Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
[Coc Reg. Kepulauan Riau] Sejarah Bahasa Melayu Di Riau




sumber gambar



Bahasa melayu menjadi induk bahasa di nusantara, tapi apakah gan sist tahu bahwa pusat kebudayaan dari peradaban bahasa melayu ada di kepulauan Riau?

Sebelum kita membahas lebih lanjut, kita nikmati sejenak musik tradisional dari Riau sambil membaca diiringi lagu pasti hatikan merasa syahdu.



Bahasa melayu menjadi salah satu bahasa penting di asia tenggara termasuk Indonesia, mengapa sangat penting dan apa yang membuat Riau tak lepas dari peradaban melayu?

Hampir disemua wilayah Indonesia bagian barat bahasa melayu menjadi pokok utama bahasa negara, bahkan Malaysia, Singapura, Brunei dan Indonesia berbahasa melayu untuk bahasa utama negaranya. Itu yang menjadikan bahasa melayu menjadi bahasa persatuan di asia tenggara, bahasa melayu cukup penting bagi negara-negara di ASEAN.

Bahasa melayu berpusat pada kerajaan Riau-Lingga yang dipimpin oleh seorang Raja bernama Ali Haji di Pulau Penyengat. Kemudiam dari Pulau Penyengat itulah bahasa melayu pun banyak dipakai oleh Kerajaan Siak, Kerajaan Pekan Tua, Kerajaan Pelalawan, Kerjaan Indragiri, Kerajaan Kandis, Kerajaan Rokan, Kerajaan Kampar, Gunung Sahilan, Kuntu Darussalam, dan lain-lain. Hingga alhirnya menjadi bahasa yang dipakai banyak negara saat ini.



sumber gambar

Bahasa melayu Riau ini pengucapannya hampir sama dengan Bahasa Indonesia, namun logat melayu Riau sama dengan yang digunakan oleh Bahasa Malaysia.

Setidaknya bila kita travelling ke Kepualauan Riau, tidak akan terlalu sulit dalam penggunaan bahasa. Bahasa yang digunakan sangat familiar di telinga, dan pendatang pun terutama dari Indonesia atau negara sahabat tidak terlalu pusing untuk berceloteh.

Dibandingkan harus ke daerah lain yang bahasanya terkadang agak susah untuk dimengerti, ini salah satu point plus bagi perkembangan provinsi Riau agar terus memberikan yang terbaik bagi daerahnya. Terutama tempat-tempat destinasi wisata yang sangat menggoda, seperti candi muara takus, air terjun lubuk bigau, danau raja, Istana Siak Sri Indrapura, pulau jemur, atau selancar di sungai kampar. Dan banyak tempat lainnya yang bisa kamu kunjungi, tapi jangan takut bila terkendala dengan bahasa.

Ini yang membedakan Riau dengan daerah lainnya. Bagaimana ada keinginan untuk mengunjungi Riau gan sis! Saya c4punk see u next thread.






emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik,klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





GIF

Kunjungi blog grup kompak di kaskus, klik banner dibawah ini.











hangjebot
MeongRacun
delia.adel
delia.adel dan 8 lainnya memberi reputasi
7
688
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan