Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

delvyathorecoAvatar border
TS
delvyathoreco
6 Pekerjaan Yang Babak Belur Karena Kebijakan WFH (Work From Home) & Stay At Home
Hi Gan,

Gak kerasa udah 2 minggu lebih kebijakan WFH & Stay At Home digaungkan oleh pemerintah dan selama itu pula lah kita terus berada di rumah, bekerja dari rumah, bersekolah dari rumah, dan beribadah dari rumah. Dengan waktu selama itu, pernah ga sih kalian mikir pekerjaan-pekerjaan apa saja ya kira-kira yang kena dampak kebijakan tersebut? Ane udah coba bikinin nih list nya buat agan & aganwati sekalian 

1. Pemilik warung sekitaran area kantor

Spoiler for Pemilik Warung:

Seperti kita ketahui kalo di sekitar wilayah perkantoran pasti banyak banget berjajar warung-warung makan. Warung-warung makan tersebut sangat menggantungkan pendapatan dari banyaknya orang kantoran yang makan di warungnya. Setelah terjadinya wabah virus corona, kantor-kantor ditutup dan memberlakukan sistem kerja dari rumah (Work From Home). Akibat nya sekarang tidak ada lagi orang-orang kantor yang makan di warung-warung tersebut dan menyebabkan omset mereka turun drastis.


2. Pemilik Catering

Spoiler for Catering:



Catering biasanya dipakai saat kita melakukan hajatan, pesta pernikahan, acara pemerintah, dsb. Catering akan mendapat keuntungan di saat terdapat suatu acara yang melibatkan banyak orang. Karena semakin banyak orang yang diundang/hadir akan semakin banyak makanan yang dipesan.

Namun, akibat pembatasan social (social distancing), semua kegiatan yang melibatkan orang banyak harus disetop untuk mengurangi potensi tertular virus Corona. Akibatnya tidak boleh ada acara pernikahan atau acara pemerintah lagi di saat kondisi seperti ini. Pemilik Catering pun akhirnya rugi banyak karena ada acara pernikahan yang dibatalkan dan tidak mendapat orderan sama sekali.

3. Pengamen

Spoiler for Pengamen:



Kalau agan sering berwisata ke tempat ramai seperti Kota Tua di Jakarta atau Malioboro di Jogja, pasti agan akan sering menemui pengamen. Hadirnya mereka terkadang menambah asik suasana saat kita berwisata. Semakin banyak orang yang datang ke tempat wisata, potensi pendapatan yang bisa didapat pengamen pun akan semakin besar. Namun disaat kondisi virus corona yang mengancam jiwa, orang-orang akan menjauhi tempat wisata/keramaian dan akan lebih memilih di rumah aja. Tentunya hal ini akan membuat para pengamen kehilangan pendapatan mereka.

4. Tukang Parkir

Spoiler for Tukang Parkir:



Tukang parkir menurut ane adalah pekerjaan paling enak di Indonesia karena kerjaan ini sebenernya ga perlu skill yang gimana-gimana tapi cukup menghasilkan. Semakin banyak motor atau mobil yang diparkir, maka akan semakin banyak pula pundi-pundi yang didapet. Bayangin aja gan, untuk 1 motor kalo di daerah ane tarif parkirnya adalah Rp 2 ribu, kalo misal dalam sehari ada 100 motor yang parkir, dia udah dapet Rp 200 ribu dalem sehari belom kalo ada mobil. Tapi akibat kebijakan stay at home & work from home ini mengakibatkan kunjungan ke tempat ramai seperti mall & kantor berkurang drastis apalagi untuk okupansi parkiran kendaraan bermotor. Omset para tukang parkir ini pastinya menurun juga ya gan.

5. Porter Barang

Spoiler for Porter:



Kalo kalian pernah ke stasiun, pasti kalian pernah ketemu ama yang namanya porter. Porter ini kerjanya mulia banget gan, dia biasanya ngebantuin mbak-mbak atau ibu-ibu yang ga kuat bawa barang-barang mereka masuk/keluar  kereta. Biasanya mereka dapet upah dari setiap penumpang yang mereka bantu. Nah sekarang gara-gara virus corona ini, pihak stasiun Kereta Api Indonesia ngebatalin sejumlah kereta rute jarak jauh dan ngebatasin jumlah penumpang. Akibatnya stasiun jadi sepi dan porter-porter ini pun kehilangan pendapatannya gan.

6. Tukang Es Krim Turki

Spoiler for Tukang Es Krim Turki:



Agan pernah liat Tukang Es Krim Turki? 
Itu lo tukang es krim yang suka bikin pembelinya kesel dengan cara ngerjain pembelinya pake gerakan-gerakan nipu. Es krim Turki ini pendapatannya dari banyak orang yang berkunjung dan beli es krim nya. Tapi gara-gara Corona ini, pasti sedikit banget pembeli yang bisa beli. Dan es krim Turki ini juga bukan makanan yang bisa kita pesen lewat G* Food dan Gr*b Food karena esensi dari pesan es krim Turki itu ga afdol kalo ga liat atraksi dari si Tukang Es krim nya. Berkurang nya pembeli ini juga pasti bikin mereka kekurangan omset.

Nah gan..itu tadi adalah daftar pekerjaan-pekerjaan yang babak belur karena kebijakan WFH & Stay At Home, kebanyakan sih emang pekerjaan yang sifatnya informal yaa.. Kadang ane kesian juga ngeliatin mereka yang pada kekurangan omset dan bahkan kehilangan pekerjaanemoticon-Sorry, tapi ya demi kemaslahatan umat manusia, kita harus ngikutin kebijakan dari pemerintah untuk Work From Home & Stay At Home. 

Kalo agan punya daftar pekerjaan lain yang babak belur karena dampak Corona ini bisa tulis di kolom komen ya Gan emoticon-Shakehand2.
anasabila
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 3 lainnya memberi reputasi
4
737
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan