AcehOnline2019Avatar border
TS
AcehOnline2019
WNI yang Tertinggal di Wuhan Tak Bisa Pulang Sampai WHO Cabut Status Darurat


JAKARTA - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memperkirakan tiga Warga Negara Indonesia (WNI) yang tertinggal di Wuhan, China karena tak lolos uji pemeriksaan, sulit untuk menyusul dipulangkan ke Indonesia meski penyebaran virus corona di sana semakin masif.

Setidaknya mereka baru bisa pulang ke Indonesia sampai World Health Organization (WHO) mencabut status darurat corona 'A Public Health Emergency of International Concern (PHEIC)'.

"Rasanya impossible (untuk dipulangkan), tunggu PHEIC nanti dicabut," kata Terawan kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Terawan menjelaskan, status kedaruratan PHEIC yang dikeluarkan WHO sebenarnya mengatur agar tidak ada warga negara lain yang keluar dari Wuhan, tempat wabah virus corona diduga pertama kali mulai menyebar.

Namun, kata dia, status PHEIC yang ditetapkan itu bersifat sementara, sehingga akan dapat kembali normal.

Status PHEIC itu pula, lanjut Terawan, yang membuat pemerintah Indonesia melakukan negosiasi dengan pemerintah China untuk mengevakuasi 238 WNI dari Wuhan.

"PHEIC menunggu kita mengeluarkan warga kita dan itu hasil negosiasi yang dilakukan Menlu waktu itu jam 4 sore," jelas dia.


Baca selengkapnya di https://acehonline.co/nasional/wni-y...tatus-darurat/
nomorelies
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
951
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan