husnamutiaAvatar border
TS
husnamutia
Hindari Makanan Ini Saat Berpuasa! Nomer Tiga Indonesia Banget


Tips Memilih Menu Sehat untuk Sahur

Puasa tinggal menghitung hari, ya gan sis. Di tengah pandemi corona ini tentu kita harus lebih menjaga imunitas tubuh kita saat berpuasa. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan tetap memperhatikan asupan gizi seimbang.

Makan Sahur hukumnya sunah ya gan, sis. Jadi jangan sampai ditinggalkan. Di samping itu saat makan sahur berarti kita tengah menyimpan cadangan energi untuk nanti siang. Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat puasa menjadi tidak berat. Tentu saja harus dibarengi dengan niat yang kuat.

Agar puasa lancar tidak terganggu karena kondisi perut dan tubuh yang tidak nyaman gara-gara salah makan, mari intip dulu makan-makanan yang perlu dihindari saat makan sahur.Jenis-jenis makanan itu antara lain:

1. Makanan Bersantan



Santan masuk dalam kategori makanan yang sulit untuk dicerna, hal ini menyebabkan asam lambung naik. Akibatnya yang sudah mempunyai penyakit Mag akan kambuh dan yang belum bisa jadi terkena.

2. Makanan Pedas



Sebenarnya makanan pedas bukanlah penyebab asam lambung naik, hanya saja cabai mengandung zat kimia Capsaicin. Zat ini memicu syaraf pada lambung untuk mengirim sinyal ke otak bahwa terjadi iritasi dalam lambung. Sehingga tubuh merespon untuk melindungi lambung. Respon itu bisa berupa, perih, mual seperti saat Mag kambuh.

3. Makan Gorengan



Gorengan sangat akrab dengan kita, tetapi sebenarnya gorengan tidak baik dikonsumsi karena mengundang kolesterol. Selain itu untuk mencerna gorengan diperlukan waktu dan energi yang besar, sehingga membuat kita cepat lemas dan haus saat puasa.

4. Makanan terlalu manis



Makanan manis adalah makanan yang banyak mengandung kalori dan rendah nutrisi. Selain itu dapat membuat gula darah naik. Makanan terlalu manis juga bisa membuat kita cepat merasa haus.

5. Makanan Instan



Makanan instan banyak mengandung zat pewarna dan pengawet. Selain itu makanan siap saji ini hanya bersifat sementara dalam menghilangkan rasa lapar. Sebab banyak mengandung karbohidrat sederhana sehingga mudah dicerna. Karbohidrat ini juga membuat kadar gula meningkat sehingga tubuh menjadi lebih cepat gemuk.

Itu tadi kriteria makanan yang perlu dihindari. Nah, terus kita makan apa donk? Jangan khawatir karena masih banyak jenis makanan yang baik dikonsumsi, yang memenuhi asupan gizi seimbang saat berpuasa.

1. Karbohidrat Komplek



Karbohidrat adalah sumber energi karena itu kita harus mengkonsumsinya. Akan tetapi kenapa harus karbohidrat kompleks? Tentu saja agar perut kenyang lebih lama dan tidak cepat lapar nantinya.

Makanan yang masuk kategori karbohidrat komplek di antaranya Beras Merah, roti gandum, oatmeal dan sereal. Jadi sekali-sekali mengganti nasi putih dengan nasi merah, tak mengapa yang gan, sis.

2. Perhatikan Asupan Protein



Protein akan memberikan energi secara konstan, sehingga cadangan energi terpenuhi.

Makanan yang banyak mengandung Protein ini seperti, Daging, ayam, telur dan juga kacang-kacangan.

Perhatikan juga cara mengolahnya ya gan, sis. Sayang sekali rasanya jika makan sehat itu justru menjadi tidak sehat karena mengolahnya yang kurang tepat. Jangan sampai daging ini justru dibuat gulai atau dimasak santan ya. Waduh! Menu sehatnya jadi gagal deh.

3. Banyak Mengkonsumsi Sayur dan Buah



Tentu saja sayur dan buah ini pilih yang banyak mengandung serat ya. Sebab serat ini bersifat mengenyangkan dan mudah dicerna. Misalnya kurma, pepaya, apel, buah beri, avokado, sayur sop, brokoli, mentimun, dan bayam.

4. Minuman Saat Sahur



Selain yang telah disebutkan di atas, minuman juga penting diperhatikan. Minuman yang baik saat sabar adalah Teh manis hangat, Susu hangat, Jus buah. Perlu digaris bawahi saat menambahkan gula tidak boleh terlalu banyak, sebab terlalu manis itu tidak sehat.

Nah itu tadi ulasan ane semoga bermanfaat dan semoga kita semua dipertemukan lagi dengan bulan puasa tahun depan.

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa rate, dan cendolnya. Silahkan share sekiranya artikel ini bermanfaat.

Ditulis oleh @husnamutiadari sumber referensiklik klik

Gambar: klik klik, klik, klik, klik, klik, klik, klik, klik, klik
Diubah oleh husnamutia 22-04-2020 23:59
nona212
bintangtsurayya
tien212700
tien212700 dan 284 lainnya memberi reputasi
285
11.5K
309
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan