fildzah067Avatar border
TS
fildzah067
Apakah kamu termasuk orang yang Overthinking?
Overthinking merupakan seseorang yang berlebihhan dalam berpikir. orang-orang yang overthinking biasanya memiliki kebiasaan berhati-hati dalam mengambil keputusan. Overthinking termasuk kedalam gangguan psikologis karena dapat menyebabkan Anxiety (kecemasan) terhadap penderitanya. 

Kebiasaan Overthinking dapat mempengaruhi produktivitas, kreativitas dan juga kesehatan fisik dan mental bagi penderitanya. 

Untuk mengetahui apakah kamu termasuk orang yang Overthinking, berikut ciri-ciri orang yang Overthinking :

1. Terlalu banyak berpikir tanpa ada tindakan
Salah satu kebiasaan orang-orang yang overthinking adalah terlalu banyak memikirkan hal-hal kecil dan membuatnya semakin sulit. Contohnya, untuk memulai obrolan kamu terus berpikir "Kalau aku ngomong ini, gimana ya?" atau "Kalau bicarakan tentang ini, dia tersinggung gak ya?". Dan pada akhirnya, hanya kebanyakan mikir tanpa ada tindakan apapun.

2. Merasa takut dan cemas berlebihan
Seorang dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung menjelaskan bahwa orang yang overthinking bisa saja mengalami gangguan kecemasan akibat overthinking yang diderita. Terlalu banyak memikirkan sesuatu yang akhirnya menimbulkan ketakutan serta kecemasan (anxiety). Contohnya : Ketika kamu harus mengahadapi ujian besok pagi, kamu mulai takut dan cemas. "Duh, gimana ya ujian besok? aku bisa atau tidak ya?" atau "Kira-kira soalnya susah atau gampang ya? gimana kalau aku tidak bisa jawab?" atau mungkin "Duh, aku takut.. besok ujian. kalau aku gak bisa jawab gimana ya?". Orang yang overthinking akan mudah takut dan cemas terhadap sesuatu yang akan dihadapi. 

3. Perfeksionis
Selalu mengecek tugas dan pekerjaan seara berulang-ulang dan takut pekerjaan/tugas yang dikerjakan tidak bagus, merupakan salah satu ciri orang yang overthinking. Biasanya, orang yang overthinking mengejar kesempurnaan terhadap suatu pekerjaan. Tidak jarang, orang-orang yang overthinking juga sering menunda mengerjakan tugas/pekerjaan mereka untuk mengejar kesempurnaan.




faridatul.a
embunsuci
embunsuci dan faridatul.a memberi reputasi
2
457
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan