adnanamiAvatar border
TS
adnanami
Soshin Mentality, Teknik Merendah untuk Meroket! Sudahkah Agan Menerapkannya?
Soshin Mentality, Teknik Merendah untuk Meroket! Sudahkah Agan Menerapkannya?


Merendah untuk meroket bukan berarti merendah agar terlihat baik, bukan pula melakukan upaya licik terselubung untuk menaikkan prestasi. Memang sih banyak orang di luar sana yang ingin melejit lewat cara - cara tidak anggun seperti humblebragging (pamer hal baik namun punya maksud terselubung) dan fitnah memfitnah layaknya impostor (tokoh jahat dalam game). Tapi di dalam thread ini, ane akan bahas tentang cara merendah yang bisa meninggikan seseorang. Elegan banget kan?

Pernah dengar pepatah "Kosongkan gelasmu sebelum menuntut ilmu"? Kira - kira seperti itulah gambaran singkat yang tepat untuk mendeskripsikan soshin mentality.

Soshin berarti berpikiran layaknya pemula. Mental soshin berlatar belakang dari sikap ajaran Buddha yang mengajarkan bahwa manusia seharusnya bersikap tidak tau apa - apa, sehingga ketika dia menerima suatu ilmu, pikiran akan terbuka.

Lawan dari mental soshin adalah sok tau. Merasa paling pintar merupakan musuh dari soshin mentality. Ketika kita menyingkirkan semua pengetahuan kita dan bersikap selayaknya seorang pemula, tentunya kita akan lebih mudah menerima informasi baru ketimbang mereka yang merasa ahli.

Tak heran jika orang yang telah menerapkan soshin mentality dalam kesehariannya akan menjadi individu yang lebih cepat maju, dibandingkan dengan mereka yang merasa tau segalanya. Orang - orang sok pintar terbiasa menyanggah ketika diberi satu informasi yang tidak sesuai dengan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Menganggap cara dia menyelesaikan masalah adalah cara yang terbaik. Padahal ada kemungkinan, informasi yang diberikan oleh orang lain punya potensi kebenaran karena ilmu dan berita selalu berubah secara dinamis. Bahkan mungkin bisa menyumbang ide yang lebih baik untuk mengentaskan masalahnya.

Kelebihan orang - orang bermental soshin adalah memiliki lebih banyak pengetahuan untuk diaplikasikan sehingga kemungkinan dia untuk meroket semakin besar. Dia mau belajar hal - hal baru, bersedia menerima sudut pandang yang baru, bukan hanya ilmu yang sudah dia ketahui saja, tapi juga sudut pandang lain yang selama ini tidak terlintas di pikirannya. Merendahkan diri yang berdampak pada naik level lebih cepat dengan anggun tanpa sikut kanan kiri apalagi menginjak kepala teman dan saudara sendiri.

Mari terapkan sikap soshin mentality pada hidup gansist! Ane @adnanami pamit, jangan lupa follow akun ini untuk mendapatkan update thread inspiratif lainnya. Kalian juga bisa berkunjung ke halaman kaskus ane dengan klik gambar di bawah ini! Sampai jumpa kembali di lain kesempatan. Jangan sungkan untuk saling sapa di kolom komentar thread ini ya!



Referensi :
1. Mihwan.id
2.Buddhazine
3.soshin
Diubah oleh adnanami 17-12-2020 05:57
Junmai92
tien212700
aygilagility
aygilagility dan 50 lainnya memberi reputasi
51
6.9K
201
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan