iminimin7719Avatar border
TS
iminimin7719
Rosalia Lambardo, Gadis Kecil yang Dijadikan Mumi oleh Ayahnya Sendiri

Cinta kasih orang tua kepada anaknya sepanjang jalan. Orang tua yang menyayangi anaknya pasti tidak ingin terpisah dengan anaknya, apalagi berpisah untuk selama-lamanya. Begitu pula seorang ayah bernama Mario, ia memutuskan untuk mengawetkan jenazah anaknya sendiri.

Apakah Gan Sist pernah mendengar cerita tentang Mumi Cantik Rosalia Lambardo?



Rosalia Lambardo adalah mumi seorang gadis kecil yang cantik, ia tinggal di Italia. Mayatnya diawetkan atas perintah ayahnya sendiri.

Usut punya usut, ternyata menjelang ajalnya, Rosalia ini menderita sakit keras. Rosalia meninggal karena penyakit Pneumonia (penyakit pernafasan) saat ia berusia 2 tahun. Ia meninggal pada tahun 1920 silam.

Ayahnya sangat terpukul atas kematian putrinya. Ia tak rela jika harus menerima kenyataan bahwa putrinya sudah meninggalkannya untuk selamanya. Ayah Rosalia yang bernama Mario memutuskan untuk mengawetkan jenazah putrinya. Mario meminta bantuan Alfredo Salafia yang merupakan pengawet jenazah yang ahli pada masa itu.

Alfredo melakukan pengawetan dengan cara yang sedikit ekstrim. Ia mengeluarkan semua organ dalam (jeroan) Rosalia supaya rongga tubuhnya tetap kering. Alfredo juga menyuntikkan garam seng, alkohol, gliserin, dan asam salisilat ke jasad Rosalia.

Rosalia kemudian disemayamkan dalam peti dengan tutup kaca di atasnya. Mumi Rosalia ini terlihat sangat awet sampai sekarang, ia terlihat persis seperti anak gadis yang sedang tertidur lelap.



Rosalia adalah mumi yang tampak luarnya paling utuh dan paling cantik yang ditemukan sepanjang sejarah arkeologi.

Karena kecantikannya tersebut, mumi Rosalia ini sering dijuluki “Sleeping Beauty”. Berbeda dengan Sleeping Beauty dalam cerita Disney yang akan terbangun saat mendapatkan ciuman pertama, The Sleeping Beauty Rosalia tidak akan terbangun meski dicium oleh pangeran kodok sekalipun.

Menurut kata orang yang pernah melihat mumi Rosalia secara langsung, konon mata Rosalia yang sebenarnya sedikit tertutup ini terlihat seperti berkedip saat dilihat dari jarak dekat. Apalagi saat disorot dengan senter, mata Rosalia yang biru terlihat seperti menatap tajam.



Semasa hidupnya sepertinya Rosalia ini berasal dari keluarga terpandang. Karena pada jaman dahulu, orang-orang yang dimumifikasi biasanya hanyalah orang-orang terkenal, tokoh masyarakat yang berjasa, ataupun para bangsawan.

Jika agan-agan di sini tertarik pengen ketemu langsung sama mumi cantik ini, silahkan datang ke Capuchin Catacombs of Palermo di Italia. Mungkin bisa jadi pilihan wisata setelah masa corona berakhir.

Sumber
darmawati040
nunu403
onik
onik dan 159 lainnya memberi reputasi
160
15.2K
166
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan