Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

RifanNazhifAvatar border
TS
RifanNazhif
Meluruskan Pola Pikir, Bukan Orang Indonesia Yang Kebal Covid-19, Tapi Negaranya



Ketika  tak sengaja mengklik berita di media online tentang orang Indonesia terinfeski Covid-19, saya baru sadar bahwa anggapan  “Indonesia” kebal terhadap virus corona itu bervariasi. Ada yang menganggap personalnya yang kebal karena mengonsumsi makanan penangkal  si corona, atau ada yang mengaitkan dengan pola hidup.



Boleh dikata bahwa efek pendukung tersebut akan membantu pencegahan  terserang penyakit. Timbul masalah ketika seorang demi seorang mulai diserang penyakit mematikan ini, ada pula yang mengatakan bahwa ternyata orang Indonesia tidak kebal-kebal amat.

Di sinilah kita harus meluruskan pola pikir, bahwa bukan orang Indonesia  yang kebal virus corona, melainkan karena faktor iklim tropis  dan mungkin ada alasan lain sehingga si virus  akan keok ketika memasuki negara ini.

Buktinya, orang Indonesia yang terinveksi virus corona itu, adalah mereka yang memang bersinggungan dengan negara dan penduduk yang yang berada di lokasi wabah. Contohnya,  ratusan warga Indonesia yang diselamatan dari Wuhan, serta dilakukan obervasi, tapi berhubung mereka sudah di wilayah Indonesia, ternyata tak seorang pun terjangkit.

Juga beberapa orang yang diduga terinfeksi virus corona sepulang ke Indonesia, seperti di Bangka Belitung, dan Sumatera Selatan, yang semua baru saja bersinggungan dengan Malaysia. Setelah dilakukan pemeriksaan dan penanggulangan intensif, ternyata yang menyerang mereka bukan jenis virus coorna. Kecuali mungkin pneumonia dan hal yang menyerupai gejala penyakit tersebut.

Oleh sebab itu—bisa jadi anggapan saya ini salah---yang kebal Covid-19 itu bukanlah orang Indonesianya, melainkan karena iklim tropis dari negara yang berada di garis edar khatulistiwa serta hal pendukung lainnya. Ketika kemudian ada beberapa warga yang keluar dari zona aman yang bernama Indonesia, ya bisa saja dia akan terinfeksi virus tersebut. 

Jadi sekali lagi jangan pernah kita mengatakan kalau orang Indonesia akhirnya terinfeksi Covid-19, menunjukkan bahwa orang Indonesia kebal virus corona hanya mitos, karena yang kebal virus corona itu bukan orangnya, melainkan negaranya. Semoga ke depan, tak ada yang tetap nekad ke luar dari zona aman ini, apalagi hanya memikirkan materi dan ego. Semoga.

-----


anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan