fitrijunitaAvatar border
TS
fitrijunita
Belajar Menulis Yuk! Udah Bisa Semua Kan?

Sumber : Google diedit via Cymera

Menulis adalah suatu keahlian yang tidak bisa dimiliki oleh semua orang. Tapi bukan berarti semua orang tak bisa mempelajari bagaimana cara menulis yang baik dan benar. 

Quote:

Beberapa waktu terakhir ini, kegiatan tulis menulis makin naik daun ya. Terlihat di berbagai media sosial, tak sedikit orang-orang yang berada di friendlist kita, yang awalnya nggak pernah post karya tulisan (bukan status yang bersifat curhat atau status gaje ya). Kini jadi rajin ngepost karya-karyanya yang berupa tulisan. Ada tulisan fiksi atau non fiksi.

Juga terlihat semakin banyak grup dan komunitas literasi bahkan kelas menulis, baik yang berbayar atau pun yang bersifat sosial alias free atau gratis. Apalagi beberapa hari sebelum ramadhan menyapa, banyak penerbit yang mengadakan event menulis atau  program menulis bareng dengan tema yang sesuai dengan saat ini, yaitu seperti, mudik, lebaran, puasa para perantau, bersama melawan corona dll.

Buat yang baru saja menekuni dunia literasi, pasti sedikit banyak akan mengalami yang namanya ‘demam panggung’ atau jadi bersikap ‘maju mundur cantik’ dan tak sedikit penyebabnya adalah, karena nggak pernah ngalamin kejadian yang sesuai dengan tema, malu atau nggak pede.

Sebenarnya, nggak perlu ngalamin menjadi sosok dalam tulisan kita sendiri untuk bisa menuliskan tema yang ada. Maksudnya, kita nggak perlu menjadi perantau dulu jika ingin bisa menulis tentang bagaimana sih para perantau menjalani hari-hari puasanya saat berada jauh di kampung halaman. Tapi kita bisa menulis dari pengalaman orang terdekat atau mencoba membayangkan menjadi sosok tersebut. Intinya, tingkatkan dan liarkan daya imajinasi kita.

Lantas gimana memulainya? Berikut sedikit tips dari pengalaman TS ya,

1. Beri Feel Pada Setiap Tulisan



Tulisan yang klik adalah tulisan yang bisa menghantarkan feel, aura kepada pembacanya. Gimana caranya? Tak lain dan tak bukan adalah dengan fokusdan teruslah menulis.

Quote:

2. Diksi yang Indah


Apa itu diksi? Menurut KBBI diksi adalah pilihan kata yang tepat dan selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu (seperti yang diharapkan). klik

Lantas, bagaimana caranya supaya kita bisa memiliki diksi yang baik dan tepat? Caranya bisa karena banyak hal, bisa dari banyak membaca, sering menonton atau bisa juga karena sering berinteraksi/bersosialisasi dengan banyak orang. Intinya semakin sering kita menerima asupan kata maka semakin bagus diksi yang bisa kita rangkai.

3. Alur Cerita yang Runut

{thread_title}

Sumber klik

Seperti apa alur cerita yang runut itu? yaitu alur cerita yang tanpa cela. Istilah mudahnya adalah cerita yang masuk akal dalam logika banyak orang. Tapi nggak semua genre aturan ini berlaku ya. Ada beberapa genre seperti genre fantasy, alur yang tak masuk akal atau bahkan cacat logika sekalipun, terkadang masih bisa diterima dalam dunia literasi.

Sebuah tulisan jika kita tulis dengan fokus, diksinya tepat dan alur ceritanya runut. Itu udah bagus banget dan akan lebih terlihat keren dan indah dipandang jika diiringi dengan kaidah penulisan yang baik dan benar. Seperti tanda baca, penempatan huruf kapital dll

Udah capek belum bacanya? Kalau udah, berarti kita sama, TS juga udah mulai capek nulis ini hahaha, semoga tips di atas tadi bermanfaat dan kalau ada yang punya tips keren lainnya, boleh banget ya kita diskusi dengan bijak di kolom komentar.

Tetap semangat menulis dan menulislah kebaikan, agar kelak tulisan-tulisan kita bisa menjadi wasilah amal baik yang kembali ke diri kita sendiri. 



Minangkabau, 25April2020
Sumber : Opini Pribadi



ffaaddiill17
infinitesoul
tuliptulipje
tuliptulipje dan 28 lainnya memberi reputasi
29
774
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan