widokoAvatar border
TS
widoko
Sudah Tahu? Penggunaan Masker Ternyata Berbahaya Untuk Anak Pada Usia Ini
Virus Corona saat ini belum juga berhenti. Dilansir Worldometers.info, diakses 5 Juni 2020, total kasus di dunia saat ini mencapai 6.679.851. Dari jumlah itu 391.633 diantaranya berakhir dengan kematian.


Anak Bermasker (Sumber: zonasultra.com)


Di Indonesia sendiri pertambahan kasus baru juga masih besar. Menurut situs yang sama, perkembangan terbaru di tanah air masih ada penambahan kasus baru sebanyak 585 kasus. Dengan penambahan kasus sebanyak itu total kasus di Indonesia saat ini sebanyak 28.818 kasus. Dari jumlah tersebut 1.721 diantaranya berakhir dengan kematian.


Anjuran Bermasker (Sumber: promkes.kemkes.go.id)


Dengan penambahan kasus yang terbilang ratusan per hari tersebut pemerintah sudah mewacanakan new normal atau kehidupan normal baru di beberapa daerah dan instansi. Dengan perkembangan Corona yang masih belum bisa dikatakan aman seratus persen, maka ada beberapa protokol yang harus dilakukan masyarakat saat beraktifitas dalam keadaan normal baru ini.



Cara Memakai Masker (Sumber: mediakendari.com)


Protokol yang harus tetap dilaksanakan masyarakat itu diantaranya adalah agar tetap menjaga physical distancing dan tetap menggunakan masker. Di samping juga harus selalu menjaga kebersihan dan cuci tangan.

Memang penggunaan masker adalah salah satu langkah penting untuk melindungi kita dari infeksi virus dari luar, yang oleh banyak sumber disebutkan akan masuk ke tubuh lewat hidung, mulut dan mata. Tetapi meski demikian ternyata tidak semua orang pada segala umur dianjurkan memakainya. Ada anak - anak pada umur tertentu yang ternyata malah dianjurkan untuk tidak memakainya.

Hal itu disampaikan oleh Konsultan pediatri ZAP Clinic, dr. Citra Amelinda. Dilansir Tempo.co, 4 Juni 2020, dr. Citra menyampaikan bahwa pemakaian masker tidak disarankan untuk anak - anak usia 2 tahun ke bawah. Alasannya pemakian masker menurutnya berbahaya bagi pernafasan anak pada usia itu.

Lebih lanjut dr. Tirta menyampaikan bahwa bentuk saluran pernafasan pada anak - anak berbeda dengan orang dewasa. Sehingga ia menganjurkan tidak usah memakai masker pada anak - anak usia 2 tahun ke bawah.

Lalu bagaimana untuk mengamankan anak - anak usia 2 tahun dari infeksi Corona atau tertular dari orang lain?

Menurut dr. Citra solusinya adalah dengan mengajarkan cuci tangan. Juga tidak menyentuh bagian hidung, mulut dan mata. Selain itu juga diusahakan tidak ke luar rumah kecuali dalam keadaan yang sangat penting.

Anak-anak adalah generasi penerus. Mari kita jaga semaksimal mungkin untuk tetap sehat, pintar dan ceria demi masa depan bangsa dan negara....I]






Referensi:

1. https://gaya.tempo.co/read/1349828/b...h-virus-corona

2. Worldometers.info, diakses 5 Juni 2020
Diubah oleh widoko 04-06-2020 23:25
noekoe19
amdar07
tien212700
tien212700 dan 40 lainnya memberi reputasi
39
7K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan