Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

PortalJabar.netAvatar border
TS
PortalJabar.net
Setengah Wilayah Kota Bandung Masuk Kategori Kumuh


BANDUNG,- Dari tahun 2015 kawasan kumuh di kota Bandung mencapai 1.400 hektare, namun Pemerintah Kota Bandung baru menyelesaikan 717, 068 hektare.

Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan Kota Bandung Agus Hidayat mengatakan, untuk sisa kawasan kumuh yang ada di kota Bandung akan dituntaskan melalui beberapa program, seperti Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas), maupun Program Inovasi Pemberdayaan Pembangunan Kewilayahan (PPIPK).

"Sebenarnya ada tujuh indikator dari 19 kriteria, kawasan itu disebut kawasan kumuh, semisal bangunan tidak memenuhi karakteristik atau sesuai ketentuan, drainase, sanitasi, jalan lingkungan, penyediaan air minum," kata Agus, di Balai Kota Bandung, Kamis (7/11). 

Berdasarkan data yang ada, sebut Agus, kawasan kumuh berada di pertengahan kota, bagian barat wilayah Kota Bandung. Sementara, untuk daerah timur dan utara, diklaim dia, jumlah kawasan kumuh telah menurun.

Agus menambahkan, penataan kawasan kumuh di Kota Bandung, yang tersebar di beberapa kelurahan, akan lebih fokus terhadap perbaikan sanitasi. Dia menyampaikan titik berat perbaikan adalah untuk sanitasi, sarana air bersih, toilet atau mandi-cuci-kakus (MCK). 

“Secara umum masalahnya tidak signifikan. Mungkin kawasan kumuh menurut kita, tapi menurut masyarakat ‘saya mah nikmat, saya mah santai saja, enjoy saja’, tinggal di situ tidak merasa kawasan kumuh. Ini yang memang terus kami sosialisasikan, memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa memang itu harus berubah,” pungkasnya. (pan/*)

Sumber : Portal Jabar
sebelahblog
4iinch
4iinch dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.2K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan