Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hardlenAvatar border
TS
hardlen
5 Objek Wisata Terbaik di Bojonegoro

Ilustrasi. Kota Bojonegoro menawarkan beberapa objek wisata menarik. (Travelongue.co)




Tepat setiap tanggal 20 Oktober, Kabupaten Bojonegoro merayakan hari jadinya. Tanggal ini disebut berasal dari peristiwa diubahnya status Jipang dari kadipaten menjadi kabuaten dengan Wedana Bupati Mancanegara Wetan, Mas Tumapel pada 20 Oktober 1677.

Secara geografis, Bojonegoro merupakan wilayah yang dialiri sungai Bengawan Solo, serta berbatasan dengan rangkaian Pegunungan Kendeng dan Pegunungan Kapur Utara. Wilayah yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini juga dilalui jalur Surabaya-Cepu-Semarang dan jalur kereta api Surabaya-Semarang-Jakarta.

Keadaan topografi Kabupaten Bojonegoro juga berlimpah akan kondisi tanah berbukit yang merupakan daerah pertanian subur. Hal ini tentu menjadikan Bojonegoro dianugerahi sejumlah objek wisata menarik yang sangat direkomendasi untuk dikunjungi. Melansir laman CNNIndonesia.com, berikut beberapa di antaranya.

1.      Air Terjun Kedung Maor

Spoiler for Kedung Maor:



Air Terjun yang terletak di Desa Kedung Sari, Kecamatan Temayang ini merupakan salah satu air terjun yang populer di wilayah Bojonegoro. Jika ingin mengunjungi objek ini, Anda terlebih dulu menempuh perjalanan berjarak 40 km yang akan memakan waktu sampai satu setengah jam dari pusat kota.

2.      Watu Gandul

Salah satu objek wisata yang berada di Desa Sambongrejo ini memiliki pesona sendiri. Pasalnya, Watu Gandul berisikan tumpukan batuan beku andesit raksasa yang secara alami tersusun dengan indah dan rapi.

Dengan estetikanya tersebut, hal ini menjadikan Watu Gandul menawarkan nilai daya tarik tersendiri. Namun masih sangat sulit untuk mengakses tempat ini dan membuat sebagian orang mencapainya dengan motor trail.

3.      Hutan Jati Bojonegoro

Kawasan Hutan Jati yang berada di kawasan Bojonegoro kerap dijadikan tempat mengambil foto oleh para wisatawan maupun warga lokal. Hutan ini tidak terletak jauh dati Waduk Pacal.

Di sepanjang jalan yang membelah hutan, terdapat sejumlah warung makan yang menjual berbagai santapan lokal bahkan ikan bakar yang merupakan hasil tangkapan dari Waduk Pacal.

4.      Sendang Grogolan

Lingkungan asri dan teduh di kawasan Sendang Grogolan mampu membuat hati pengunjung merasa tenang dan nyaman. Apalagi bagi mereka yang berasal dari perkotaan, ke tempat ini bisa menjadi penyegaran jiwa, menepi dari hiruk pikuk kota.

Selain itu, tempat ini juga mempunyai daya tarik berupa aliran air sungai yang sangat jernih, murni dari sumber mata air alami.

5.      Teksas Wonocolo

Spoiler for Teksas Wonocolo:



Nama ‘Teksas’ sendiri adalah suatu akronim dari ‘Tekad Selalu Aman dan Sejahtera’. Tak hanya menjadi objek wisata untuk bertamasya dan spot foto, namun kawasan ini juga dapat memberikan informasi serta pengetahuan tentang pengeboran minyak secara tradisional.

lina.wh
denbagoes01
nona212
nona212 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.6K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan