Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nasgorbabiAvatar border
TS
nasgorbabi
Paket Bantuan Covid AS Rp 27.369 Triliun, Hampir 10 Kali Lipat APBN Indonesia!
Paket Bantuan Covid AS Rp 27.369 Triliun, Hampir 10 Kali Lipat APBN Indonesia!

JAKARTA – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden meneken undang-undang (UU) paket bantuan Covid-19 senilai 1,9 triliun dollar AS (Rp 27.369 triliun).

Pekan lalu, Senat AS menyetujui rancangan UU (RUU) tersebut dengan perolehan suara 50 berbanding 49 di dalam Senat AS yang beranggotakan 100 orang.

Setelah itu, RUU tersebut dikirim ke DPR AS pekan ini, RUU tersebut didukung oleh mayoritas anggota DPR AS yang dikuasai oleh Partai Demokrat.

Setelah itu, Biden secara resmi mengesahkan RUU tersebut menjadi UU sebagaimana dilansir Politico.

Jika dibandingkan, paket bantuan Covid-19 di AS tersebut hampir 10 kali lipat dari alokasi belanja negara dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia (APBN) 2021.

Melansir publikasi Kementerian Keuangan, belanja negara dalam APBN 2021 dialokasikan senilai Rp 2.750 triliun.

Alokasi tersebut terdiri atas belanja pemerintah pusat senilai Rp 1.954,5 triliun dan transfer ke pemerintah daerah sekaligus dana desa senilai Rp 795,5 triliun.

Melansir Huffington Post, Biden mengatakan bahwa paket bantuan tersebut akan membangun kembali “tulang punggung” AS.

“Legislasi bersejarah ini adalah tentang membangun kembali tulang punggung negara ini dan memberi orang-orang di negara ini kesempatan untuk berjuang,” kata Biden sebelum menandatangani UU tersebut.

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan, rakyat AS akan mendapat bantaun langsung tunai (BLT) dari paket bantuan Covid-19 tersebut paling cepat akhir pekan ini.

Penandatanganan UU paket bantuan Covid-19 tersebut menandai peringatan pertama ketika Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Covid-l9 sebagai pandemi global.

Sejak saat itu, hampir 530.000 rakyat AS telah tewas karena Covid-19.

Puluhan juta rakyat AS kehilangan pekerjaan mereka karena bisnis tutup, sekolah tutup, dan rakyat AS disuruh tinggal di rumah.

Paket bantuan Covid-19 tersebut akan mencakup BLT senilai 1.400 dollar AS (Rp 20 juta) dan tunjangan pengangguran setiap pekan sebesar 300 dollar AS (Rp 4,3 juta) hingga September.

Selain itu, paket bantuan tersebut akan menganggarkan uang tambahan untuk orang tua, pendanaan untuk program vaksinasi nasional, miliaran dollar AS untuk pemerintah negara bagian dan lokal, serta pembukaan kembali sekolah.

Melansir Reuters, penandatanganan RUU paket bantuan Covid-19, yang dinamakan Rencana Menyelamatkan Amerika, tersebut sedianya digelar pada Jumat (12/3/2021).

Namun, Pada Rabu (10/3/2021) malam waktu setempat, Kepala Staf Gedung Putih Ron Klain mengatakan pendandatanganan RUU tersebut diajukan pada Kamis.

“Kami ingin bergerak secepat mungkin," tulis Klain di Twitter.

https://www.kompas.com/global/read/2...page=all#page2

Darimana amerika dapat uang sebanyak ini? Udah deh indonesia yg memang negara berkembang..

china aja negara besar, jumlah penduduk sangat besar, tapi jumlah bantuan covid nya cuma sekitar 4.000 Triliun, masih sangat jauh dari jumlah bantuan amerika, padahal jumlah penduduk amerika cuma 300an juta aja.

mengapa pengadilan internasional tidak melacak darimana sumber uang negara amerika ini? Karena ini sudah abnormal, diluar nalar manusia.

Bansos amerika 20 juta per orang ditambah tunjangan 4,3 juta untuk semua pensiunan setiap bulan.

sedangkan indonesia, cuma 600 ribu bansosnya emoticon-Frown
Diubah oleh nasgorbabi 24-03-2021 02:22
0
974
25
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan