Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bolazolaAvatar border
TS
bolazola
5 Pelatih Tersukses Dalam Sejarah Ligue 1


Seringkali diejek sebagai ‘liga petani’ karena dianggap kurang kompetitif dan mengikuti penggemar, Ligue 1 memiliki kebanggaan sebagai salah satu dari lima liga top Eropa.

Bolazola- Terlepas dari kompetisi yang secara luas dianggap sebagai liga lima besar ‘termudah’ di benua itu, Ligue 1 telah dianugerahi oleh sekelompok pemain dan pelatih hebat yang telah meningkatkan posisinya.

Thomas Tuchel mengukir namanya di Ligue 1 sebagai pelatih dengan silsilah yang serius, memenangkan gelar berturut-turut sebelum bergabung dengan Chelsea.

Di antara 48 pelatih yang memenangkan Ligue 1 dalam sejarah kompetisi hampir sembilan dekade, 16 di antaranya telah menang dalam banyak kesempatan. Untuk itu, mari kita lihat 5 pelatih tersukses dalam sejarah Ligue 1:

5.Gerard Houllier – 3 gelar Ligue 1



Lima pelatih berbeda telah memenangkan tepat tiga gelar Ligue 1, tetapi Gerard Houllier membuat daftar ini karena dia adalah satu-satunya di antara kuintet yang memenangkan kompetisi dengan dua klub berbeda.

Setelah memenangi gelar Ligue 1 pertamanya bersama PSG pada 1986 – jauh sebelum klub Paris itu menjadi kekuatan sepakbola Prancis – Gerard Houllier harus menunggu hampir dua dekade untuk kemenangan berikutnya dalam kompetisi tersebut.

Setelah sukses bersama Liverpool, Houllier tiba di Olympique Lyonnais pada 2005. Dia melanjutkan dominasi klub di Ligue 1, membantu mereka memenangkan gelar kelima dan keenam berturut-turut di kompetisi tersebut.

Namun, kegagalan untuk mengubah dominasi domestik Lyon menjadi kesuksesan Eropa akhirnya menyebabkan perselisihan Houllier dengan presiden klub dan hengkangnya dia dari klub.

4.Laurent Blanc – 4 gelar Ligue 1



Laurent Blanc adalah salah satu pelatih paling sukses dalam sejarah Ligue 1 dan PSG.

Pemenang Piala Dunia 1998 itu memenangkan 11 dari 12 gelar domestik dengan PSG, penghitungan yang terdiri dari tiga kemenangan Ligue 1. Namun, kegagalan menaklukkan Liga Champions terbukti menjadi kehancurannya.

Namun demikian, pasukan Blanc mencetak banyak rekor di Ligue 1 selama tiga musim pelatih Prancis itu bertugas di PSG: Gelar liga (2015-16) diakhiri dengan delapan pertandingan tersisa, dan Laurent Blanc mencatat rekor 96 poin Ligue 1 musim sebelumnya.

3.Robert Herbin – 4 gelar Ligue 1



Salah satu dari hanya dua pelatih yang memenangkan lebih dari tiga gelar Ligue 1 dengan klub yang sama, Robert Herbin menempati tempat yang membanggakan dalam sejarah Saint-Etienne.

Herbin adalah salah satu dari sekelompok pria terpilih yang telah memenangkan gelar Ligue 1 pada banyak kesempatan baik sebagai pemain maupun sebagai pelatih.

Herbin membawa Saint-Etienne meraih gelar liga dan piala di musim-musim berturut-turut pada 1970-an.

2.Lucien Leduc – 4 gelar Ligue 1



Lucien Leduc adalah satu-satunya manajer yang memenangkan gelar Ligue 1 bersama dua klub tersukses di kompetisi – AS Monaco dan Marseille.

Leduc pertama kali mengukir namanya dalam sejarah AS Monaco dengan memenangkan gelar Ligue 1 pertama tim Principality sebelum mengalami lebih banyak kesuksesan di Marseille.

Salah satu pelatih pertama yang memperkenalkan sepakbola ‘flamboyan’ di kompetisi papan atas Prancis, kecerdasan taktis dan keterampilan manajemen Leduc yang mengesankan membawa Monaco meraih gelar Ligue 1 pertama mereka pada tahun 1961. Kemenangan liga lainnya menyusul dua tahun kemudian, lagi-lagi di bawah asuhan Leduc.

Setelah memenangkan gelar Ligue 1 lainnya – kali ini bersama Marseille pada tahun 1971 – Leduc kembali ke posisi lamanya pada tahun 1975. Dia segera menginspirasi perubahan haluan yang ajaib, saat Monaco memenangkan divisi Kedua dan menulis sejarah kemenangan Ligue 1 pada musim berikutnya.

1.Albert Batteux – 9 gelar Ligue 1



Albert Batteux tidak diragukan lagi adalah pelatih paling sukses dalam sejarah Ligue 1. Juru taktik legendaris itu memenangkan sembilan gelar Ligue 1 yang mengejutkan.

Batteux mengantarkan lima dari enam gelar Ligue 1 untuk Stade Reims, melakukannya selama periode gemilang antara 1953 dan 1962.

Batteux kemudian menciptakan keajaiban di Saint-Etienne juga, memenangkan empat gelar Ligue 1 berturut-turut antara 1967 dan 1970.

Pria asal Prancis itu terkenal karena taktik yang cermat dan filosofi bermain revolusioner berdasarkan umpan-umpan pendek yang akan menginspirasi pemain seperti Johan Cruyff dan Pep Guardiola.


Sumber : Bolazola
emineminna
yuki26
tien212700
tien212700 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
3.7K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan