si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Tragedi Transfer Philippe Coutinho,Liverpool Dapat Untung Dan Barcelona Yang Buntung
Pasar transfer pemain Eropa dibuat heboh dua musim lalu,setelah kepindahan Neymar ke PSG dengan harga 222 juta euro menjadikannya pemain termahal didunia.Belum lama setelahnya,publik sepakbola kembali dikejutkan oleh transfer pemain Brazil lainnya dengan harga yang wah.Philippe Coutinho nama pemain tersebut emoticon-Big Grin




Sumber



Sudah sejak lama Coutinho menjadi buruan Barcelona,momen kepergian Neymar menjadi langkah yang tepat untuk mendekati sang pemain.Apalagi Barcelona mendapat kucuran dana segar dari transfer Neymar,Coutinho pun tak kuasa menahan godaan dari klub terbesar di dunia.


Musim panas 2017 Barcelona mendekati Coutinho dan menawarkan proposal penawaran,namun Juergen Klopp tak begeming.Dan ingin mempertahankan pemain kuncinya,karena saat itu Liverpool sedang minim pemain kreatif.


Karena penolakan itu,Barcelona akhirnya mengincar winger Dortmund Ousmane Dembele.Dan menebusnya dengan harga 147 juta euro,menjadikannya pemain termahal ke dua dunia waktu itu gan.
Namun Barcelona tak menyerah mendapatkan Coutinho,meskipun sudah punya Dembele,mereka mendekati Coutinho lagi di Januari 2018.


Walaupun Klopp sudah berusaha sekuat tenaga meyakinkan pemainnya untuk tidak pindah,tapi usahanya sia-sia.Dia hanya bertahan setengah musim,tepat pada pertengahan musim dingin 2018.Ia nekat pergi ke Barcelona,sebagai salah satu pemain termahal kala itu setelah Neymar,mengalahkan transfer Dembele sebelumnya.
Coutinho meninggalkan Liverpool setelah malakoni,201 pertandingan disemua ajang dengan mencetak 54 gol dan 46 assist.




Sumber


Waktu itu Barcelona merogoh kocek sekitar 160 juta euro setara 2,58 triliun gan emoticon-Hammer (S)
Drama transfer ini menyisakan utang sebesar 40 juta euro kepada Liverpool,karena Barca waktu itu baru membayar 120 juta euro saja.Pembayarannya akan dilakukan secara bertahap (nyicil) emoticon-Big Grin


Berikut pernyataan Coutinho saat pindah gan.

Quote:



Rincian pelunasan transfernya sebagai berikut gan 5 juta euro akan dibayar setiap 25 laga yang diikuti Coutinho.Pembayaran ini bakal berlangsung hingga laga ke-100 atau empat kali pembayaran.Sementara 5 juta euro lainnya akan disetorkan bila Barcelona melaju ke Liga Champions dalam dua musim pertama.Dan 5 juta euro lainnya diberikan jika Barcelona juara.(cukup ribet juga ya gan bayarnya emoticon-Hammer (S)).




Tidak Bermain Diposisi Asli


FYI Coutinho waktu itu tidak langsung main ketika datang,karena dia sedang cedera pinggul.Dan harus absen selama 3 minggu gan.Perjalanan karir pemain Brazil di Spanyol bisa dibilang kurang mulus gan.Saat dia diplot bermain diposisi yang bukan seharusnya,dia begitu kesulitan.




Sumber


Dimusim pertama dia tidak kesulitan saat bermain di Barcelona,tapi petaka datang setelahnya saat Iniesta pergi,Coutinho yang sebenarnya diproyeksikan untuk menggantikan Iniesta oleh Valvrede.Tapi dia sendiri malah sering diplot sebagai winger,dimana sebenarnya dia tidak punya stamina yang bagus diposisi itu.Menyebabkan dia kehilangan arah dan sulit bermain bagus emoticon-Bingung (S)


Posisi terbaik Coutinho sebenarnya adalah di belakang penyerang,diberikan kebebasan bermain di sepertiga akhir pertahanan lawan.Tapi dia tidak mendapatkan kebebasan seperti itu di Barcelona,hanya Lionel Messi yang mendapatkan hal tersebut emoticon-Bingung (S)




Menyesal Tinggalkan Liverpool ?


Bagi Coutinho Liverpool adalah klub yang berjasa pada karirnya,saat dia kesulitan di Inter Milan.Tahun 2013 The Reds yang menyelamatkan karirnya,dimana waktu itu Liverpool masih dinahkodai Brandon Rodgers.Perlahan dia mulai menemukan permainan terbaiknya.


Dia menjadi sosok kunci di Liverpool dan semakin bersinar,setelah Juergen Klopp datang.Sempat membawa The Reds ke final Liga Europa,tapi sayang mereka dikalahkan Sevilla waktu itu.




Sumber


Karena belum juga mengangkat trofi Coutino
pun memutuskan pindah,alasan utama kepergiannya waktu itu.Tapi kepindahannya mungkin akan menjadi penyesalan seumur hidup.Setelah ia pergi The Reds sukses menuju final Liga Champion dua kali berurut-turut,final pertama mereka gagal.Tapi difinal ke dua melawan Tottenham Hotspur,mereka berhasil menjadi juara.


Kepergian Coutinho memberi dampak positif buat The Reds,berkat transfer Coutinho ke Barcelona,Liverpool mampu membeli pemain penting seperti Alisson Becker dan Virgil Van Dijk emoticon-Big Grin
Sukses merajai Eropa,dan kini sedang merintis kembali masa jayanya.Bisa dibilang mereka diuntungkan atas transfer ini.




Sumber


Sementara Barcelona bisa dibilang buntung,karena dimusim ke dua Coutino tidak bisa berbuat banyak.Dengan harga yang ditebus mahal waktu itu.Dan akhirnya malah dipinjamkan ke Bayern Muenchen,dengan opsi pembelian permanen diakhir musim.


Satistik Coutino di Barcelona bisa dibilang tidak begitu mentereng gan,dimana enam bulan pertamanya dia mencetak 10 gol dan 5 assist.Sementara musim penuhnya di Barcelona dia mencetak 11 gol dan 5 assist disemua pertandingan.




Sumber


Harga Coutinho saat ini diperkirakan 80 juta euro gan,sempat juga dikaitkan dengan beberapa klub besar lain.Seperti MU,Chelsea bahkan Liverpool mantan klubnya.Tapi kemungkinan menuju Liverpool sangat kecil,dikabarkan The Reds sedang memburu pemain lain dari Bundesliga Jerman.


Di Jerman perlahan Coutino mulai menemukan penampilan terbaiknya,mengemas 7 gol dan 8 assist dari 28 penampilan.Tapi manajemen Bayern Munich sendiri,masih mempertimbangkannya.Karena dia masih terlihat kesulitan dibeberapa pertandingan,walaupun menjadi pemain inti dipertandingan Liga Champions.





Quote:




Sumber: Pemikiran dan opini pribadi
Referensi:
1,2,3,4
Ilustrasi gambar: google image
onik
nona212
tien212700
tien212700 dan 223 lainnya memberi reputasi
224
6.5K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan