salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Pakai ini, Supir Bus dan Truk Bisa Kerja dari Rumah

      

Sebuah perusahaan asal Swedia bernama Voysys sedang menguji sistem operasi remote control untuk mengoperasikan truk atau bus dari jarak jauh. Pengembangan ini dilakukan agar para pengemudi truk dan bus lebih terjaga istirahatnya. Mereka pun tidak perlu lagi melintasi kota dan provinsi untuk mengantarkan barang, dengan kata lain pengemudi truk dan bus bisa ikut Work From Home (WFH) dalam melewati pandemi virus corona.

FYI, Voysys merupakan perusahaan telekomunikasi digital yang bekerja sama dengan Volvo untuk mengembangkan teknologi ini.


Cara pengunaannya, pengemudi berada di sebuah ruangan dengan layar video atau perangkat VR untuk melihat. Di sana tersedia remote control yang dapat mengirimkan perintah manuver atau fungsi lain dari truk. Pengemudi mendapatkan jarak pandang seluas 180 derajat.

Teknologi ini meningkatkan keselamatan pengemudi dengan memindahkan tempat kerjanya dari tempat berbahaya ke tempat aman. Tidak hanya untuk mengemudi, alat ini juga dapat diaplikasikan pada kendaraan berat lainnya.

Perangkat ini menggunakan sinyal 4G dan 5G untuk menghubungkan operator dengan kendaraan. Voysys menawarkan waktu latensi 75 milidetik melalui 4G dan 40 milidetik di jaringan 5G.

Latensi ini merupakan waktu yang dibutuhkan dalam pengiriman dan penerimaan data. Voysys mengklaim bahwa teknologinya mampu menghindari kemacetan data sehingga tidak ada keterlambatan pengolahan informasi jarak jauh antara kendaraan dengan operator.

Seperti diketahui kelelahan merupakan salah satu faktor utama penyebab kecelakaan truk atau bus di jalan. Menggunakan alat ini operator bus dapat langsung memantau pengemudinya di tempat yang sama sehingga dapat menghindari risiko kecelakaan akibat kelelahan.



mamaproduktif
nona212
tien212700
tien212700 dan 31 lainnya memberi reputasi
32
2.8K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan