dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Jadi Orang Terkaya Cina, Taipan Air Kemasan Zhong Shanshan Geser Jack Ma
Jadi Orang Terkaya Cina, Taipan Air Kemasan Zhong Shanshan Geser Jack Ma
Reporter:
Bisnis.com
Editor:
Kodrat Setiawan
Kamis, 24 September 2020 11:46 WIB



Chairman Nongfu Spring, Zhong Shanshan. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta -Taipan bisnis air kemasan dan vaksin Zhong Shanshan menjadi orang terkaya di Cina. Dia mengambil alih posisi yang sebelumnya diduduki pendiri Alibaba Group, Jack Ma.
Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, chairman Nongfu Spring, Zhong Shanshan, memiliki kekayaan hingga US$ 58,7 miliar per hari Rabu, 23 September 2020, US$2 miliar lebih banyak dari Jack Ma yang berada di bawahnya.
Zhong sekarang menjadi orang terkaya kedua di Asia, di belakang Mukesh Ambani dari India, dan merupakan orang terkaya ke-17 di dunia, di depan Charles Koch dan Phil Knight.

Zhong sering mendapat julukan sebagai "Lone Wolf" karena dia menghindari politik dan kelompok bisnis. Kekayaan Zhong telah melonjak US$ 51,9 miliar pada 2020, lebih dari siapa pun di dunia kecuali Jeff Bezos pemilik Amazon.com Inc. dan pendiri Tesla Inc Elon Musk.

Keunggulan Zhong atas Jack Ma ini juga tak terlepas dari penurunan sejumlah saham teknologi. Kekayaan Jack Ma sendiri turun setelah saham Alibaba Group Holding anjlok. Selain itu, kekayaan Jeff Bezos dan Elon Musk juga mengalami turun tajam.
Penawaran umum perdana perusahaan air kemasan Nongfu Spring Co., yang ternyata menjadi yang paling populer di antara investor ritel Hong Kong, mendorong Zhong ke posisi tiga besar terkaya di Cina awal bulan ini.
Itu terjadi setelah produsen vaksin Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise Co. mencatatkan perdagangan saham pada April dan mendorong kekayaan bersihnya menjadi US$ 20 miliar pada awal Agustus.
Meskipun digeser Zhong sebagai orang terkaya di Cina, Jack Ma berpeluang mendapatkan kembali posisi teratas, yang dipegangnya hampir selama enam tahun terakhir. Peluang itu bisa didapatkan Jack Ma setelah IPO Ant Group di bursa AS bulan depan.
Dengan kepemilikan sahamnya di Ant Group, valuasi saham perseroan yang dimiliki Jack Ma diperkirakan meningkat menjadi US$ 28 miliar jika perusahaan mencapai target valuasi US$ 250 miliar setelah penawaran umum perdana.
Rabu menjadi hari yang brutal untuk saham teknologi AS. Penurunan kekayaan Musk adalah yang terbesar di antara 500 orang terkaya di dunia versi Bloomberg, diikuti oleh Bezos, yang kekayaan bersihnya turun US$7,1 miliar.
Kekayaan Elon Musk sekarang mencapai US$ 93,2 miliar, sedangkan Bezos US$178 miliar. Kekayaan Zhong meningkat hampir US$ 4 miliar Rabu, lebih dari siapa pun di indeks tersebut.

https://bisnis.tempo.co/read/1389660...a/full&view=ok
nomorelies
tien212700
tien212700 dan nomorelies memberi reputasi
2
583
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan