Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LordFariesAvatar border
TS
LordFaries
Bermodalkan Kampanye Anti-Tiongkok, Tsai Ing Wen Menang Telak di Pilpres Taiwan

jpnn.com, TAIPEI - Presiden Taiwan Tsai Ing Wen menang telak dalam pemilihan umum yang digelar pada akhir pekan ini. Keberhasilan petahana itu menunjukkan bahwa sentimen anti-Tiongkok masih sangat laku dijual di Taiwan.

Hasil resmi dari pemilu yang digelar pada Sabtu (11/1) menunjukkan bahwa Tsai mengantongi 57 persen suara. Dia memecahkan rekor dengan memperoleh 8,2 juta suara. Sebagai perbandingan, dalam pemilu 2016 lalu saja Tsai mengantongi 1,3 juta suara.

"Hari ini kita telah membela demokrasi dan kebebasan kita, besok mari kita bersatu untuk mengatasi semua tantangan dan kesulitan," kata Tsai di hadapan ribuan pendukungnya di luar markas partainya seperti dikabarkan Channel News Asia.

Sementara itu saingan utamanya, Han Kuo-yu dari Kuomintang yang ramah terhadap Tiongkok, hanya mengantongi 39 persen suara. Dia pun mengakui kekalahannya dalam pemilu tersebut.

Hasil pemilu Taiwan tersebut merupakan pukulan bagi Tiongkok yang selalu memandang Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya.

Tsai sendiri selama empat tahun terakhir telah membawa Taiwan menegaskan identitasnya sebagai negara yang merdeka dan bukan bagi Tiongkok. Di sisi lain, Tiongkok terus meningkatkan tekanan ekonomi, militer dan diplomatik di pulau yang dulunya bernama Formosa tersebut. (rmol/jpnn)

https://halloindo.com/jpnn/2020/01/1...pilpres-taiwan

Selamat ya Bu Presiden
Diubah oleh LordFaries 12-01-2020 11:54
reita96
matthysse67
anasabila
anasabila dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan