TehNinihAvatar border
TS
TehNinih
BUSHCRAFT (Kriyapurba)
Halo agan, bro & sis emoticon-I Love Indonesia (S)

Aku mau memperkenalkan bidang yang sebenernya gak baru lagi di kegiatan outdoor, tapi di Indonesia belum banyak yang mengetahuinya, namanya Bushcraft.

Bushcraft harafiahnya artinya "kerjaan/kerajinan semak belukar" emoticon-Cape d... emoticon-Ngakak
Apa terjemahan bhs Indonya ya? Ada yg tau ga? kalo saya terjemahkan sih Kriyapurba emoticon-Ngakak

Bushcraft pertama kali diperkenalkan oleh Le Hiddins (Bushtucker man) sekitar th 80an, terus Mors Kochanski, yang paling terkenal Ray Mears tentu saja.



Sebenarnya bushcraft itu pengetahuan survival dasar banget, yang cenderung purbakala, mengenai cara-cara bertahan hidup di alam. Dalam bushcraft kita mempelajari tehnik2 menyalakan api tanpa peralatan modern, teknik2 mencari air, mengumpulkan makanan (foraging), berburu, memancing tanpa alat pancing modern, tracking, membuat shelter tanpa tenda, mengetahui tanaman yg bs dimakan & utk obat, membuat peralatan makan dr benda2 yang ada, dlb.

Jadi kalo dibikin bagannya mungkin spt ini:



Antara pengetahuan mengenai Survival dan kegiatan alam bebas, ada persinggungan erat itulah daerah bahasan bushcraft ini. Sebenernya kebanyakan dari pencinta Alam sudah banyak yg mengetahuinya, cuman yang lebih mengkhususkan diri di hobby ini belum banyak di Indonesia.

Alat-alat bushcraft
Alat utama dan paling penting itu adalah pisau. Banyak banget pisau bushcraft yang bisa dipakai & umumnya mahal emoticon-Matabelo
kalo saya bilang gak perlu yang mahal, yang penting kuat (full tang & tebal) karena pisau banyak banget digunakan di hobby satu ini. Saran aku sih pakai stainless steel aja, krn iklim kita yg tropis & lembab lebih cocok baja yg tahan karat.



Alat berikutnya adalah pemantik api


Ini sih cuma onderdil yg gaya tp juga penting banget, walopun sebenernya gak begitu kepake. Kenapa gak kepake, ya karena di bushcraft salah satu yg dipelajarin cara2 menyalakan api tanpa alat modern emoticon-Bingung. Tapi untuk backup ya diperlukan juga, murah kok skitar 50rban. Yg lebih murah lagi korek gas.

Salah satu cara menyalakan api yg dipelajari dalam bushcraft:


pemantik api dari baja karbon & batu tajam (flint)


itu saja peralatan bushcraft yg diperlukan walopun sebenernya peralatan itu juga yang dipelajari cara membuatnya. Pisau juga hanya untuk backup saja, krn bushcraft juga mempelajari cara membuat pisau tanpa peralatan modern



Karena berhubungan dengan survival orang2 sering menambahkan alat2 tertentu yang berhubungan dengan kemudahan saja. Sebenarnya alat ini gak diperlukan karena bushcraft mempelajari cara membuat alat2 ini dan bertahan hidup apabila tidak memilikinya:





Jadi intinya adalah bushcraft mempelajari cara2 bertahan hidup dari dasar, tradisional dan cenderung purbakala. Bushcraft mengajak kita untuk KREATIF, berimprovivasi jika keadaan menempatkan kita pada situasi bertahan hidup dialam bebas tidak memiliki peralatan apapun selain baju dan apa yg ada di saku kita.

Semboyan yg paling terkenal dalam bushcraft adalah "Knowledge weights Nothing". Pengetahuan tidak akan memberatkan kita.

Terima kasih bro sis atas perhatiannya emoticon-I Love Indonesia (S)
penyamun
path3tic
wednesdayaddams
wednesdayaddams dan 7 lainnya memberi reputasi
8
39K
186
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan