Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaskus.podcastAvatar border
TS
kaskus.podcast
Bahasa Jawa dan Studi ke Belanda


Indonesia dengan 742 bahasa,menempati posisi kedua dunia sebagai negara yang paling beragam bahasanya. Salah satunya adalah Bahasa Jawa. Berbicara tentang Bahasa Jawa, pulau dengan jumlah penduduk padat ini memiliki sekitar 20 jenis Bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Jika di negeri sendiri Bahasa Jawa kurang peminat bahkan dinyinyirin oleh masyarakat Indonesia sendiri, asal GanSis tau kalo di Dubai bahasa jawa itu dipakai sebagai pengumuman Informasi penerbangan di bandaranya lho. 




Ironi rasanya jika kita sebagai warga bangsa Indonesia tapi memberi respon negative terhadap kekayaan sendiri. Dimana seharusnya perkembangan globalisasi tidak lantas membuat kita lebih cinta dengan bahasa asing dan mengikis nilai budaya bahasa sendiri. 



Buat GanSis yang sedang menempuh pendidikan kuliah di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Jangan pernah ngerasa sastra jawa itu tidak memiliki masa depan yang jelas. Bahasa Jawa adalah Bahasa yang penuh dengan nilai-nilai budaya Indonesia, bahasa yang terkandung rasa hormat karena bahasa jawa memiliki tingkatan dimana dari yang kasar sampai yang paling sopan. 




Sebagai buktinya adalah di salah satu univeristas di Belanda, tersimpan manuskrip-manuskrip Jawa kuno yang masih terawat rapi. Di samping itu, berbagai naskah sastra Jawa kontemporer pun dapat ditemukan di sana. Tentunya tak sekadar disimpan, tapi berbagai naskah itu juga dipelajari, didiskusikan, dan diapresiasi oleh para mahasiswanya yang jumlahnya mencapai ribuan lho. Seringkali Indonesia melakukan pertukaran pelajar dengan Belanda. Senapsaran kalo bahasa Jawa itu mendunia? Langsung aja cekidot Podcast Disaat Macet hanya di Kaskus Podcast! 


podcast-episode

emoticon-Wagelasehemoticon-Wagelasehemoticon-Wagelaseh


.


nomorelies
Shyesun.pucha
kecombranggg
kecombranggg dan 16 lainnya memberi reputasi
17
3.9K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan