Kreativv.comAvatar border
TS
Kreativv.com
Tips Caption Engagement Instagram Efektif Tingkatkan Traffic


Visual memang jadi poin utama untuk menggaet viewers Instagram. Namun, jangan lupakan kolom caption yang akan menunjang visual postinganmu. Ibarat sebuah pameran, foto dan video yang kamu unggah adalah karya yang sedang dipamerkan. Sedangkan caption adalah bagian informasi karya yang akan menambahkan “konteks”. Oleh karena itu, lebih baik kamu pelajari ide-ide caption engagement Instagramuntuk meningkatkan traffic viewers. Yuk, simak!

Kenali Karakter Audience-mu

Kalau mau meningkatkan viewers dan followers, maka caption engagement Instagram kamu harus sesuai dengan target audience. Nggak mungkin kan, target audience-mu adalah anak-anak usia remaja, tapi bahasa yang kamu gunakan sangat formal layaknya bahasa dalam bisnis? Pastinya bakal bikin remaja ini bosan.

Sebaliknya pun begitu, misal target audience-mu adalah pebisnis dan kalangan profesional, maka kamu harus buat bahasanya formal dan sopan. Jangan malah menggunakan bahasa yang terlalu santai layaknya anak sekolah atau kuliah. Tipsnya, sesuaikan persona dan gaya bahasamu dengan cara pemahaman mereka. Ketahui rentang usia, pekerjaan, kegiatan sehari-hari, interest, cara mereka bermedsos dan hal-hal yang sedang jadi perhatian mereka. Kamu harus paham sifat dan pola pikir audience-mu supaya pesan dan pemasaran yang kamu gencarkan dalam caption dapat tersampaikan dengan baik.

Tentukan Karakter dan Gaya Bahasa Brand-mu



Selain menyesuaikan caption dengan pola pikir audience, kamu juga harus konsisten dengan karakter brand. Keselarasan ini perlu kamu terapkan dalam caption-mu supaya persona dan profesionalitas bisnismu tetap terjaga. Perlu diingat juga, Instagram merupakan tempat orang-orang berkomunikasi dengan santai dan informal. Jadi, apapun karakter dan gaya bahasa pilihanmu, buatlah caption engagement Instagram yang nggak bertele-tele, mudah dipahami, dan bila perlu bisa menghibur audience. Perhatikan pula tata bahasa dan pengetikan yang baik dan benar ya, GenK!

Perhatikan Panjangnya Caption

Pengguna medsos sering kali scroll timeline dengan cepat. Maka dari itu, kalau kamu belum tahu perkiraan seberapa panjang caption-mu, utamakan caption yang singkat. Jika ingin membuat caption detail seperti deskripsi produk, event, syarat giveaway, dan lain sebagainya, pastikan kamu hanya menyertakan informasi yang benar-benar relevan saja. Tampilkan setiap informasi penting tersebut dalam bentuk poin-poin singkat supaya mudah dibaca dan dipahami.

Letakkan Keywords dan Informasi Penting di Bagian Awal Caption



Caption engagement Instagram yang cukup panjang akan terpotong di tampilan feed pengguna. Kalau audience mau lihat caption seluruhnya, maka harus klik “More”. Pertanyaannya, bagaimana cara membuat audience sampai tertarik untuk klik “More”? Tentunya, kamu harus memanfaatkan 125 karakter pertamamu dengan baik.

Letakkan informasi paling penting dari keseluruhan konten caption di kalimat awal paling atas. Susunlah kata-katanya dengan menarik dalam 125 karakter supaya audience-mu tertarik untuk klik “More” dan membaca seluruh isinya. Jika postinganmu perlu hashtag atau mention akun lain, keduanya diletakkan di akhir caption, ya GenK, supaya informasi krusial lebih dulu dibaca dan dipahami oleh audience.

Gunakan Emoji
Emoji bisa membuat caption engagement Instagram makin menarik, Kamu dapat menunjukkan mood dan karakteristik brand-mu dengan menggunakan emoji ini. Namun ingat, jangan terlalu banyak, karena kalau berlebih malah menyulitkan audience memahami caption. Emoji juga bisa mewakili sebuah kata dan membuat caption-mu jadi lebih singkat dan fun untuk dibaca, lho.

Pakai Hashtag dengan Cermat



Kesalahan paling umum yang masih banyak dilakukan oleh pengguna Instagram demi meningkatkan traffic audience adalah memakai hashtag yang berlebih. Bisa sampai puluhan, padahal maksimal hashtag yang efektif hanya sampai dua puluh saja. Hashtag berlebih ini jatuhnya malah jadi spam, alih-alih bisa menjangkau lebih banyak audience. Sebagai tips, gunakan hashtag seperlunya dan pilih dari yang paling relevan dengan postingan. Jangan memaksa pakai hashtag yang lagi tren padahal nggak ada hubungannya sama kontenmu.

Akhiri Caption dengan Pertanyaan

Mengakhiri caption dengan pertanyaan disebut sebagai call-to-action (CTA) yang mengajak audience berinteraksi di postinganmu. Cara ini efektif untuk meningkatkan traffic dan engagement akun Instagram kamu. Jadikan postinganmu sebagai tempat diskusi audience dengan melemparkan pertanyaan sederhana di akhir caption. Nggak perlu pertanyaan sulit, bisa berupa permintaan opini atau tips dan rekomendasi audience. Sesimpel, “bagaimana menurutmu?” sudah jadi CTA yang menarik interaksi. 

Buat Games Seru



Pada caption engagement Instagram buatlah event berhadiah kecil-kecilan seperti, kupon diskon, voucher belanja, atau hadiah apapun yang relevan dengan bisnismu. Games ini bisa berupa kuis yang harus dijawab di kolom komentar, atau giveaway dengan syarat follow akunmu, meninggalkan komentar, tag teman, dan share di Instagram Story. Dengan cara ini, audience-mu jadi lebih aktif berinteraksi dengan postinganmu sekaligus menjadikan jangkauan akunmu semakin luas, GenK.
Di tengah pandemi COVID-19 ini, menjalani usaha online melalui akun media sosial menjadi salah satu alternatif mata pencaharian yang paling diminati. Semakin banyaknya peminat, semakin besar juga usaha yang perlu kita jalani untuk mampu bersaing dengan baik. Semoga tips membuat caption engagement Instagram ini bermanfaat untuk usaha online-mu, ya! Selamat mencoba, GenK!




0
308
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan