngecamp di PosPendem gagal, akirnya ane sama temen temen ngecamp di pertengahan jalan antara akasia- pendem setelah ondorante. dari akasia ke pendem jalan nanjak terus gan gak ada landai, ane pun ngediriin tenda juga sedikit miring. ane sampai di camp sekitar pukul 16.45. Ane terpaksa ngecamp ditengah jalan soalnya gak recommended gan buat jalan malam soalnya jalan udah mulai ketutup setelah pos ngudal. jadi takut nyasar kalo jalan malem.
Spoiler for ondorante:

Spoiler for camp:

CAMP 2152mdpl - PENDEM (POS 3) 2170 mdpl
Karena ane gakbisa tidur gegara tempat camp miring jam 02.00 bangun dan tidur lagi ggakbisa akhirnya masak sarapan aja buat nanti pagi dan berharap lanjut jalan sepagi mungkin,tapi mengrungkan niat berangkat subuh, masih enak ngumpet didalam SBemoticon-Wakakapukul 06.00 mulai sarapan+beres beres, lanjut jalan ke pos pendem pukul 07.00. Sampai pos pendem pukul 07.27. Pos pendem cuma ada plang yang nempel dipohon gan, gak ada tempat lapang buat ngecamp.
Spoiler for pos pendem:

Spoiler for track:

POS PENDEM(pos3)2170mdpl -JURANG MELE(POS4) 2480mdpl
Karena ane gak tau kalo pos pendem itu pos 4 akirnya lanjut langsung ke bulak peperangan(pos5) jalan dari pos pendem ke jurang mele. jurang mele disini gak ada plang nya ya gan. jadi kalo naik kesana bakal gak tau dimana jurang mele kalo gak bawa gps yang udah ada waypointnya. ketinggian jurang mele sekitar 2480mdpl. Jalur ke jurang mele masih nanjak teruss gan bikin dengkul kopongemoticon-Wakaka

JURANG MELE 2480 mdpl - BULAK PEPERANGAN 2860mdpl
Dari jurang mele karena gak ada plang nya sama gak ada tempat buat istirahat kita lanjut terus gan kejar waktu biar turun gak kena malem. ketinggian bulak peperangan sekitar 2870mdpl. sampai di bulak peperangan sekitar jam 08.30. istirahat lama sembari sebat dibulak peperangan selagi ketemu pendaki lain. soalnya selama lewat jogorogo gak ketemu rombongan lainemoticon-Nohopeemoticon-sad
Spoiler for bulak peperangan:


BULAK PEPERANGAN-SENDANG DRAJAT

Dari bulak peperangan ane lanjut jam 09.30 langsung gas ke sendang drajat, mampir ke mbok yem gak memungkinkan saking rame nya gan karena hari weekend sama cadangan air yang udah tinggal dikit. Sampai Sendang Drajat sekitar jam 10.30.Sampai situ langsung ambil air sendang buat bikin kopiemoticon-Wakaka. Ngopi Ngopi Lama di Sendang sembari memulihkan tenaga yang terkuras di jalur jogorogo karena air buat naik udah habis juga. Sekitar jam 13.00 kita baru beberes buat lanjut turun lewat Cemoro sewu.

SENDANG DRAJAT-CEMORO SEWU

Sampai cemoro Sewu jam 17.00 dengan selamat. karena udah banyak thread dari cemoro sewu jadi ane gak usah jelasin disini ya ganemoticon-Sundulemoticon-Ngakak.

Quote:


TAMBAHAN TRACK:


LAWU VIA SINGOLANGU
not.a.member.
thegnerag
elpish1992
elpish1992 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
5.3K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan