toyoda22Avatar border
TS
toyoda22
Mengenal Spearfishing atau Menombak ikan di lautan





Spearfishing atau nembak ikan atau juga nombak ikan ini merupakan satu kegiatan tradisional yang dilakukan nelayan tempo dulu lo.  Pada jaman dulu orang melakukannya dengan menggunakan bahan alam seperti bambu atau kayu yang diruncingkan untuk mendapatkan ikan di laut ataupun di sungai atau dengan penggunaan bahan logam yang ujungnya ditempa runcing. 
Aktifivits spearfishing tempo dulu ini tergolong cukup unik.  Para pelakunya biasanya hanya menombak ikan dari permukaan air.  Tujuan utamanya adalah mendapatkan ikan yang waktu dulu masih berlimpah, untuk konsumsi para nelayan dan keluarganya atau sebagai bahan barter demi mendapat bahan lain kebutuhan sehari-hari.
Aktivitas ini berlangsung cukup lama, hingga  terganti dengan ditemukan peralatan tangkap yang lebih praktis dan modern seperti jala atau pukat.


Kini kegiatan spearfishing yang peralatan telah mengalami modernisasi yang mana tidak terbuat lagi dari bahan alam, melainkan dari stick logam yang runcing dan berkait pada ujungnya telah menggejala di hampir semua negara di dunia telah mulai dipopulerkan.  Bentuknya pun bervariasi, dari model seperti crossbow, shotgun atau pun seperti ketapel.
Stick logam yang merupakan “peluru” dan “pelontar”nya dikenal dengan sebutan Spear Gun.  Stick ini akan dikait dengan “sling” dari “rubber” padat dan disangkutkan pada tuas yang terhubung pemicunya.
Contohnya sperti ni :



Memang siapa sih yang biasanya melakukan spearfishing?
Semuanya bisa!!!…Tapi pada umumnya, penyuka spearfishing ini adalah para penyuka kegiatan selam bebas, istilahnya free diving.  Sedangkan lainnya adalah diver yang menggabungkan unsur fun dive dengan aktivitas berburu ikan di daerah terumbu karang.








pakolihakbar
aldysadi
tien212700
tien212700 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
2.5K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan