Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

TaraAnggaraAvatar border
TS
TaraAnggara
[COC reg. Kepulauan Riau] Liburan di Kepri? Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh Berikut Ini
Sumber gambar

Indonesia, selain dikenal akan kekayaan sumber alamnya juga dikenal karena beragam kulinernya yang menggugah selera. Mulai dari makanan pedas, gurih, manis, berkuah, maupun kering semua ada. Tidak sedikit kuliner negara kita dikenal sampai ke mancanegara, bahkan banyak dari mereka menjadikan beberapa makanan khas Indonesia sebagai oleh-oleh wajib saat berlibur di Bumi Pertiwi.

Berbicara tentang oleh-oleh, Kepulauan Riau memiliki oleh-oleh yang wajib kalian beli saat berkunjung ke provinsi satu ini. Yah, siapa tahu aja bertepatan dengan libur sekolah dan diberlakukannya new normal, ada yang mau berlibur ke Kepulauan Riau.

Kira-kira apa saja ya, Oleh-oleh yang layak kalian bawa pulang saat berada di Kepulauan Riau?

1. Bilis Gulung




Bentuk dari Bilis Gulung mirip dengan molen. Hanya saja bentuknya lebih kecil, dan teksturnya lebih garing dengan isian ikan bilis. Makanan ini cocok kalian jadikan oleh-oleh untuk keluarga atau tetangga karena tahan lama. Pembuatannya yang masih menggunakan cara tradisional, membuat Bilis Gulung mempunyai cita rasa yang khas.

2. Tepung Gomak

Sumber gambar

Tepung Gomak adalah sejenis makanan yang berasal dari daerah Melayu. Bahan utama kue ini adalah tepung ketan dengan isian kelapa parut yang dimasak bersama gula merah dan gula pasir--kalau orang Jawa menyebutnya enten-enten. Bagian luar Tepung Gomak dibaluri dengan kacang hijau yang telah dihaluskan. Sekilas mirip kue Mochi ya, Gansist?

Kalau dulu Tepung Gomak biasa disajikan saat Idul Fitri atau hari besar, kini Tepung Gomak dapat dengan mudah kalian jumpai di toko oleh-oleh yang ada di Kepulauan Riau. Tepung Gomak biasa dihidangkan sebagai teman minum teh.

3. Kerupuk Gonggong

Sumber gambar

Gonggong adalah sejenis siput yang hidup di perairan Kepulauan Riau. Selain diolah menjadi menu seafood, ternyata Gonggong juga diolah menjadi kerupuk. Rasanya gurih dan unik, membuat kerupuk Gonggong dinikmati banyak orang dari semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orangtua.

Kerupuk Gonggong layak kalian jadikan buah tangan untuk keluarga tercinta karena selain tahan lama, kerupuk ini juga tidak bisa kalian jumpai dengan mudah di daerah lain. Harga kerupuk Gonggong per bungkusnya mencapai 15 ribu rupiah. Selain sebagai camilan, kerupuk Gonggong juga cocok dijadikan teman makan nasi.


4. Batang Buruk



Meskipun namanya Batang Buruk, baik rasa maupun bentuk dari kue ini jauh dari kata buruk. Perpaduan rasa manis dari susu dan gula ditambah kacang hijau benar-benar lumer di mulut. Kue Batang Buruk memang memiliki tekstur yang mudah hancur, jadi jika Gansist menjadikannya sebagai oleh-oleh harus berhati-hati saat membawanya.


Sumber gambar 1 dan 4


Sumber



Cilacap, 04 Juli 2020
Ditulis oleh: Tara Anggara





syafetri
indrag057
jokoariyanto
jokoariyanto dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.5K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan