fany1453Avatar border
TS
fany1453
Hei! Kenapa Liga Amerika Gak Setenar Liga Eropa, ya?


Hei! Kenapa Liga Amerika Gak Setenar Liga Eropa, ya?


Logo MLS

Ane dari kecil sangat gak asing sama persepakbolaan meski cewek. Secara kakak dua-duanya cowok penggila bola. Sepupu juga sama aja. Cowok semuanya baik dari jalur mamah atau bapak. Dan kalau lagi ngumpul, yang diomongin: BOLA.

Pas masa-masa SD, sekitar tahun 99-an, kakak ane kalau ketemu sepupu, pastiiiii main bola. Selain main di lapangan, mereka juga bikin permainan bola sendiri. Ane masih inget tuh barang-barang yang dipakai saat itu. Tutup minuman soda yang tiap bagian atasnya ditempelin kertas yang udah diwarnain tim bola favorit mereka. Sama bolanya dari kertas yang digulung-gulung kecil banget. Nah,cara mainnya ane lupa. Diapain ya tu tutup bktol biar persis nendang bola? emoticon-Bingung

Selain main bola mulu, mereka kalau ke pasar, pulangnya pastiiii aja beli poster pemain bola. Saat itu ane yang cewek jadi hapal betul beberapa cowok pemain bola yang cakep. Mulai dari Inzaghi, Michael Owen, sama Ansriy Shevchenko. Eh bener gak ya nulisnya? Nah, itu pokoknya.

Nah, tapi dari dulu ane suka mikir. Itu kenapa yang dikenal itu dari liga-liga Eropa. Gak pernah sekali pun mereka obrolin apalagi sampai nempel poster club sepakbola dari Amerika.

Akhirnya, ane nyari dah. Dan ternyata ....

Jadi gini, Gan. Eh, ane gak ngasih tahu sih. Kali aja di sini banyak yang duluan udah tahu. emoticon-Ngakak
Ane cuma ngingetin ya. Barangkali lupa.

Nah ternyata, sepakbola itu emang awalnya dari Inggris. Dan si Inggris ini, biar punya teman main, alhasil diajarkanlah main bola ke negeri-negeri yang mereka jajah saat itu.

Kita tahu, AS adalah salah satu negara adidaya dari saat itu juga. Gak mungkin jad salah satu negeri yang dijajah Inggris. Dan, yang namanya adidaya, gengsilah ya ngikuti apa yang tenar di negara saingannya. Akhirnya football bagi Amerika ya yang itu. Yang bawa bola dipeluk-peluk gitu. Rugby ya nama lainnya? Itulah ya. emoticon-Ngakak


American Football

Mulailah pada tahun 1994, AS mulai terbuka dengan sepakbola. Hal itu karena AS menjadi tuan rumah world cup 1994.


Worldcup USA 94

Mungkin karena saat itu sepakbola menjadi perekat antar negara di dunia, maka AS juga merasa perlu ambil bagian darinya sebagai penggambar kedigdayaan mereka. Akhirnya, tahun 1993 AS sengaja membentuk MLS (Major League Soccer) sebagai prasyarat dipilihnya AS sebagai tuan rumah World Cup 94.

Adapun 10 klub sepakbola yang pernah memenangi MLS cup selama kurun waktu 20 tahun setelah terbentuknya MLS adalah:

1. LA Galaxy
2. DC United
3. Sporting Kansas City
4. San Jose Earthquakes
5. Houston Dynamo
6. Chicago Fire
7. Seattles Sounders
8. Columbus Crew
9. Colorado Rapids
10. Portland Timbers

Nah, gimana? Dari kesepuluh klub sepakbola di atas mana yang paling Agan kenal? Ane sih batu tahu malah pas maunbuat thread ini emoticon-Ngakak

Tapi satu pelajaran yang ane ambil dari sini adalah sport juga pasti akan dipengaruhi konstelasi perpolitikan dunia. Jadi gak ada yang gak bisa lepas dari politik ternyata.

Referensi: Opini pribadi, mncplay, goal.com
Gambar: Google
Diubah oleh fany1453 15-07-2020 04:10
Isda555
n.h3
tien212700
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3.1K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan