glngirwnAvatar border
TS
glngirwn
BAHAN BELAJAR ANAK KULIAH: Model AIDA


Diperkenalkan pada tahun 1898 oleh Ketika pengusaha Amerika, E. St. Elmo Lewis. AIDA adalah singakatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Merupakan salah satu model yang paling lama digunakan dalam dunia Advertising, kurang lebih sudah dikembangkan sejak abad ke 19.

AIDA membantu menjelaskan bagaimana iklan atau pesan komunikasi pemasaran melibatkan dan melibatkan konsumen dalam pemilihan merek. Pada dasarnya mengusulkan bahwa pesan iklan perlu menyelesaikan sejumlah tugas untuk menggerakkan konsumen.

AIDA hanyalah salah satu dari kelas model yang dikenal sebagai model hierarki efek, yang semuanya menyiratkan bahwa konsumen bergerak melalui serangkaian langkah atau tahapan ketika mereka membuat keputusan pembelian.

Sejumlah model hierarkis sejenis dapat ditemukan dalam berbagai literatur termasuk hirarki efek Lavidge, DAGMAR dan beberapa varian AIDA. Model hierarkis telah mendominasi teori periklanan, dan AIDA adalah salah satu yang paling banyak diterapkan.

Beberapa Varian Lain Model AIDA:

Lavidge et al’s Hierarchy of Effects: Awareness → Knowledge → Liking → Preference → Conviction → Purchase

McGuire’s model: Presentation → Attention → Comprehension → Yielding → Retention → Behavior.

AISDALSLove model: Awareness → Interest → Search → Desire → Action → Like/dislike → Share → Love/Hate



Back to Basic: Model AIIDA
Diubah oleh glngirwn 15-11-2019 15:02
0
597
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan