maulidiatalinskAvatar border
TS
maulidiatalinsk
Ngaku Pecinta Kopi,Kenali Budaya Minum Kopi Di 5 Negara Ini
Pencinta Kopi, Yuk Kenali Budaya Minum Kopi di 5 Negara Ini!






Jakarta - Budaya minum kopi berkembang dan begitu lekat di beberapa negara. Seperti di 5 negara ini, budaya minum kopinya unik dan menarik.

Kopi merupakan salah satu minuman yang disukai banyak orang selain teh. Minuman kopi memiliki beragam varian dan dibedakan berdasarkan biji kopinya. Cara penyajiannya pun tak sekadar menyeduh kopi menggunakan air panas, ada pula yang mencampurkannya dengan susu skim, susu kental manis, krimer, dan lainnya.

Bagi penikmat kopi, hal tersebut sudah diketahui oleh mereka. Selain beberapa hal tersebut, penikmat kopi juga perlu mengetahui beberapa budaya minum kopi di berbagai negara. Berikut negara dengan budaya minum kopi yang kuat, mulai dari Italia hingga Indonesia.


1. Italia

Minum kopi di Italia punya cara unik tersendiri hingga telah menjadi budaya sejak tahun 1500-an. Minum kopi ala orang Italia tidak boleh sembarangan, pasalnya ada jam-jam tertentu yang hanya diperbolehkan minum kopi di setiap variasinya. Variasi kopi yang biasa diminum oleh orang Italia yaitu cappuccino, macchiato, dan espresso.



Untuk variasi kopi cappuccino, biasanya diminum saat pagi hari. Menyeruput cappuccino pada pagi hari biasanya dilakukan saat sarapan dan dipasangkan dengan menu sarapan seperti kue. Jangan sekalipun memesan cappuccino pada siang hari, karena Anda tidak akan mendapatkannya.

Untuk meminum kopi saat siang hari, kopi macchiato jadi pilihan. Kopi ini menghadirkan tambahan busa susu. Saat malam, kopi yang diminum pun jenisnya berbeda. Biasanya orang Italia meminum kopi espresso. Selain itu orang Italia meminum kopi sambil berkumpul bersama.


2. Swedia

Di Swedia budaya minum kopi dikenal dengan sebutan 'Fika'. Banyak orang akan menyempatkan waktu mereka untuk bersantai sambil menikmati secangkir kopi dan makanan ringan. Budaya ngopi ini bisa dilakukan dimana saja, tak hanya pergi ke kafe untuk menikmatinya.

'Fika' sendiri berasal dari bahasa Swedia yang berarti kopi, namun sebenarnya kata 'Fika' tersebut merujuk pada bahasa slang dari kata kaffi (kopi). Saat berkumpul dengan kerabat atau keluarga, budaya ngopi 'Fika' ini jadi salah satu ajang tukar cerita antar teman dan menjaga relasi agar lebih erat.

Karena orang-orang Swedia percaya kalau kopi bukanlah sesuatu yang harus dinikmati sambil bekerja, jadi mereka akan meluangkan waktu hanya untuk berkumpul dan minum kopi. Meminum kopi ala orang Swedia ini biasanya ditemani dengan kue manis seperti kue kayu manis atau pun roti panggang.



3. Vietnam

Minuman dengan cita rasa pahit ini juga jadi salah satu gaya hidup dan budaya yang berlangsung di Vietnam. Budaya minum kopi yang terkenal di Vietnam ini adalah meminum kopi dengan jenis drip coffee. Budaya ini konon sudah berlangsung sejak 1857.

Awal kemunculan budaya minum kopi di Vietnam ini berawal sejak Perancis datang ke Vietnam dan membawa kopi. Setelah itu muncul banyak perkebunan serta pabrik kopi di Vietnam. Oleh karena itu, negara Vietnam kini menjadi negara kedua dengan penghasilan kopi terbesar setelah Brasil.



Kopi yang dsajikan di negara ini umumnya mengunakan alat drip (alat tetes kopi). Sajian Vietnamese Ice Coffee ini jadi salah satu jenis kopi yang paling populer di Vietnam. Sebenarnya ini hanyalah kopi susu biasa, namun proses penyeduhannya sedikit unik.

4. Brasil

Brasil merupakan negara dengan penghasilan kopi terbesar di dunia. Jenis kopi Brazilian merupakan varietas yang memiliki cita rasa unik, dan jenis kopi ini pun selalu dikonsumsi oleh setiap orang lokal Brasil. Seperti dilansir oleh Times of India (08/12), orang Brasil mengklaim kalau Anda bisa mendapatkan kopi gratis di Brasil kemanapun Anda pergi.



Seperti saat pergi ke dokter gigi hingga mengisi bensin kendaraan Anda, pastinya Anda akan mendapatkan kopi gratis dimanapun. Hal tersebut merupakan salah satu budaya kopi yang ada di Brasil. Budaya minum kopi dari negara Brasil ini dinamakan cafezinho.

Dimana budaya tersebut tercipta karena kebutuhan kopi di masyarakat sangatlah tinggi. Kopi yang disajikan tersebut mirip dengan sajian espresso, yaitu kopi hitam dalam ukuran yang kecil dan ditambahkan gula atau jenis pemanis lainnya.

5. Indonesia

Kopi di Indonesia adalah sesuatu yang umum diminum, tak hanya untuk orang dewasa bahkan anak-anak muda pun banyak yang menggemarinya. Kopi di Indonesia sedang menjadi tren setelah bermunculan banyak sekali warung kopi kekinian dengan variasi minuman kopi yang beragam dan ditambahkan topping unik.



Kopi di Indonesia juga memiliki beragam ciri khas yang unik di setiap daerahnya, seperti Kopi Aceh, Kopi Toraja, dan lainnya. Budaya minum kopi di Indonesia ini merupakan salah satu cara untuk merayakan suatu kejadian penting. Budaya ini pun sudah tersebar dari Sabang hingga Marauke dan caranya pun berbeda.

Seperti di Aceh, minum kopi di Aceh sudah menjadi kebutuhan. Lalu budaya minum kopi di Yogyakarta juga memiliki cara yang unik, karena kopi di Yogyakarta diberikan campuran arang panas ke dalam kopinya, namanya kopi joss. Kopi joss ini memiliki arti yaitu menjaga hubungan kekerabatan.





https://www.kaskus.co.id/show_post/5...d1950a6445cd35
Diubah oleh maulidiatalinsk 11-01-2020 05:01
sebelahblog
4iinch
nona212
nona212 dan 5 lainnya memberi reputasi
4
1.3K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan