marsali14Avatar border
TS
marsali14
Kopi Membantu Berpikir Kreatif, Benarkah?
Hampir setiap orang di dunia senang minum kopi, baik itu artis, dokter, dan blogger, hingga Presiden semuanya suka minum kopi. Rata-rata setiap orang didunia minum segelas kopi setiap harinya, ada juga yang lebih. Banyak pecinta kopi yang mengungkapkan bahwa minuman berkafein ini sangat bisa membantu mereka untuk berpikir lebih kreatif. Apakah, benar demikian?

Spoiler for Kopi:




Sebelum kearah sana marilah kita mengenal terlebih dahulu mengenai Kafein ini supaya bisa lebih jelas

Apa Itu Kafein


Kafein,adalah senyawa alkaloid xantina. Bentuk asli kafein ini berupa bubuk kristal berwarna putih yang terasa sangat pahit. Zat ini bekerja untuk merangsang otak dan system saraf manusia dan membantu agar tetap berkonsentrasi dan mencegah timbulnya rasa lelah. Zat ini bisa kita ditemukan di tanaman teh, coklat dan kopi.


Manfaat Kafein Bagi Tubuh

Mengkonsumsi kafein terbukti bisa menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer dan Parkinson. Penelitian lain juga menemukan bahwa mengkonsumsi kafein dapat memperlambat proses penurunan fungsi otak yang diakibatkan oleh usia lanjut. Kafein juga dapat menekan nafsu makan sehingga bisa mencegah dan menurunkan berat badan. Dan kafein juga bisa menghambat hormon yang membantu relaksasi karena kafein bisa memicu tubuh mengeluarkan hormon adrenalin.

Apakah Kafein Bisa Membantu Berpikir Kreatif?

Ada sebuah studi mengenai minuman berkafein ini yang dilakukan di Universitas Arkansas, Amerika Serikat. Penelitian yang melibatkan 80 objek penelitian ini, beberapa di antaranya diberi plasebo, dan yang lain diberi 200 mg kafein. Plasebo adalah sebuah pengobatan yang tidak berdampak atau penanganan palsu yang bertujuan untuk mengontrol efek dari pengharapan. Para peneliti ingin melihat dampak kafein terhadap dua jenis pemikiran, yakni divergen dan konvergen. (sumber [url=https://draft.SENSOR 6562255273597377285/9093497459098035923#][color=#4285f4]Slashgear.com[/color][/url])


Perlu anda ketahui yang dimaksud pemikiran konvergen adalah pola pikir manusia terkait menyelesaikan pekerjaan, produktivitas, dan memecahkan masalah. Sementara pemikiran divergen adalah sesuatu yang dianggap kreatif, yakni munculnya respons atau solusi baru dan mengambil keputusan setelah proses berpikir. 


Para peneliti dari universitas Arkansas ini akhirnya menemukan bahwa objek penelitian yang diberi 200 mg kafein tidak menunjukkan dorongan apa pun dalam pemikiran yang berbeda. Artinya, kafein tidak bisa meningkatkan kreativitas. Namun, kafein ini memang bisa meningkatkan pemikiran konvergen. Kemudian ditemukan juga meningkatnya kualitas suasana hati dari para objek penelitian.

Dari penelitian yang sudah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kafein kemungkinan tidak membantu tingkat kreativitas para pekerja kreatif. Namun, kafein memang bisa menciptakan energi dan membuat orang yang meminumnya bisa terus terjaga.


Mengkonsumsi kafein tidak dikaitkan dengan peningkatan kerja memori yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan, walaupun kafein mungkin baik untuk meningkatkan produktivitas, tetapi kafein mungkin tidak membantu siapa pun meningkatkan kreativitas mereka dalam menghasilkan ide-ide baru. Namun, jika ingin fokus untuk menyelesaikan masalah, kafein bisa bermanfaat bagi orang-orang kreatif yang perlu fokus pada pekerjaan mereka.


Jadi bagi anda para pecinta kopi, meminum kopi memang sangat bermanfaat untuk menunjang pekerjaan anda. Tapi harus diingat juga bahwa terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkafein ini juga bisa berbahaya karena kafein yang berlebihan dapat membuat pembuluh arteri mengkerut yang berakibat tekanan darah meningkat. Tekanan darah yang tinggi ini bisa menyebabkan sakit kepala, mual, penglihatan buram, detak jantung tidak teratur, dan sulit bernapas. Jadi konsumsilah kopi sewajarnya saja. 


Dengan izin, artikel diambil dari migugumi.com
Diubah oleh marsali14 20-08-2023 16:14
femmy789
murtaya67
sibiru1t
sibiru1t dan 11 lainnya memberi reputasi
12
822
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan