Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Inilah 8 Inovasi iPhone Yang Kemudian Ditiru Oleh Brand Lain, Termasuk Layar Poni
Apple yang dulunya dipimpin oleh mendiang Steve Jobs memang menjadi perusahaan teknologi yang sering berinovasi serta mampu memberikan pengaruh yang besar dalam industri teknologi. Steve Jobs yang punya visi yang cerdas menyebutnya "think different". Salah satu inovasi Apple adalah munculnya iPod yang membuat pemutar musik menjadi sangat kecil dari yang semula besar seperti Walkman. Nah, pada 2007 Apple meluncurkan produk fenomenalnya, iPhone generasi pertama atau dengan sebutan iPhone 2G, iPhone , atau The iPhone. Produk inilah yang mampu merevolusi dunia ponsel hingga sekarang. Selain itu ada beberapa inovasi atau desain yang dikeluarkan oleh iPhone yang pada akhirnya ditiru oleh brand lain, berikut adalah ulasan singkatnya.

1. Layar Sentuh Penuh
iPhone memang bukan ponsep pertama yang berteknologi layar sentuh. Sebelumnya sudah ada bahkan jauh sebelumnya pun sudah ada. Akam tetapi iPhone 2G adalah ponsel pertama dengan layar sentuh penuh tanpa harus menggunakan bantuan stylus serta layar yang sangat responsif. Tombol fisik di tengah bawah yang berfungsi sebagai tombol home juga ditiru oleh Samsung yang membawanya pada gugatan di pengadilan.

2. Corning Gorilla Glass
Orang seperti apa yang menginginkan layar ponsel menggunakan kaca premium sebagai proteksi? Steve Jobs adalah orangnya, ia meminta perusahaan kaca Corning untuk membuat kaca untuk layar ponsel. Ini membuktikan Jobs adalah orang yang perfeksionis dalam membuat sebuah produk. Jobs bersikeras layar untuk iPhone harus dibuat dari bahan yang kuat dan melakukan kerjasama dengan Corning. Sebelumnya Corning adalah perusahaan produsen kaca dan keramik yang sudah sangat lama ada. Di sini munculah Gorilla Glass yang merupakan kaca khusus untuk perangkat elektronik termasuk ponsep. iPhone adalah yang pertama menggunakannya. Kaca ini dianggap kuat dan tahan terhadap goresan. Setelah itu hampir semua brand lain juga menggunakan Gorilla Glass sebagai pelindung layarnya.

3. Baterai Non-Removable
iPhone 2G dirilis dengan baterai yang tidak bisa dilepas. Sebenarnya bisa dilepas sih, cuman agak sulit emoticon-Big Grin

Begitu juga dengan seri iPhone selanjutnya selalu menggunakan non removable battery. Pada awal-awal kemunculan Android, produsen masih merilis ponsel yang masih menggunakan baterai yang bisa dilepas. Namun lama kelamaan khususnya dalam beberapa tahun terakhir, brand lain juga ikut-ikutan menggunakan desain uninody atau baterai tanam karena punya banyak kelebihan.

4. Micro SIM dan Nano SIM
Sebuah ponsel tidak akan sempurna tanpa adanya SIM Card. Awalnya ponsel menggunakan ukuran mini SIM. Namun lagi-lagi iPhone melakukan inovasi sederhana yaitu mengecilkan ukuran kartu SIM yang dimasukan ke dalam ponsel. iPhone 4 adalah ponsel pertama yang menggunakan micro SIM dan kemudian diikuti oleh brand ponsel lain. iPhone 5 kemudian menjadi ponsel pertama yang memakai nano SIM atau yang lebih kecil. Lagi-lagi brand lain mengekor dan membuat para provider membuat berbagai potongan ukuran SIM card dalam paket perdana meraka emoticon-Ngakak

5. Layar Poni (Notch)
iPhone X yang dirilis pada 2017 sebagai perayaan sepuluh tahun iPhone mempunyai desain yang sedikit nyeleneh. Yaitu adanya poni atau notch di bagian jidat ponsel. Desain layar full view display yang diusung Apple tetap mengharuskan menaruh kamera depan, akan tetapi si kanan dan kiri tetap dipenuhi oleh layar. Desain seperti ini lalu diikuti oleh brand lainnya, mulai dari Xiaomi hingga Nokia dengan perubahan bentuk poni emoticon-Ngakak

6. Warna Gold
Terdengar sepele dan sebenarnya bukan inovasi tapi lebih ke desain. Akan tetapi saat iPhone 5 diluncurkan dengan varian warna gold, saat itu terjadi tren banyak ponsel brand lain yang menggunakan warna gold untuk menarik hati konsumen. Khususnya gerombolan brand asal Tiongkok, coba lihat smartphone keluaran dua atau tiga tahun yang lalu, pasti selalu ada warna gold sebagai salah satu varian.

7. Sensor Fingerprint
iPhone memang bukan yang pertama yang menggunakan sensor sidik jari sebagai fitur keamanannya. Sebelumnya sudah ada Pantech GI100. Namun Apple menyempurnakan teknologi itu dan mempopulerkannya pada iPhone 5S di mana sensor sidik jari ditempatkan di tombol home. Semenjak itu brand lain juga berbondong-bondong menerapkan sensor sidik jari pada produk ponsel mereka.

8. Tanpa Port Audio Jack
iPhone 7 diluncurkan dengan inovasi yang aneh yaitu dihilangkannya lubang audio jack untuk earphone. Inovasi nyeleneh ini awalnya dibully oleh sebagian orang karena merepotkan pengguna. Namun lambat laun brand lain pun mengekor dan menghilangkan port audio jack pada produk mereka.

Ada yang belum disebutin enggak gan? emoticon-Ngakak

Quote:
Diubah oleh cintadine 15-01-2020 02:28
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.1K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan