thomijasirAvatar border
TS
thomijasir
Matahari "Made In China", Eksperimen Tiongkok Berhasil Dibuat
Jika kita pernah melihat orang menciptakan matahari buatan, itu pasti berasal dari film Spiderman. Ekspresimen matahari buatan dr. Octopus atau dr. Ock itu gagal dan membuatnya jadi jahat. 

Eits, tapi kali ini Tiongkok berhasil membuat matahari buatan pertama di dunia. Dalam menciptakan matahari ini, Tiongkok bekerja sama dengan AS, Uni-Eropa, Rusia, Jepang, India, dan Korea Selatan. Ditambah, ini bukan fiksi seperti di film Spiderman. 


Begini bentuk matahari artifisial buatan manusia. Lebih mirip apa? Sumber: wikimedia commons

Proyek yang dinamakan "Man-Made Sun" yang direncanakan sejak 13 tahun lalu ini sudah selesai sejak 2019. Matahari "Made in China" memiliki suhu yang jauh lebih panas dibanding matahari tata surya kita.

Tim Peneliti dari Institut Fisika Hefei China mengatakan reaktor Experimental Advance Superconducting Tokamak (EAST) itu meniru cara kerja matahari alami.
Jika inti matahari alami hanya mencapai 27 juta derajat selsius, maka suhu reaktor EAST 7 kali lebih panas dari matahari alami. Duh, bisa dibayangin? Itu artinya, matahari buatan ini mencapai suhu 100 juta derajat selsius.


Ini bentuk Matahari alami Tata Surya

Tiongkok menggunakan penyangga magnet superkonduktor seberat 20 ton yang dirakit di Prancis. Mereka membuat matahari tersebut tetap aman untuk menahannya dari berbagai bencana.

Material matahari buatan ini pun mampu menyerap energi tinggi dan melindungi komponen di luar lapisan pertama pada reaktor. Reaktor ini memiliki tinggi 11 meter dengan diameter 8 meter. Beratnya mencapai 360 ton. 
Hmmm, lama-lama Tiongkok bisa buat Bumi buatan nih. Gimana menurut agan sista?

Baca Cerita Ane Yang Lainya:


Sumber:
Experiment Membuat Matahari Buatan - Bicara indonesia 


Diubah oleh thomijasir 03-05-2020 15:39
nunu403
onik
nona212
nona212 dan 222 lainnya memberi reputasi
217
15.6K
415
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan