Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hasanahchia12Avatar border
TS
hasanahchia12
SOSIAL MEDIA ADALAH WADAH KEPALSUAN

Akun sosmed ini bukanlah diri kita yang sebenarnya. Ini hanyalah sebagian dari ruang kehidupan kita yang direkayasa sedemikian rupa agar terlihat menarik dan lebih baik. Sebagian kehidupan yang di posting untuk dipublikasi hanyalah sebatas kata EKSIS. Kemudian hanya akan memposting apa yang ingin orang lain lihat dari kita,dan kita tidak akan memposting apa yang kita sembunyikan dari diri kita. Ya begitulah sosial media,wadah paling ampuh untuk menyembunyikan sikap dan keadaan seseorang. Sebagian yang diposting hanyalah sesuatu hal yang ingin orang lain lihat,sisanya yang tidak di posting hanya akan menjadi sebuah rahasia diri. Sosial media hanyalah wadah untuk menunjukkan hal yang menarik pada diri,sisanya hal yang yang tidak menarik dan hal yang buruk akan disembunyikan rapat-rapat. Sama seperti menyembunyikan aib pada diri,tidak ingin ada orang lain yang tahu. Semampunya kita semua akan menampilkan hal yang terbaik pada diri kita. Segala kelebihan yang ada,segala kemewahan,segala cerita kebahagiaan itulah yang akan kita tampilkan kepada mereka  yang kerap menjadi penonton story kita. Namun ada pula yang menampilkan kesedihanya hanya untuk menarik simpati banyak orang,dan itu adalah hal yang biasa kita lihat. Jika ku katakan sosial media adalah wadah kepalsuan,ya memang benar,karna tidak semua yang di posting adalah hal ke aslian pada diri,karna sebagian lagi direkayasa agar terlihat menarik untuk dilihat oleh banyak orang.



Bisa saja saat ini kita sedang liburan,namun hati dan fikiran kita tidak tertuju kepada liburan kita,namun lebih tertuju kepada bahan apakah yang akan di posting di sosial media. Kita asyik berlibur namun dengan gadget dan sosial media yang selalu kita pantau sehingga jarang menikmati hasil dari liburannya tapi lebih fokus kepada postingan liburannya. Bisa saja saat kita sedang berkumpul bersama keluarga atau teman duduk dalam satu ruangan dimeja yang sama,namun kita asyik dengan gadget dan sosial media masing-masing. Berbagi postingan di sosial media tentang liburan atau tentang kebersamaan bersama keluarga atau bersama teman namun pada kehidupan nyata kita tidak menikmati hal itu. Karna diri kita terlalu sibuk dengan gadget dan sosial media yang ada. Demi EKSIS di sosial media kita bisa saja melalaikan suatu moment liburan untuk menikmati liburan kita yang sebenarnya lebih asyik dibandingkan terlalu sibuk dengan dunia maya. Demi EKSIS di sosial media kita bisa saja kehilangan moment penting kehangatan dan kebahagiaan saat berkumpung dengan keluarga atau pun dengan teman kita. Karna kita terlalu sibuk dengan sosial media masing-masing sehingga kita melalaikan suasana penting dan orang-orang penting di sekeliling kita.

Adapula yang selalu memposting tentang harta benda dan kehidupan mewahnya. Padahal didalam kehidupan nyata semuanya berbalik. Di sosial media bergaya bak selebritis atau orang super tajir,padahal didalam kehidupan nyata hidupnya susah dan dipenuhi banyak hutang. Bahkan barang-barang baru yang selalu jadi bahan untuk postingannya bisa saja dari hasil pinjaman barang orang lain.

Ada pula yang selalu memposting tentang ke agamaan padahal dirinya didunia nyata tidak se alim dan tidak serohani postingannya di sosial media. Bahkan kasus yang sering terjadi adalah ketika foto-foto yang bertebaran di sosial media terlihat tampan atau cantik padahal didalam kehidupan nyata berbeda jauh dari aslinya. Tipu menipu foto di sosial media sudah sering terjadi. Ada yang memakai foto orang lain atau memakai efek kamera dan aplikasi edit foto yang bisa menyulap foto yang tadinya biasa saja menjadi terlihat luar biasa dan lebih menarik.

Bahkan akun fake juga banyak bertebaran,membuat postingan ujaran Kebencian,fitnah,hoax,adu domba yang menghasilkan para pengguna sosial media saling menghujat dan memaki di kolom komentar. Dan ini adalah hal yang sering terjadi di era penggunaan sosial media.

Oleh karna itu gunakanlah sosial media dengan cermat,memakainya perlu,EKSIS pun mungkin juga diperlukan,mengetahui informasi juga bisa di dapatkan melalui sosial media. Tapi jangan sampai terlalu berlebihan dalam memakainya sehingga kehidupan kita lebih banyak tertuju kepada hal yang semu didunia maya dari pada menikmati kehidupan kita di dunia nyata. Dan jangan sembarangan menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya dan janganlah menipu para netizen dengan foto palsu yang bertujuan untuk menipu orang lain.







Diubah oleh hasanahchia12 07-04-2020 09:58
nanas9705
ardi654
shoopstoree02
shoopstoree02 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
2.5K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan