Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gustiarnyAvatar border
TS
gustiarny
[COC Reg.Kepulauan Riau] Lagu Daerah Riau Bertaraf Internasional
Lagu daerah




Salah satu budaya bangsa Indonesia adalah lagu daerah. Lagu daerah adalah lagu atau musik yang berasal dari daerah tertentu dan populer di masyarakat. Setiap provinsi di Indonesia memiliki lagu daerah masing-masing. Sebagai warga negara yang baik, saya bangga akan Indonesia yang kaya dengan budaya, adat-istiadat, suku bangsa dan sebagainya.

Kelestarian budaya bangsa harus dijaga karena merupakan kekayaan bangsa yang tidak dimiliki oleh negara lain.
Salah satu cara melestarikan budaya tersebut adalah dengan mengetahui lagu daerah yang ada di Indonesia minimal hafal dengan lagu daerah asalnya.

Dalam rangka ikut memeriahkan COC Reg. Kepulauan Riau, penulis ingin memaparkan sebuah lagu daerah yang pernah hits sebagai lagu anak di tahun 90an.
Mau tahu judul lagu nya gansist?

Masa kecil merupakan masa yang indah, masa dimana anak-anak bermain lompat tali, berlari-larian, bermain petak umpet, bermain petok lele, bermain congklak dan bernyanyi bak seorang penyanyi di panggung. Kalau gansist waktu kecil suka bermain apa?

Bila libur sekolah tiba, anak-anak sangat senang, termasuk saya karena bisa bermain keluar rumah pada malam hari.
Kala itu ada satu yang paling menarik hati ane yaitu bernyanyi diatas panggung dimana setiap anak wajib bernyanyi sesuai nama yang dipanggil oleh juri.
Lagu yang sering dinyanyikan waktu itu adalah lagu Soleram. Hampir setiap anak hafal lirik lagu tersebut. Seperti ini liriknya :


SOLERAM

Soleram soleram
Soleram anak yang manis
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merahlah pipinya

Satu dua tiga dan empat
Lima enam tujuh delapan
Kalau Tuan dapat kawan baru sayang
Kawan lama dilupakan jangan
Kalau Tuan dapat kawan baru sayang
Kawan lama dilupakan jangan


Lagu Soleram merupakan lagu nusantara yang berasal dari daerah Riau. Lagu ini penciptanya NN dan vocalnya NN, berbirama 4/4 Do=C.

Bermain sambil bernyanyi itu sangat menyenangkan sekali karena bisa membuat hati menjadi happy. Menjelang HUT Kemerdekaan RI, anak-anak jaman old berlatih tari diiringi lagu Soleram. Kami latihan nyanyi dan tari dengan serius karena akan tampil di panggung tujuhbelasan kala itu.
Kira- kira seperti inilah performa kami:

link 2


Untuk Agan dan Sista ketahui, ternyata lagu Soleram membawa nama Indonesia berkibar di tanah Spanyol pada tahun 2014 yang lalu. Sungguh prestasi yang sangat membanggakan bagi kita bangsa Indonesia dan patut dicontoh oleh generasi penerus bangsa.
link 3

Bila ditinjau dari kemajuan jaman, lagu anak-anak saat ini banyak yang anak-anak jaman now yang tidak mengetahuinya. Anak jaman now lebih suka dengar lagu dewasa mungkin karena lagu tersebutlah yang kerap didengar oleh anak tersebut. Hal ini sangat disayangkan ya gansist.

Gimana gansist, apa dirumah nya hanya pasang lagu dewasa saja atau lagu-lagu anak-anak bagi yang memiliki anak?
Ataukah lagu daerah masing-masing?

Demikian thread saya kali ini, kiranya anak-anak jaman now bisa ikut melestarikan lagu daerah. Mari diskusi santai tentang lagu daerah.
Terima kasih sudah mampir di thread saya.


Sumber : opri
delia.adel
erina79purba
jokoariyanto
jokoariyanto dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan