- Beranda
- Komunitas
- Tech
- Computer Stuff
Pengalaman Pribadi Jadi IT Support (Helpdesk)
TS
fahmizulham
Pengalaman Pribadi Jadi IT Support (Helpdesk)
GIF
Halo agan-agan yang budiman, kali ini ane pengen berbagi 100% pengalaman ane sendiri menjadi seorang IT Helpdesk Support. Jam Terbang, Skill yang harus di kuasai, Gaji, Intensif, Area lingkup kerja, Suka dan Dukanya, dan banyak hal lain lagi.
Bagi seorang IT Support, menguasai seluruh bidang IT hukumnya wajib, ya meskipun kagak pro minimal pengetahuan ente lebih baik dari rata-rata orang awam, setidaknya cukup untuk membohongi mereka yg kagak ngerti sama sekali
Hardware
Seorang IT Support harus tau hardware komputer dan perangkat pendukung lainya ( Printer, scanner ). Sebagai contoh komputer, segala komponen yang ada didalamnya seperti RAM, HDD, MOTHERBOARD, dll. Untuk mengetahui kerusakan komponen komputer merupakan bagian jobdesk dari IT Support, tapi untuk proses perbaikan itu menjadi nilai plus aja. Kalo ane biasanya setiap ada problem coba diperbaikin dulu, kalo kagak bisa baru rekomendasi untuk pengadaan barang baru, kalo ngga gitu rekomendasi dibawa ke tukang service / service center
Sistem Operasi
Bukan hanya windows yg biasa dipakai oleh orang awam, seorang IT Support harus memiliki skill untuk melakukan instalasi dan pengoperasian berbagi sistem operasi seperti Linux, Macintos, Windows Server, dll. Harus bner2 paham tentang partisi, Bios, format memory dll.
Selain itu menguasai troubleshooting juga sangat penting. Setiap kendala yg terjadi pada sebuah sistem operasi, setidaknya IT Support tau inti masalahnya sehingga ente bisa browsing2 untuk mengatisinya
Jaringan
Ini nih skill yg harus ente kuasai dan yg paling susah menurur ane. Internet, Topologi jaringan, IP, Mikrotik, Modem, Hub, Crimping LAN, Wifi, Pengkodean, Itung2an, dll. Nih yg lulusan Teknik Informatikatakutin seperti saat ane dulu mulai kerja, mungkin ane dulu waktu kuliah dididik untuk menjadi seorang programmer, makanya sangat lemah di Network Enginering. Tapi karena kepepet lama2 ane spertinya bisa. Entah bner2 bisa atau terbiasa kepepet ya. Untuk sekarang ini sudah bukan menjadi masalah
Software
Yahh kalo ini tergantung perusahaan, biasanya ada beberapa IT Support seperti ane yg juga kadang pegang database, administrasi, desain grafis, video editing dan beberapa software IT lain.
Ane rasa penguasaan berbagai jenis software menjadi nilai plus bagi seorang pegiat IT.
Menjadi seorang IT Support harus siap sedia kapanpun gan, karena kita semua kagak tau kapan permasalahan akan datang, dan permasalahan itu bukan suatu perencanaan kyak pas ente mau kimpoian ya
Perangkat komputer, Kesalahan jaringan, Kendala sistem operasi, bisa muncul kapan pun. Karena perusahaan ane selalu beroperasi 24 jam, karena ane juga bertanggung jawab pegang serper. Jadi bisa dibilang ane harus siap 24 jam.
Pada umumnya seorang IT Support hanya ada beberapa gelintir orang dalam sebuah perusahaan yg besar, biasanya mereka hanya ada di kantor pusat. Jadi kemungkinan besar untuk travelling ke kantor-kantor kecil lain itu sangat memungkinkan. Ane pribadi pegang area Indonesia Timur, termasuk Jawa Timur, Bali, Sulawesi, NTT, NTB, Papua, dll.
Tenang gan, karena itu bagian dari kerja maka semua dan mesti dapet dari perusahaan, ngga jarang juga itu ane gunakan untuk mengenal daerah dan kebudayaan lain terutama diluar pulau. Intinya jadi IT Support ente harus berani naik pesawat dan memiliki jiwa travelling.
Bagi ane adalah hal yg sangat menyenangkan bisa melihat tempat baru yg belum pernah ane kunjungin sebelumnya.
Pasti ini yang ente tunggu gan, ya kan
Gaji tetep sesuai standart perusahaan, tapi kalo jobdesk ente sperti yg ane tulis di atas, ane yakin kalian dapet gaji yg lumayan ( Di atas UMR lah), belum lagi kalo kalian ada perjalanan dinas luar kota atau luar pulau ya kan, dapet insentif berapa tuh
Sukanya : Jalan2 gratis, duit lumayan, pandangan org lain lumayan (kagak buruk2 amat kog jadi IT Support), Jadi org paling nyantai di kantor kalo lagi kagak ada trobel.
Dukany : Jarang ada waktu buat keluarga, sering kepikiran kalo lagi ada banyak trobel. Terkadang client menyalahkan bbrapa pekerjaan yg bukan tanggungjawab dari IT.
Sumber Gambar
1
2
6
7
Halo agan-agan yang budiman, kali ini ane pengen berbagi 100% pengalaman ane sendiri menjadi seorang IT Helpdesk Support. Jam Terbang, Skill yang harus di kuasai, Gaji, Intensif, Area lingkup kerja, Suka dan Dukanya, dan banyak hal lain lagi.
KEBUTUHAN SKILL
Bagi seorang IT Support, menguasai seluruh bidang IT hukumnya wajib, ya meskipun kagak pro minimal pengetahuan ente lebih baik dari rata-rata orang awam, setidaknya cukup untuk membohongi mereka yg kagak ngerti sama sekali
Hardware
Seorang IT Support harus tau hardware komputer dan perangkat pendukung lainya ( Printer, scanner ). Sebagai contoh komputer, segala komponen yang ada didalamnya seperti RAM, HDD, MOTHERBOARD, dll. Untuk mengetahui kerusakan komponen komputer merupakan bagian jobdesk dari IT Support, tapi untuk proses perbaikan itu menjadi nilai plus aja. Kalo ane biasanya setiap ada problem coba diperbaikin dulu, kalo kagak bisa baru rekomendasi untuk pengadaan barang baru, kalo ngga gitu rekomendasi dibawa ke tukang service / service center
Sistem Operasi
Bukan hanya windows yg biasa dipakai oleh orang awam, seorang IT Support harus memiliki skill untuk melakukan instalasi dan pengoperasian berbagi sistem operasi seperti Linux, Macintos, Windows Server, dll. Harus bner2 paham tentang partisi, Bios, format memory dll.
Selain itu menguasai troubleshooting juga sangat penting. Setiap kendala yg terjadi pada sebuah sistem operasi, setidaknya IT Support tau inti masalahnya sehingga ente bisa browsing2 untuk mengatisinya
Jaringan
Ini nih skill yg harus ente kuasai dan yg paling susah menurur ane. Internet, Topologi jaringan, IP, Mikrotik, Modem, Hub, Crimping LAN, Wifi, Pengkodean, Itung2an, dll. Nih yg lulusan Teknik Informatikatakutin seperti saat ane dulu mulai kerja, mungkin ane dulu waktu kuliah dididik untuk menjadi seorang programmer, makanya sangat lemah di Network Enginering. Tapi karena kepepet lama2 ane spertinya bisa. Entah bner2 bisa atau terbiasa kepepet ya. Untuk sekarang ini sudah bukan menjadi masalah
Software
Yahh kalo ini tergantung perusahaan, biasanya ada beberapa IT Support seperti ane yg juga kadang pegang database, administrasi, desain grafis, video editing dan beberapa software IT lain.
Ane rasa penguasaan berbagai jenis software menjadi nilai plus bagi seorang pegiat IT.
JAM TERBANG TINGGI
Menjadi seorang IT Support harus siap sedia kapanpun gan, karena kita semua kagak tau kapan permasalahan akan datang, dan permasalahan itu bukan suatu perencanaan kyak pas ente mau kimpoian ya
Perangkat komputer, Kesalahan jaringan, Kendala sistem operasi, bisa muncul kapan pun. Karena perusahaan ane selalu beroperasi 24 jam, karena ane juga bertanggung jawab pegang serper. Jadi bisa dibilang ane harus siap 24 jam.
AREA PEKERJAAN
Pada umumnya seorang IT Support hanya ada beberapa gelintir orang dalam sebuah perusahaan yg besar, biasanya mereka hanya ada di kantor pusat. Jadi kemungkinan besar untuk travelling ke kantor-kantor kecil lain itu sangat memungkinkan. Ane pribadi pegang area Indonesia Timur, termasuk Jawa Timur, Bali, Sulawesi, NTT, NTB, Papua, dll.
Tenang gan, karena itu bagian dari kerja maka semua dan mesti dapet dari perusahaan, ngga jarang juga itu ane gunakan untuk mengenal daerah dan kebudayaan lain terutama diluar pulau. Intinya jadi IT Support ente harus berani naik pesawat dan memiliki jiwa travelling.
Bagi ane adalah hal yg sangat menyenangkan bisa melihat tempat baru yg belum pernah ane kunjungin sebelumnya.
GAJI DAN INTENSIF
Pasti ini yang ente tunggu gan, ya kan
Gaji tetep sesuai standart perusahaan, tapi kalo jobdesk ente sperti yg ane tulis di atas, ane yakin kalian dapet gaji yg lumayan ( Di atas UMR lah), belum lagi kalo kalian ada perjalanan dinas luar kota atau luar pulau ya kan, dapet insentif berapa tuh
SUKA DUKA
Sukanya : Jalan2 gratis, duit lumayan, pandangan org lain lumayan (kagak buruk2 amat kog jadi IT Support), Jadi org paling nyantai di kantor kalo lagi kagak ada trobel.
Dukany : Jarang ada waktu buat keluarga, sering kepikiran kalo lagi ada banyak trobel. Terkadang client menyalahkan bbrapa pekerjaan yg bukan tanggungjawab dari IT.
Sumber Gambar
1
2
6
7
Diubah oleh fahmizulham 20-12-2020 02:07
jadero77 dan 12 lainnya memberi reputasi
11
12.6K
34
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan