anna1812Avatar border
TS
anna1812
Menebar Kebaikan Tak Melulu Soal Materi, Siapa Sosok yang Menginspirasi Itu?


Berbagi kebaikan bisa dilakukan oleh siapa saja, pun tak terbatas waktu. Yang paling penting dalam melakukan perbuatan ini adalah keikhlasan. Tanpa didasari rasa itu, mungkin akan sia-sia apa yang telah dilakukan. Apa lagi jika hanya mengharap pujian dari orang lain. Jangan, ya, GanSis.

Nah, dalam rangka ikut memeriahkan event kaskus dengan tema'kebaikan kecil berdampak besar', ane akan sedikit bercerita tentang pengalaman ane mengenal sosok yang menurut ane sangat menginspirasi, khususnya bagi diri ane.

Beliau adalah salah satu teman literasi di dunia maya. Pertama kali terhubung dengan wanita ini, ketika ane membuat suatu grup yang beranggotakan orang-orang berbahasa daerah. Beliau sendiri bukan asli dari grup spesifik yang ane buat. Namun, karena pengalaman hidup yang membuatnya harus berkelana dan pernah menetap di daerah ane.

Hari terus berjalan, hingga pada suatu hari beliau bercerita tentang masa kecil sampai menikah. Dari kisah yang beliau ungkapkan, bisa ane ambil kesimpulan bahwa dirinya adalah sosok yang tegar, sabar, dan ikhlas menjalani takdir Illahi, sepahit apa pun itu.

Kebesaran jiwa yang dimilikinya, membuat teman-teman ane yang lain ikut meniru. Juga kebaikan-kebaikan beliau membagi ilmu tanpa pamrih, penuh kesabaran, lembut tutur bahasa dan ketelatenan pula dalam menjabarkan. Tidak ada kesan jumawa sama sekali yang melekat dalam dirinya.


di mari

Beliau telah menghasilkan banyak karya di dunia literasi. Beberapa novel solonya pun dibagi-bagi kepada kami, teman-teman satu grupnya yang berjumlah lebih dari 30 orang, secara gratis. Beliau bilang semoga dari karyanya itu, bisa membawa manfaat. Belum lagi kepada orang lain yang tidak beliau ungkap. Ane terharu sekaligus takjub, GanSis. Baru kali ini ane menemui teman maya yang begitu nyata kebaikannya.

Pernah dalam satu grup ada yang mengeluh tidak mempunyai pulsa, beliau pun langsung mengirim. Juga pribadi beliau yang kalem, selalu menenangkan suasana grup yang kadang 'panas' oleh berita-berita heboh literasi. Tak jarang pula beliau menguatkan teman-teman yang memiliki masalah berat.


di mari

Sebetulnya masih banyak lagi kebaikan-kebaikan yang beliau berikan, GanSis. Bisa lebih dari 20.000 karakter jika ane jabarkan semua. Namun, ane rasa cukup itu saja yang ane tulis.

Banyak hal yang bisa ane ambil sebagai bahan pembelajaran bagi ane pribadi selama berteman baik dengan beliau. Salah satunya adalah menebarkan kebaikan kepada orang lain, tidak harus menunggu jadi orang baik. Apa pun yang bisa kita berikan walau itu hanya satu kata, maka sampaikanlah. Dan memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada orang lain, tak selalu harus berupa materi atau kekayaan. Justru yang paling melekat dalam ingatan adalah berupa kebaikan moril dan spiritual yang berdampak besar pada kepribadian orang lain. Satu hal lagi, kita tidak perlu sombong/takabur atas apa yang telah diraih. Sebab segala yang dicapai semata atas izin Allah. Jika DIA berkehendak mengambil, maka kita sebagai manusia bisa apa?

Oke, GanSis, kiranya hanya itu yang bisa ane tulis kali ini. Semoga saja ada manfaat yang bisa diambil dan jangan lupa, tetap semangat menebar kebaikan pada orang lain! Bagi GanSis yang sudah mampir, ane persilakan untuk berbagi pengalaman di kolom komen. Terima kasih dan selamat malam.

Spoiler for cendol 1:


Spoiler for cendol 2:


Spoiler for cendol 3:


Spoiler for cendol 4:


Spoiler for cendol 5:


Spoiler for cendol 6:


Spoiler for cendol 7:


Spoiler for cendol 8:


Spoiler for cendol 9:


Spoiler for cendol 10:


Penulis : @anna1812
Referensi : opini pribadi


❤❤❤
emoticon-Siap Ganemoticon-Siap Ganemoticon-Siap Gan


petakilanBee
adityajaya95
bestakesiangan.
bestakesiangan. dan 214 lainnya memberi reputasi
211
3.2K
172
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan