ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Scania K360IB, Sasis Bus Mewah Bertenaga Tinggi Asal Swedia
Hola Gansis! Selamat pagi, siang, sore, dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar Scania K360IB, sasis bus bertenaga tinggi asal Swedia.


Kadang-kadang, jika Gansis naik bus kelas eksekutif, Gansis mendapatkan bus dengan sasis Scania K360IB ini. Ane yakin sih Gansis yang sering naik bus pasti pernah mendapat unit bus dengan sasis Scania K360IB ini.

Scania K360IB pertama kali digunakan oleh PO SAN pada tahun 2013, dengan balutan body Scorpion X dari karoseri Tentrem, dengan rute Jakarta-Bengkulu yang terkenal cukup ekstrim.

Sasis ini mendapat respon yang baik dari para pengusaha otobus, sebab memiliki brand yang memang sudah ternama, mudah dikendarai, sudah sangat canggih, nyaman dan aman, serta memiliki bagasi yang luas.

Spesifikasi dari Scania K360IB ini mungkin dari transmisi, suspensi, dan lain-lain tak jauh berbeda dengan K410IB. Spesifikasi dari Scania K360IB adalah:

- Mesin DC13 108 Euro III, bertenaga 360hp, bertorsi 1750nm, 6 silinder inline berkapasitas 13.000cc, drive-by-wire ECU system.
- Transmisi Scania Opticruise GR875R, 8 speed semi automatic, dilengkapi cruise control, retarder, dan speed limiter.
- Suspensi wide air suspension, GVW 19,5 ton.
- Tipe sasis spaceframe dengan power steering.
- Kapasitas tangki 310 liter dengan pemisah air.


Sebagai sasis dengan G.V.W 19,5 ton, memiliki mesin dengan posisi di belakang, memiliki suspensi tipe air suspension tipe wide, dan berjenis sasis spaceframe, tentu Scania K360IB ini bisa dipasangkan ke hampir semua body bigbus selama body tersebut mendukung sasis bermesin belakang. Bahkan, sasis ini juga bisa dipasangi body SHD ynag memiliki tinggi 3,9 meter.

Suspensi dari sasis ini terkenal sangat nyaman Gansis. Body rollingnya gak kerasa, goyangan di jalan rusak gak kerasa, stabil di jalan tol. Bisa dinaik-turunkan juga sesuai medan jalan, jadi kalo mau nurunin penumpang bisa diceperin, kalo mau jalan di jalan rusak bisa ditinggikan, dst.

Sasis ini memiliki teknologi yang sangat advanced. Mulai dari transmisi Opticruise, sistem yang sudah drive-by-wire, sampai setir serta speedometer khas Scania yang sudah sangat canggih dengan MID dan enak dilihat.


Perawatan dari sasis ini sih dibilang susah enggak, dibilang mudah enggak Gansis. Sebab populasinya sudah banyak tapi dealer United Tractors mungkin belum meluas, serta menggunakan sistem elektrik.

Kapasitas tangki solar dari  sasis Scania K360IB ini sebenarnya termasuk cukup kecil buat ukuran sasis premium sekelas Volvo B8R dan Mercedes Benz OC 500 RS 1836. Hanya memiliki kapasitas tangki 310 liter, tapi denger-denger sih konsumsi BBM dari Scania K360IB ini cukup irit Gansis. Jika konsumsi BBM dari Scania K360IB ini adalah 1:4 di jalan tol, maka dengan kondisi solar full Scania K360IB dapat menempuh jarak 1.240 kilometer tanpa harus mengisi solar di SPBU.


Harga dari sasis ini adalah sekitar 1,4M, sudah termasuk PPN, biaya potong sasis dan spaceframenya, serta ongkirnya ke karoseri. Tentu, dengan segala kenyamanan dan fitur, rasanya pantas sih sasis Scania K360IB ini dihargai 1,4M. Mungkin kalo ane hitung sih, sasis ini sasis termurah di kelasnya.

Oh iya, arti dari kode sasis ini adalah, "K" artinya bus dengan posisi mesin belakang dengan posisi memanjang, "360" artinya Scania K360IB memiliki tenaga sebanyak 360hp, "I" artinya sasis asal Swedia ini adalah bus untuk angkutan penumpang jarak jauh maupun dekat dengan kenyamanan standar, dan "B" artinya sasis ini sasis standar.

Ciri khas dari sasis ini adalah, biasanya pada bagian depan body dipasangkan logo Scania, memiliki overhang depan yang panjang, dan overhang belakang yang panjang.


Jadi, gimana pendapat Gansis soal Scania K360IB ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih jika Gansis membetulkan informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 123
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

Diubah oleh ulungrinjani 11-03-2021 14:20
ziont
banditos69
isu152
isu152 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
9.2K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan