Kreativv.comAvatar border
TS
Kreativv.com
Autotune, Teknologi Canggih yang Bikin Suara Jadi Merdu dalam Sekejap

Tidak cuma foto, tapi suara juga bisa dipoles loh. Teknik autotune adalah salah satu opsi alternatif yang bisa kamu gunakan untuk memoles suara, bahkan sampai yang fals sekalipun. Bernyanyi di kamar mandi memang ajaib. Bagaimana tidak, suaramu bisa tiba-tiba terdengar bagus ketika bernyanyi di sana.

Sebenarnya kalau di dalam dunia desain audio sendiri, ada teknik yang bisa kamu gunakan untuk mengubah suara pas-pasan menjadi merdu bak seorang Diva loh. Hah, serius? Yap! Ada yang namanya teknik autotune. Tak jarang penyanyi papan atas sekalipun masih ada yang menggunakan teknik ini. Tujuannya tak lain untuk memoles suara asli sang penyanyi agar terdengar lebih merdu. 


Ilustrasi bernyanyi (sumber: pexels.com)


Wah kalau begini sih semua orang bisa jadi penyanyi dong? Eits, tunggu dulu, karena menggunakan teknik autotune tidak boleh sembarangan. Ada tips dan trik tersendiri yang mesti kamu pahami terlebih dahulu. Tidak perlu bingung, karena kami akan menjelaskan seputar apa itu autotune, apa manfaatnya, beserta tips dan trik yang bisa kamu lakukan ketika mengedit audio nantinya. Yuk kita baca penjelasan lengkapnya!


Apa Itu Autotune?

Ilustrasi rekaman suara (sumber: pexels.com)


Kita mulai dari pembahasan yang paling dasar yuk, yaitu pengertian autotuneAutotune adalah software yang digunakan untuk mengukur dan mengubah nada ketika ada pitch saat rekaman, melakukan pertunjukan musik, atau musik instrumental. Selain itu juga digunakan untuk mengoreksi suara penyanyi ketika ia bernyanyi out of tune, tidak stabil, atau fals, baik secara langsung atau ketika bernyanyi di studio rekaman.

Manfaat Autotune

Banyak orang yang beranggapan bahwa menggunakan autotune merupakan kecurangan yang dilakukan oleh seorang penyanyi, tapi ini bukan cuma masalah suara fals yang disulap menjadi merdu. Sekarang coba deh kita lihat dari sisi baiknya. Berikut adalah beberapa manfaat autotune untuk dunia industri musik modern.



1. Membantu penyanyi untuk menyajikan karya yang terbaik kepada penggemar.
2. Membantu untuk menjaga suara penyanyi tetap stabil ketika bernyanyi secara live atau rekaman di studio.
3. Mempersingkat waktu rekaman dan produksi lagu, karena tidak perlu rekaman secara berulang-ulang.
4. Kamu jadi lebih cepat untuk menikmati hasil karya penyanyi favoritmu.
5. Suara autotune bisa kamu custom menjadi suara-suara aneh untuk mengisi suara (dubbing), seperti suara kartun SpongeBob dan Chipmunk.

Cara Menggunakan Autotune


Terdapat dua cara yang bisa kamu jadikan sebagai opsi ketika mengedit suara yang fals, yaitu dengan cara automating autotune atau manual format shifting. Apa sih perbedaan di antara keduanya? Yuk simak penjelasannya!



1. Automating autotune

Seperti yang kita ketahui, autotune adalah teknologi otomatis yang digunakan untuk memoles suara. Teknologi ini berlaku untuk cara yang satu ini, yaitu automating autotune. Cara ini bisa saja digunakan oleh pemula sampai profesional sekalipun. Karena mereka tinggal memasukkan file suara yang kemudian diberi efek autotune agar terdengar merdu.


Menggunakan cara otomatis memang mudah, apalagi buat kamu yang tidak suka ribet. Sayangnya, tidak semua suara bisa langsung kamu poles menjadi merdu dalam sekejap. Malahan suaramu jadi terdengar dipaksakan. Sederhananya seperti gambar berukuran kecil yang dipaksa menjadi ukuran besar. Tentu hasilnya tidak akan maksimal. Apalagi kalau kamu sembarangan menarik sudutnya, bisa-bisa gambarmu jadi kena stretch yang bikin gambar jadi gepeng. 

2. Manual format shifting
Meskipun autotune adalah teknologi otomatis, tapi software ini masih memungkinkan kamu untuk melakukan pengaturan manual kok. Caranya dengan menggunakan manual format shifting. Teknik ini biasanya digunakan ketika suara yang sudah kamu beri efek autotune kurang memuaskan. Kamu bisa mengatur semuanya secara manual. Misalnya kamu ingin membuat efek suara seperti monster atau seekor Chipmunk yang sedang bernyanyi. Pokoknya seru banget untuk diulik lebih dalam.

Tips dan Trik Menggunakan Autotune


Ilustrasi mengedit audio (sumber: makeuseof.com)



Tips pertama untuk menggunakan autotune adalah dengan memilih aplikasi yang tepat. Sekadar informasi nih, kami sudah pernah membahas tentang aplikasi edit audio PC di artikel sebelumnya. Nah, aplikasi tersebut bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk mengedit suara dengan efek autotune.


Seperti yang dijelaskan oleh YouTube Hujan Tanda Tanya, Suara Bagus Pakai Autotune (10/5/2017), selain dari segi aplikasi, yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan pergeseran frekuensi (Hz) suara yang dilakukan secara otomatis maupun manual. Biasanya, frekuensi suara sengaja di geser sampai menemukan titik frekuensi terdekat atau yang sesuai dengan keinginan pengarang lagu. 

Nah, itu dia penjelasan seputar apa itu autotune sampai tips dan trik yang bisa kamu lakukan saat mengedit suara. Mau punya suara yang terdengar merdu tidak cuma di kamar mandi saja, karena sekarang bisa langsung kamu edit dengan aplikasi autotune. Selamat mencoba! 

Baca artikel menarik lainnya









tata604
nunu403
onik
onik dan 29 lainnya memberi reputasi
26
10K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan