Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ayanahandayaniAvatar border
TS
ayanahandayani
Ada Apa? Dengan Hari Jum'at (Menurut Islam)


Ada apa dengan hari jumat -jumat menurut sebagian orang adalah hari ke 6 dalam 7 hari biasa saja menurut orang-orang awam.

Tapi Ada apa dengan hari jumat menurut pandangan islam, Hari jumat adalah hari agung bagi umat muslim di hari jumat juga pria islam melaksanakan shalat jumat.

Nama jumat di ambil dari bahasa Arab Yaitu jumu'ah yang berarti Berkumpul atau ber ramai-ramai , diambil dari tata cara ibadah umat muslim pada hari jumat yaitu shalat jumat.

Rasulullah pernah berkata
 " Sebaik-baiknya hari Akan terbit yaitu hari jumat " (HR.Muslim)

Lalu Ada apa dengan hari jumat dan kejadian istimewa di hari jumat, mari kita simak kejadian atau peristiwa pada hari jumat.

1. Diciptakannya Nabi Adam As

Nabi Adam adalah manusia pertama yang di ciptakan Allah SWT dari tanah liat dan penghuni surga sebelum di turun kan ke bumi untuk menjadi khalifah atau pemimpin.

Di beri akal dan pikiran untuk menjadi pemimpin di bumi dan untuk beribadah kepada Allah SWT.

Al Qur'an dalam surat Al-baqarah yang berbunyi "ingatlah ketika Tuhan mu berfirman kepada malaikat 'sesungguhnya Aku hendaklah menjadikan seorang khalifah di bumi' mereka berkata 'mengapa engkau Hendak menjadi khalifah Di bumi padahal akan menyebabkan kerusakan dan pertumpahan darah , padahal kami senantiasa bertasbih dan memujamu dan mensucikan mu, Allah berfirman "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak engkau ketahui".

Kemudian hadis dari Salma ra, Rosulullah berkata " Di namakan jumat karena hari itu di kumpulkan penciptaan Adam as"

2. Di keluarkan nya Nabi Adam as dari surga

Nabi Adam as di keluarkan dari surga pada hari jumat setelah memakan buah huldi yang di larangan Allah SWT karena bujukan dari syaitan .


Di sebutkan dalam al-quran surat Al-baqarah ayat 36 yang berbunyi " Lalu keduanya di gelincirkan oleh syaitan dari surga itu, dan di keluarkan dalam keadaan semula dan kami berfirman " Turunlah kamu! Sebagian dari kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi dan kesenangan yang telah di tentukan waktunya ".

3. Tercipta nya seluruh alam, bumi dan langit

Allah SWT menciptakan seluruh alam dan bumi langit berserta isinya dan di buat kan surga dan Neraka dan segala siksa dan kesenangan.

Sebagai di riwayat kan dari abu Hurairah ra, Rosulullah bersabda "dalam tujuh hari ada satu hari yang Allah memilih nya dari hari hari keseluruhan nya, pada hari jumat Allah SWT menciptakan langit dan bumi, di hari itu juga Allah SWT merampungkan ciptaanya, dan di hari itu Allah SWT menciptakan surga dan NerakaNeraka".(HR. Abu Syaikh)

4. Terjadi nya Hari kiamat 

Hari kiamat ialah hari berakhir kehidupan di alam semesta ini semua yang bernyawa akan mati hanya Allah SWT yang maha Agung yang akan tetap hidup dan kekal.

Sebagai yang kita tahu hari kiamat adalah rahasia Allah SWT dan tidak ada satu pun orang yang mengetahui nya termasuk malaikat, Nabi dan Rasul.

Akan tetapi Allah telah memberikan petunjuk kepada Nabi Muhammad SAW kiamat akan datang pada hari jumat.

Dalam hadis Iman Ahmad, muslim dan Tirmidzi Nabi Muhammad bersabda " Tidaklah hari kiamat itu terjadi kecuali pada hari jumat ".

5. Turunya perintah shalat jumat

Hari jumat ialah hari raya umat muslim, dimana pada hari jumat itu umat muslim melaksanakan shalat jumat setiap seminggu sekali.

Perintah itu terdapat dalam  Al-Quran surat Al-jumuu'ah ayat 9 yang berbunyi " Hai orang-orang beriman , apabila bila telah di serukan untuk menunaikan shalat jumat, maka bergegaslah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya ".

6. Hari penyempurnaan nya agama Islam 

Pada hari jumat agama Islam di sempurna kan oleh Allah SWT dengan turun nya surat Al-maidah ayat 3 dan ayat terakhir yang digunakan turunankan sebelum Rosulullah wafat.

Allah berfirman " Pada hari ini telah aku sempurna kan untuk kamu agama mu dan telah ku cukup kan kepada nikmat ku dan telah ku ridhoi islam sebagai agama bagimu".(QS.Al-MAIDAH: 3).

7. Hari di kabulkan nya doa

Selain kejadian luar biasa pada hari jumat, hari jumat juga mempunyai keistimewaan yaitu waktu waktu doa di kabulkan.

HR. Bukhari dan muslim yang berbunyi " Di hari jumat itu adalah waktu waktu yang jika seorang muslim melakukan shalat di tempat dan memohon sesuatu kepada Allah SWT niscaya permintaan nya akan di kabulkan, lalu di memberi tahu".


Sumber disini masih banyak yang lain nya
sebelahblog
4iinch
infinitesoul
infinitesoul dan 3 lainnya memberi reputasi
4
914
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan