GuinesshaAvatar border
TS
Guinessha
Ternyata Ini Alasannya Kenapa Awan Sebelum Hujan Berwarna Abu-Abu Atau Gelap

emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

emoticon-HaiHallo agan semua, awan terbentuk dari tetesan air yang menguap yang berkumpul dilangit dan berwarna putih seperti kita lihat setiap hari. Tapi, sebelum hujan awan akan berubah warna menjadi abu-abu atau gelap. Nah, kali ini kita akan membahas kenapa awan sebelum hujan berwarna abu-abu atau gelap.

Mari kita mulai dengan membahas bagaimana awan terbentuk. Udara di sekitar Anda penuh dengan air dalam bentuk gasnya, yang disebut uap air. Saat udara di dekat tanah menghangat, ia mulai naik, membawa uap air bersamanya.

Udara mulai mendingin saat naik lebih tinggi ke langit, menyebabkan uap air mengembun menjadi debu atmosfer dari gunung berapi, knalpot mobil, dan sumber lainnya. Tetesan air yang dihasilkan dan kristal es bergabung, atau bergabung bersama, untuk membentuk awan.


Tetesan air kecil dan kristal es di awan memiliki ukuran yang tepat untuk menyebarkan semua warna cahaya, dibandingkan dengan molekul udara yang lebih kecil yang menyebarkan cahaya biru paling efektif. Ketika cahaya mengandung semua warna, kita melihatnya sebagai putih.

Ketebalan atau ketinggian awanlah yang membuatnya tampak abu-abu. Awan yang terbuat dari tetesan kecil air atau es. Mereka terbentuk ketika uap air mengembun di dalam kantong udara yang naik. Di bawah kondisi yang tepat, udara terus terangkat, menyebabkan awan semakin tinggi.

Artinya, ketika awan tipis, mereka membiarkan sebagian besar cahaya masuk dan tampak putih. Tetapi seperti objek apa pun yang memancarkan cahaya, semakin tebal objek tersebut, semakin sedikit cahaya yang berhasil melewatinya. Saat ketebalannya bertambah, dasar awan terlihat lebih gelap tetapi masih menyebarkan semua warna. Kita melihat ini sebagai abu-abu. Jika Anda perhatikan dengan cermat, Agan akan melihat bahwa bagian bawah awan yang relatif datar selalu sedikit lebih abu-abu daripada sisinya. Semakin tinggi awan, semakin abu-abu tampilan pantatnya.


Efek ini menjadi lebih nyata jika semakin besar tetesan air seperti tepat sebelum cukup besar untuk jatuh dari langit sebagai hujan atau salju karena mereka menjadi lebih efisien dalam menyerap cahaya, daripada menghamburkannya.

Nah, itulah penjelasannya kenapa awan sebelum hujan turun itu berwarna abu-abu atau gelap. Itu semua diakibatkan karena ketebalan awan saja yang berbeda dari yang biasanya. Dan cahaya yang melewati awan tersebut sedikit sehingga bagian bawahnya akan terlihat berwarna gelap. Sekian thread kali ini semoga bermanfaat dan menghibur agan semua.

Sumber referensi : Pribadi & Disini, Disini

Sumber gambar : Google Image

emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca

 


epuyfgh
yuki26
tien212700
tien212700 dan 46 lainnya memberi reputasi
43
8.1K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan