nanitrianiAvatar border
TS
nanitriani
5 Urban Legend Terseram dari Jepang ! Yang Penakut, Mari Merapat!
Hallo, Gan/Sis! Apa kabar, nih? Semoga kita semua selalu berada dalam keadaan sehat yaa! Kali ini, ane mau bahas urban legend dari Jepang, nih. Jepang itu memang identik dengan urban legend-nya yang serem-serem, ya. Setuju gak? Di sini, ada yang belum tau apa itu urban legend? Ok, ane jelasin dulu sedikit, ya, sebelum masuk ke pembahasan. Urban legend atau bahasa Indonesianya adalah legenda urban adalah sejenis cerita rakyat di suatu daerah tertentu yang biasanya berkaitan dengan hal-hal horror, baik itu tentang sosok mengerikan, tempat mengerikan, dan hal mengerikan lainnya. Ok, langsung aja ya, berikut adalah 5 urban legend terseram yang khusus berasal dari Jepang. Sebelumnya, Gan/Sis gak sedang sendiri, kan? emoticon-Takut (S)
1. Boneka Okiku


Dimulai dari sebuah boneka dari Jepang. Biasanya, boneka itu terkenal dengan citranya yang lucu dan menjadi teman bermain anak kecil. Namun, berbeda dengan boneka yang satu ini, sangat jauh dari kesan lucu. Mungkin wujudnya masih terbilang lucu, ya, Gan/Sis. Namun, aslinya? Sebelumnya, ingat, bahwa kisah ini katanya berdasar dari kisah nyata loh, Gan/Sis.emoticon-Takut (S)Ok, langsung saja. Pada tahun 1918, seorang remaja berusia 17 tahun yang berasal dari Hokkaido membeli sebuah boneka dari pasar untuk adiknya yang berusia 2 tahun dan bernama Okiku. Alasan sang kakak membelikan boneka karena wujud dari boneka tersebut sangat mirip dengan adiknya. Boneka tersebut memiliki rambut dengan potongan okappa atau rambut mirip Chibi Maruko Chan itu loh. Nah, sang adik sangat menyayangi boneka tersebut sampai  boneka tersebut selalu dibawa kemana pun dia pergi, tak terkecuali saat tidur. Lalu, beberapa bulan kemudian, Okiku meninggal dunia. Pihak keluarga pun memutuskan untuk menamai boneka tersebut seperti nama anaknya, Okiku. Namun, tak lama dari itu, keanehan muncul. Ternyata, keluarga mulai menyadari bahwa rambut yang dimiliki boneka Okiku itu tumbuh. Iya, tumbuh, Gan/Sis! Bisa kebayang gak tuh ngerinya gimanaemoticon-Takut (S). Meski rambutnya sudah dipotong, namun rambutnya terus bertambah panjang layaknya rambut manusia. Sang ayah akhirnya memutuskan untuk mengirim boneka tersebut ke kuil Mannen-ji yang berada di kota Iwamizawa, Hokkaido. Satu lagi nih, Gan/Sis, fakta yang tak kalah mengejutkan. Para ilmuwan telah menganalisis dan menyatakan bahwa rambut yang dimiliki boneka Okiku tersebut ternyata rambut manusia asli, yaitu rambut anak-anak. Duh, bikin berginik gak, nih?emoticon-Takut (S)

2. Aka Manto


Aka Mantoberasal dari dua kata, yaitu kata Aka yang artinya merah dan manto atau mantoru yang artinya mantel atau jubah. Jadi, katanya Aka Manto ini, sesuai namanya, mengenakan jubah berwarna merah dan sering kali memakai semacam topeng yang berwarna putih. Biasanya, sosok ini muncul di area toilet umum, seperti toilet sekolah. Di bilik paling belakang, suara misterius akan terdengan menawari kertas toilet kepada calon korbannya, “kertas merah atau biru?”. Jika si korban menjawab “merah”, maka dia akan menggorok leher si korban sampai darahnya berlumuran menyerupai jubah merah yang menyelimuti tubuh si korban. Jika korban menjawab “biru”, maka Aka Manto akan mencekiknya sampai tubuh si korban berubah menjadi biru. Serba salah ya, Gan/Sisemoticon-Frown. Lantas, apa dong jawaban yang tepat? Ok, jika sosok tersebut muncul dengan pertanyaan serupa, maka sang korban harus lantang menjawab “aku tidak butuh kertas!”. Katanya, jawaban tersebut bisa mencegah misi Aka Manto. Ngeri gak, Gan? Mulai dari sekarang, hati-hati aja deh kalau sedang berada di toilet umumemoticon-Takut (S). Maaf, bercanda ajaemoticon-Winkemoticon-Wink. Kan itu adanya di Jepang. Lagian, kita benaran gak butuh kertas toilet, kok. Kan kita pakainya air. Betul, gak?emoticon-Big Grin

3. Puisi terkutuk, Neraka Tomino


“Kakak perempuan memuntahkan darah, adik perempuan bernapas mengeluarkan api, sementara Tomino kecil yang manis memuntahkan permata.” Kutipan tersebut adalah sebuah puisi mengerikan yang disebut Neraka Tomino atau Tomino’s Hell. Konon katanya, puisi tersebut akan membawa kematian bagi siapa saja yang membacanya dengan lantang.

Puisi tersebut ditulis oleh Saijo Yasu yang merupakan salah satu dari kumpulan puisi pada tahun 1919. Puisi tersebut menceritakan tentang Tomino, seorang anak laki-laki yang mengarungi 8 tingkat neraka. Beberapa tafsiran menyatakan bahwa puisi itu tentang hilangnya jiwa Tomino karena telah membunuh salah satu orangtuanya. Ada tempat khusus di neraka Buddhis untuk orang-orang yang melakukan dosa serupa. Tafsiran lain menyatakan bahwa, Tomino pergi berperang dan sekarat dalam penderitaan yang berkepanjangan karena tidak pernah berjumpa dengan keluargnya lagi.

Pada tahun 1974, seorang sutradara bernama Terama Shuji merilis sebuah film berdasarkan cerita dari Tomino’s Hell (Pastoral: To Die in the Country). Lalu sang sutradara tersebut meninggal pada usia 50 tahun karena penyakit lever. Hal tersebut memicu rumor yang menyatakan bahwa, siapa pun yang membaca puisi itu dengan keras, maka akan menyebabkan penderitaan bahkan kematian. Hemmm, semoga aja, Gan/Sis gak baca puisi itu dengan suara yang lantang, Ya.emoticon-Betty (S)emoticon-Betty (S)

4. Teke Teke


Teke Teke ini bisa dikatakan sosok penunggu rel kereta di malam hari. Jadi, jika Gan/Sis melewati rel kereta api dan ada suara seperti seretan, lalu muncul bayangan sesosok wanita dengan badan yang hanya setengah. Bisa dipastikan, Gan/Sis bertemu sosok Teke tekeemoticon-Takut (S)emoticon-Takut (S). Nama Teke Teke tersebut diambil dari suaranya yang seolah berbunyi “teke teke” ketika menyeret tubuhnya. Duh, bikin bulu kuduk berdiri gak nih?emoticon-Takut (S)

Konon, katanya, nama asli dari Teke Teke adalah Kashima Reiko. Alasan mengapa sosoknya mempunyai tubuh yang hanya setengah yaitu karena dia terlindas kereta api dan membuat tubuhnya terpisah. Tak sampai disitu, tampaknya ajal tak langsung menjemputnya, dia sempat menyeret tubunya menuju pekerja stasiun dan meminta pertolongan, namun, hasilnya, dia dilemparkan kembali ke rel dengan kejamnya. Duh, gak kuat aneemoticon-Frown. Nah, semenjak kejadian tersebut, rumor beredar bahwa jiwanya masih berkeliaran untuk mencari bagian bawah tubuhnya.emoticon-Takut (S)

 

5. Kuchisake-Onna - Wanita Bermulut Terkoyak


Dan yang terakhir, yang tak kalah menyeramkan, Kuchisake-onna dengan ciri khasnya yaitu mempunyai mulut yang terkoyak alias robek. Tak kalah ngeri, kan? Nah, sebenarnya ada beberapa versi yang mengisahkan Kuchisake-onna ini. Yang pertama, diceritakan bahwa suaminya seorang samurai. Suatu hari, istrinya, Kuchisake-onna, diketahui selingkuh. Nah, sebagai pembalasan dendamnya, dia merobek mulut istrinya sendiri. Duh, kejam amat, yaemoticon-Frown. Versi lain menceritakan bahwa Kuchisake-onna ini mengalami kegagalan operasi di bagian mulut. Nah, versi yang terakhir, yang paling klasik, ada seorang wanita yang iri dengan kecantikan Kuchisake-onna. Karena rasa iri tersebut, dia memutuskan untuk menghabisi saingannya dengan cara yang sadis.

Katanya nih, Gan, sosok tersebut kerap muncul menyusuri jalan dengan sapu tangan atau sejenis masker yang menutupi mulutnya. Dia berkeliaran sambil bertanya kepada seseorang yang ditemuinya, “apakah aku cantik?”. Jika jawaban sang korban menjawab “tidak”, dia akan marah dan merobek mulut korban. Jika korban menjawab “ya”, maka dia akan menampilkan wajah aslinya, lalu mengulangi terus pertanyaannya, lagi dan lagi, lalu menghabisi si korban. Gak ada yang mendingan apa ya?emoticon-Frown

Ternyata ada opsi lain nih. Katanya, ini bisa dijadikan siasat korban untuk kabur. Caranya, buat Kuchisake-onna merasa bingung dengan mengulangi pertanyaan yang diucapkannya. Ada beberapa rumor mengatakan bahwa si korban bisa menjawab pertanyaan Kuchisake-onnadengan menyebutkan nama musuh alias seseorang yang dibenci korban, nah, dengan seperti itu, Kuchisake-onna akan mengejarnya. Wahh, gak bener nih kalau gini.emoticon-Betty (S)

 

Ok, itulah 5 urban legend yang mengerikan dari Jepang.

Semoga yang penakut gak jadi makin penakut, ya.emoticon-Betty (S)

Sekian thread kali ini.emoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)

[center]Terima kasih
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Bonus nih, Gan!emoticon-Ngakak (S)


Sumber:
Terrifying Japanese Urban Legends That Are Based on True Stories

Japanese Urban Legends That Will Keep You Awake Long After The Night Has Passed

Aka Manto: Hantu Toilet Yang Sadis Tanpa Ampun

Sumber Gambar:
Google Images
Diubah oleh nanitriani 19-03-2021 13:48
sunshii32
yusuf2210
galigulagalu
galigulagalu dan 15 lainnya memberi reputasi
14
5.2K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan