cintadineAvatar border
TS
cintadine
10 Ponsel Symbian Terbaik Sepanjang Masa, Sebelum Android Berjaya Gan
Ketika pertama kali diperkenalkan pada 2008 yang kemudian diadopsi oleh beberapa vendor ternama termasuk Samsung, Android yang merupakan OS perangkat mobile buatan Google langsung menyita perhatian dunia teknologi. Namun pada saat itu salah satu OS saingan Android yaitu Symbian masih ada dengan menelurkan beberapa ponsel yang dibuat oleh Nokia. Ya, sebelum Android menyerang Symbian adalah OS yang digunakan banyak orang di dunia selain pada saat itu ada Blackberry dan sudah ada iOS.

Symbian sendiri sudah ada sejak 1997 yang didirikan oleh Symbian Ltd. Awalnya Symbian OS digunakan oleh beberapa vendor namun pada 2008 Nokia membeli semua sahamnya sehingga menjadi milik mereka. Dari 1997 hingga 2012, telah banyak ponsep Symbian tercipta. Agan di sini mungkin pernah punya hape Symbian sewaktu masih sekolah atau kuliah dulu yang kebanyakan adalah Nokia. Nah, berikut ini adalah deretan ponsel Symbian terbaik menurut salah satu situs luar negeri yang membahas tentang teknologi. Symbian sendiri sudah tidak ada saat Nokia memutuskan untuk tidak menggunakannya lagi.

10. Sony Ericsson P990i (2005)
Sony Ericsson menjadi salah satu vendor yang menggunakan Symbian sebagai salah satu sistem operasinya. P990i dirilis pada 2005 dan menjadikan ponsel ini begitu menarik perhatian masanya. Bagaimana tidak? Pada saat itu ponsel pintar ini sudah menggunakan fitur layar sentuh dengan keypad QWERTY di bawahnya. Tentu saja layar sentuhnya masih resitive dan bukan seperti sekarang. Selain itu, ponsel ini sudah dibekali dengan kamera depan yang merupakan kamera VGA untuk panggilan video. Mewah untuk ukuran hape pertengahan 2000an.

9.Nokia N-Gage QD (2004)
N- Gage Classic dianggap sebagai produk yang kurang memuaskan ketika pertama kali diluncurkan. Dari itu Nokia merilis N Gage QD yang membawa perubahan di sana-sini termasuk dari segi desain yang lebih kecil. Dulu hape ini adalah simbol dari orang yang doyan main game. Nokia membuat N-Gage untuk menyaingi konsol portabel seperti Nintendo DS yang sayangnya jauh berbeda dan N-Gage kalah telak. Meski demikian, N-Gage QD tetap menjadi salah satu hape Symbian terbaik.

8. Nokia E7 (2010)
Nokia E7 adalah ponsel Symbian yang mewah dan mahal di masanya. Ponsel ini mengusung keyboard QWERTY yang bisa slide dan nyaman digunakan untuk mengetik. Punya kamera beresolusi 8MP dan memori internal sebesar 16GB. Inilah produk flag ship Nokia saat itu dan bersaing dengan iPhone 4s dan Galaxy S2 di tahun yang sama.

7. Nokia N82 (2008)
Salah satu ponsel Nokia yang punya keunggulan dalam bidang kamera. Beresolusi 5MP, kamerw N82 mampu mengambil hasil gambar yang baik dalam kondisi cahaya yang rendah. Dengam desain candybar khas Nokia kala itu, N82 mendapatkan sambutan yang baik di kalangan konsumen.

6. Nokia N73 (2006)
Inilah salah satu Nokia Symbian yang sempat populer di selurun dunia termasuk juga di Indonesia. Ponsel ini termasuk smartphone yang bekelas flagship di masanya dengan berbagai fitur yang canggih pada saat itu termasuk kamera depan VGA yang digunakan untuk panggilan video. Kamera depannya sendiri adalah 3,15 MP dan sudah termasuk besar pada saat itu.

5. Nokia E90 (2007)
Merupakan salah satu dari Nokia seri Communicator sejak seri 9000 dan E90 bisa dibilang menjadi seri Communicator terbaik dari Nokia dengan pengembangan yang signifikan dari segala sisi. Untuk harganya tentu saja cukup mahal ketika itu dan kalau sekarang bisa dibilang sejajar dengan Samsung seri Galaxy Note.

4. Nokia 808 Pureview (2012)
Para pengguna terkagum-kagum oleh kamera yang dimiliki oleh Nokia 808 yang beresolusi 41 MP. Bukan hanya jualan besaran MP, namun juga kualitas yang dihasilkan kameranya. Nokia 808 adalah salah satu ponsel kamera terbaik dalam sejarah industri smartphone. Saat ini banyak kolektor yang ingin memiliki ponsel berkamera mantap ini.

3. Nokia 3650 (2003)
Ini adalah salah satu ponsel Nokia yang mulai menjadikan Symbian jadi dikenal di seluruh dunia. Di Indonesia Nokia 3650 juga cukup populer dengan desainnya yang unik dan cantik di masanya. Selain itu ponsel ini sudah dilengkapi dengan kamera VGA di bagian belakang dan belum disertai kamera depan.

2. Nokia E71 (2008)
Ketika Blackberry masih berjaya banyak brand lain meniru gaya keypad QWERTY miliknya tak terkecuali Nokia. Dari sekian banyak Nokia QWERTY, E71 bisa dikatakan menjadi yang terbaik dan sangat populer. Mengusung OS Symbian, E71 dirasa sebagai smartphone yang powerfull dan nyaman digunakan pada saat itu.

1. Nokia N95 (2006)
Inilah yang berada di peringkat pertama dalam daftar ini. Nokia N95 unggul dalam berbagai hal ketika pertama kali diluncurkan jika dibandingkan dengan para saingannya saat itu. Bisa memakai memori eksternal hingga 16GB merupakan suatu kemewahan yang hakiki pada masa itu. Dengan kamera belakang dengan resolusi 5 MP juga menjadi kelebihan ponsel Symbian ini ditambah dengan kamera VGA di bagian depan.

Itu dia gan, kesepuluh ponsel Symbian terbaik sepanjang masa. Hape Symbian apa aja yang pernah agan punya? Kalau ane sih Nokia E63 emoticon-Ngakak

Quote:
NadarNadz
cahfutuone
iblast867583
iblast867583 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
25.4K
146
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan