anna1812Avatar border
TS
anna1812
[COC Regional : Makanan Tradisional] Mendoan, Kudapan Sedap Bikin Nagih!


Assalamu'alaikum, apa kabar Agan Sista semuanya? Semoga selalu dalam keadaan baik, ya. Dalam rangka ikut meramaikan event COC Regional Serentak, ane akan mengulik makanan khas tradisional yang ada di kota ane tercinta, Cilacap.



Cilacap adalah salah satu kota di Propinsi Jawa Tengah. Letaknya yang berada di pesisir Pulau Jawa, menjadikan kabupaten yang satu ini sebagai kota penghasil ikan asin terbaik. Selain itu, banyak kuliner khas lain yang tentunya sangat dirindukan oleh warga yang merantau jauh dari kampung halaman tercinta. Salah satunya yang akan ane bahas pada thread kali ini, yaitu mendoan.

Mendoan. Siapa warga Cilacap dan sekitarnya yang tidak mengenal kudapan satu ini? Meskipun di daerah lain juga terdapat mendoan, tapi gorengan khas Cilacap ini memiliki rasa berbeda dengan mendoan dari daerah lain. Saudara ane sendiri yang bilang begitu. Camilan berbahan dasar dari tempe mendoan, merupakan salah satu kuliner yang paling dicari saat hujan. Sebab apa? Selain cara pembuatannya yang cukup mudah, kudapan sekaligus bisa dijadikan lauk penggugah selera ini juga mudah didapat apabila Agan dan Sista tidak mau repot-repot membuat sendiri. Rasa gurih dari tempe dipadu bumbu tepung pembalutnya pun sangat cocok jika disantap dalam keadaan hangat.

Jika Agan dan Sista mau membuat sendiri di rumah, bisa mencoba resep yang akan ane bagikan di bawah ini.

Pertama siapkan mendoan mentahnya. Bahan dasar ini bisa GanSis dapatkan dari pengrajin tempe langsung, diwarung yang menjual sayur-sayuran, atau di pasar tradisional juga banyak.

Spoiler for Mendoan:

di sini


Setelah itu, siapkan tepung terigu dan sedikit atau 2 sendok makan tepung beras untuk campuran. Lalu siapkan bumbu-bumbu yang perlu dihaluskan seperti :

-1 sdt ketumbar
-4 siung bawang putih
-kunyit secukupnya
-garam secukupnya

Lalu siapkan pula irisan daun bawang sebagai pelengkap adonan tepungnya.

Setelah semua bumbu dihaluskan, masukan ke dalam tepung terigu yang telah diberi air secukupnya. Aduk hingga bumbu merata. Adonan jangan terlalu encer ataupun terlalu kental. Agan Sista bisa mengira-ngira sendiri supaya tempe mendoan yang nanti dicelupkan bisa menempel sempurna.

Langkah selanjutnya, panaskan minyak secukupnya dalam wajan. Goreng sesuai selera. Kalau ane lebih suka yang masih sedikit basah seperti gambar di bawah ini, GanSis. Rasanya lebih nendang. Apalagi ditambah dengan 'nyigit' cabe rawit hijau. Maknyuus pokoknya.

Spoiler for mendoan:

di sini


Gimana, GanSis? Apakah tertarik untuk membuat sendiri kudapan yang menggugah selera ini? Caranya mudah sekali, bukan?

Untuk warga Cilacap, mari kita lestarikan kuliner khas daerah kita tercinta. Jangan sampai tergeser oleh makanan modern yang kian menjamur.

Sekian pembahasan ane mengenai salah satu makanan tradisional Cilacap. Sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Silakan bagikan thread ini sebanyak-banyaknya supaya kuliner kita dikenal di seluruh nusantara dan menjadikan Regional Cilacap menang. Terima kasih dan selamat beristirahat.

Wassalamu'alaikum warahmatullahii wabarakatuuh


Penulis : @anna1812
Refensi : opini pribadi

emoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundul
Diubah oleh anna1812 26-02-2020 05:46
j.16
husnamutia
tien212700
tien212700 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
2.9K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan