Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alvariumIDAvatar border
TS
alvariumID
Tantangan Guru dalam Sistem Pembelajaran Jarak Jauh

Pada masa pandemi COVID-19 ini Seorang guru dituntut untuk terus dapat memberikan ilmu kepada murid didik nya. Karena belajar adalah suatu keharusan bagi masyarakat Indonesia agar para pelajar bisa menjadi penerus bangsa di kemudian hari. Untuk itu pasti seorang guru akan memiliki tantangan di kala seperti ini, sistem pembelajaran dan penilaian tentunya akan memiliki beberapa perubahan. Seorang guru harus dapat mengatasi tantangan tersebut dengan cara nya tersendiri. Berikut ini adalah tantangan-tantangan yang dialami oleh para guru saat pandemi COVID-19 berlangsung:

Pertamaadalah seorang guru harus dapat menpersiapkan pembelajaran yang terencana dan efektif dalam keterbatasan waktu ini. Seorang guru bisa mempersiapkan nya dengan cara membuat rencana untuk materi yang akan diberikan dan mengatur langkah-langkah pembelajaran secara detail.

Keduaadalah pembalajaran daring saat ini guru harus mampu memanfaatkan teknologi sebagai media untuk memberikan pembelajaran. Dengan memanfaatkan beberapa teknologi seperti presentasi zoom, penulisan via google classroom, dan post tes dengan quiz, atau bisa menggunakan tugas proyek dengan pemanfaatan google drive.

Ketigaadalah seorang guru harus mampu menggabungkan persepsi dan fokus anak-anak didik yang serba berjauhan. Guru bisa dengan membuat visi yang jelas dalam pembelajaran dan dapat menjalin ikatan emosional atau batin kepada siswa. Keempat, seorang guru dapat melakukan peran nya sebagai motivatir, fasilitator mediator dan komunikator.  Guru dapat memberikan apresiasi kepada siswa agar menjadi lebih termotivasi untuk terus semangat belajar. Apresiasi bisa diberikan dalam bentuk memberikan hadiah kepada siswa didik, mereka akan merasakan hal yang baru dan terus termotivasi apabila seorang guru memberikan apresiasi dengan cara memberikan hadiah kepada anak-anak yang terus semangat belajar atau anak-anak yang mencapai suatu tujuan yang sesuai dengan apa yang dikatakan oleh seorang guru.

Nah, itu dia tadi beberapa tantangan yang harus dihadapi seorang guru dimasa pandemi COVID-19 ini. Walaupun saat ini masih terus melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring, guru dan murid didik harus tetap semangat dan saling memotivasi satu sama lain. Salah satu caranya adalah dengan mengapresiasi murid yang berprestasi dengan memberikan hadiah. Bila para guru tidak ingin kesulitan mencari hadiah, para guru bisa mencarinya di Alvarium! Alvariummenyediakan banyak sekali peralatan sekolah yang cocok untuk dijadikan hadiah.

           

tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
192
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan